Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mencuci Pakaian

Bukan cuma pilihan mesin cuci yang tepat, tapi juga cara dalam mencuci pakaian juga harus dengan cara yang benar lho. Salah-salah nanti bisa buat pakaianmu jadi kusam atau bahkan bisa rusak. Nah, agar tak terjadi hal-hal yang tidak kamu inginkan, kamu perlu banget untuk perhatikan beberapa poin berikut:

1. Perhatikan bahan

shutterstock_254522230~2

Seiring dengan perkembangan teknologi mesin cuci, kini sangat disarankan untuk mencuci bajumu berdasarkan bahan pakaianmu. Agar bahan pakaian tidak mudah kusam dan berbulu, pastikan settingan atau pengaturan jenis pakaian pada mesin cuci disesuaikan dengan bahan pakaian. Jika bahan pakaian mudah luntur atau rapuh, seperti wol, ada baiknya kamu menggunakan pengaturan yang lebih lembut. 

2. Hati-hati dengan warna

close-up-of-clothes-hanging-on-fabric-250288

Selain bahan, warna pada bahan pakaianmu juga harus diperhatikan lho. Beberapa jenis jeans ketika dicuci pertama kali akan menimbulkan lunturan, atau bahan katun dengan warna mencolok yang mudah luntur. Untuk itu, pisahkan warna gelap, warna mencolok, dan warna terang agar pakaianmu tidak terkena pudaran atau lunturan dari pakaian lainnya. 

3. Gunakan laundry net

shutterstock_555093499

Jika mesin cuci-mu tidak memiliki pengaturan khusus untuk bahan pakaian lembut, salah satu tips penting untuk menjaga kualitas kain yaitu dengan menggunakan laundry net. Namun tentunya, laundry net yang digunakan harus sesuai dengan jenis pakaian. Sangat disarankan ketika mencuci dengan laundry net, pakaian luar dan dalam tetap harus dipisahkan. 

Selain memperhatikan bahan pakaian, perlu kamu catat bahwa keadaan mesin cuci juga sangatlah penting untuk menjaga kualitas pakaian. Jika mesin cuci-mu mengalami masalah, ada baiknya jika kamu mencari jasa perbaikan mesin cuci yang profesional. Dengan Beres, kamu juga bisa mendapatkan ahli perbaikan perkakas rumah lainnya lho!

button request jasa