Hapus Noda Ringan Di Kasur Dengan 5 Langkah Mudah Ini

Nila setitik rusak susu sebelanga. Adalah peribahasa yang tepat untuk mendefinisikan situasi ketika ada noda ringan di kasur kesayangan Anda. Terlihat kecil namun berpengaruh membuat seluruh permukaan kasur nampak kotor dan jauh dari kata nyaman. Dari tetesan jus buah awali pagi, remah-remah kudapan sore hingga tumpahan krim malam, resiko meninggalkan noda ringan di kasur selalu ada sepanjang hari. Kenali 5 langkah mudah berikut yang dapat membantu hapus noda ringan di kasur Anda karena hanya sekadar khawatir dan berhati-hati saja tidak cukup, setuju? Selamat menyimak!

Image Credit: WebMD
Image Credit: WebMD

1. Pertolongan pertama: air dingin dan baking soda.

Jika Anda berada di tempat saat momen tertumpah noda terjadi, segera ambil tindakan. Jangan sampai terlintas pikiran untuk menunda bersihkan noda tersebut, terlebih lagi menunggu hingga Anda membersihkannya secara keseluruhan nanti. Gunakan air dingin untuk mengusap dari dua arah di area yang terkena noda ringan di kasur. Jika noda sedikit lebih serius, lanjutkan langkah barusan dengan hal berikut:

  • Buat ramuan pembersih terbuat dari baking soda dan air. Aduk keduanya hingga tekstur sedikit mengental seperti pasta.
  • Oleskan ramuan ke bagian yang terkena noda ringan di kasur tersebut. Saat melakukan ini, seharusnya permukaan yang ternoda tersebut masih sedikit basah usai penggunaan air dingin di langkah sebelumnya.
  • Diamkan beberapa saat. Disini lah ramuan baking soda bekerja untuk mengangkat noda tersebut dan menghindarinya untuk membekas di kasur.
  • Lap permukaan noda yang telah diolesi ramuan baking soda secara menyeluruh.
  • Langkah akhir ialah membilas sprei ternoda tersebut di mesin cuci namun lewati bagian pengeringan karena panas artifisial yang dihasilkan akan memancing noda untuk membekas di permukaan sprei. Keringkan secara alami dengan menggantungnya.  
Image Credit: WhatsUpFagans
Image Credit: WhatsUpFagans

2. Pertolongan terlambat: rendam 8 jam dan lakukan langkah pertama.

Namun tidak setiap saat kita berkesempatan untuk berada di tempat ketika momen tertumpah noda di kasur terjadi. Lebih parah lagi, terkadang kita sadar ada noda ringan di kasur  tanpa tahu pasti kapan dan apa yang menjadi penyebabnya. Untuk kasus seperti itu, awali langkah pembersihan dengan rendam sprei yang terkena noda selama 6 hingga 8 jam. Ini dilakukan dengan tujuan untuk membuat noda kembali basah dan lebih mudah untuk ditangani. Usai proses perendaman, lanjutkan dengan langkah yang sama dengan poin di atas yakni penggunaan baking soda hingga pembilasan di mesin cuci.

Image Credit: SleepSugar
Image Credit: SleepSugar

3. Pertolongan untuk noda minyak.

Anda akan menemui tantangan yang sedikit lebih besar ketika berhadapan dengan noda ringan di kasur berbahan minyak seperti make up, berbagai jenis lotion serta produk-produk kecantikan sejenis lainnya. Perbedaan paling signifikan adalah keharusan bagi Anda untuk menggunakan air panas sebagai elemen utama di proses pembersihan. Selebihnya, Anda bisa melakukan langkah yang serupa dengan yang telah disebutkan sebelumnya. Namun perlu diingat, kemungkinan besar noda tidak akan dengan mudah hilang dalam satu kali siklus pembersihan. Jika sudah begitu, Anda dapat terus mengulang proses atau melakukan langkah berikut sebagai gantinya:

  • Siapkan ramuan pembersih yang terdiri dari campuran deterjen sebanyak yang Anda perlukan, cairan cuci piring, serta ¼ cup bubuk atau cairan borax.
  • Masukan sprei atau pelapis kasur Anda yang terkena noda berbahan minyak tersebut ke mesin cuci dan gunakan ramuan yang telah Anda buat tersebut.
  • Saat proses pembilasan akhir, tambahkan ramuan yang terdiri dari campuran cairan pelembut pakaian dan ⅓ cup cairan cuka putih.
Image Credit: Bond Cleaning in Melbourne
Image Credit: Bond Cleaning in Melbourne

4. Ramuan cuka putih untuk noda ringan dan netralkan bau.

Apapun jenis noda kecil di kasur yang sedang Anda hadapi, cuka putih dapat membantu maksimalkan proses pembersihan. Kandungan di dalamnya bekerja dengan baik untuk gandakan kekuatan ramuan pembersihan untuk menyingkirkan noda di permukaan kasur atau sprei Anda. Selain itu, cuka putih juga dapat menetralkan bau khususnya di permukaan yang terkena noda.

Tips penggunaan: campurkan cuka putih dengan cairan pelembut pakaian saat proses pembilasan terakhir di mesin cuci. Jangan khawatir soal baunya yang menyengat. Wajar jika bau menyengat tersebut tercium saat sprei atau kasur masih dalam keadaan basah. Usai kering, bau tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Image Credit:BuyTheTop10
Image Credit:BuyTheTop10

5. Hindari penggunaan pemutih kain!

Kesalahan umum yang sering dianggap sebagai jalan pintas saat menangani noda ringan di kasur. Pemutih kain atau bleaching mungkin terkesan mempercepat proses pembersihan noda, namun resiko-resiko yang ada usai penggunaan patut membuat kita perhatikan. Pemutih kain mengandung bahan kimia yang cenderung tidak bersahabat dengan kebanyakan jenis kain. Penggunaan pemutih kain hanya akan mempercepat proses penipisan kain dan membuatnya menjadi lebih cepat rusak. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan pemutih kain yang beroksigen. Masih dengan resiko yang sama namun tidak sebegitu parah seperti yang diakibatkan pemutih kain lainnya (chlorine bleach).

Demikian satu lagi referensi dalam menangani noda ringan di kasur kesayangan Anda. Untuk noda membandel lainnya, percayakan aksi penanganannya pada ahlinya! Klik di sini untuk terhubung dengan mereka. Bandingkan harga, request jasa, dan dapatkan kasur yang kembali bersih serta nyaman untuk lebih banyak lagi momen tidur nyenyak di malam-malam mendatang!

 

button request jasa