Waspada! Inilah 6 Tanda Freon Anda Mengalami Kebocoran

Freon, istilah teknis yang paling familiar di telinga masyarakat awam dalam diskusi seputar pendingin ruangan atau AC. Freon menjadi kerap diingat karena seringnya ia menjadi titik permasalahan pada unit AC di rumah Anda. Masalah yang paling populer ditemukan ialah terjadinya kebocoran yang dapat mengakibatkan hilangnya kemampuan AC mendinginkan ruangan hingga masalah gangguan kesehatan. Jangan anggap remeh dan segera ambil tindakan jika hal ini terjadi. Kenali 6 tanda freon Anda mengalami kebocoran sebagai berikut ini.

1. Tekanan Udara Rendah

Ruangan dingin tapi tidak benar-benar dingin. Kebayang rasanya seperti apa? Begitulah salah satu indikasi awal unit AC Anda rendah kadar freon atau, lebih buruk lagi, mengalami kebocoran. Ini adalah hasil dari tekanan udara rendah dari unit AC yang tidak mampu lagi memproduksi udara sejuk secara normal. Segera lakukan pengecekan dan isi ulang freon unit AC rumah Anda.

2. AC Mengeluarkan Udara Panas

Pertanda lebih lanjut yang bisa dibilang mengkhawatirkan. Awalnya hanya sebatas kurang maksimalnya kesejukan yang dihasilkan unit AC, namun lama kelamaan udara yang dihasilkan hanya seperti hembusan angin biasa dan malah cenderung hangat yang membuat ruangan menjadi terasa panas. Lakukan percobaan sederhana dengan mengarahkan tangan Anda ke bibir ventilasi unit AC pada ruangan di rumah Anda dan nilai kualitas serta tingkat kekencangan hembusan udara yang dihasilkan. Dari situ Anda dapat menerka sendir apakah unit AC Anda hanya sebatas kekurangan cairan freon atau mengalami kebocoran. Bagaimana pun asumsi Anda nantinya, melakukan pengecekan dengan tenaga profesional adalah solusi yang patut Anda pertimbangkan.

Image Credit: Ambient Edge
Image Credit: Ambient Edge

3. Dibutuhkan Waktu Lebih Lama Untuk Mendinginkan Ruangan

Deskripsi sederhana dari kerja unit AC pada rumah Anda dapat sebatas bagaimana udara panas dalam ruangan diserap dan dibuang keluar. Unit AC yang kekurangan atau mengalami kebocoran freon membutuhkan waktu yang jauh lebih lama untuk menjalankan fungsi utama satu ini. Normalnya, hanya butuh kurang dari 15 menit untuk membuat ruangan menjadi sejuk setelah AC dinyalakan. Jika unit AC rumah Anda membutuhkan waktu yang lebih lama dari itu, segera lakukan pengecekan.

4. Biaya Listrik Membengkak

Kebocoran pada freon yang ditandai oleh poin-poin yang telah disebutkan sebelumnya tidak secara instan membuat AC rusak sampai tidak mampu lagi menjalankan fungsinya. Sampai titik tertentu, AC masih akan tetap dapat membuat udara sejuk namun membutuhkan usaha lebih ekstra untuk bekerja. Usaha ekstra berarti lebih banyak energi diperlukan serta waktu pemakaian. Keduanya pun berujung tagihan listrik membengkak yang harus dibayar. Karena itu, pengecekan kelayakan freon adalah satu tips menekan biaya tagihan listrik sebagai bagian dari cara bijak penggunaan AC di rumah.

Image Credit: Mother Nature Network
Image Credit: Mother Nature Network

5. Terdapat bunga es menempel pada pipa AC

Pertanda fisik yang mudah dideteksi oleh mata telanjang. Gumpalan bunga es pada pipa AC adalah pertanda freon Anda mengalami kebocoran. Selain pada pipa, gumpalan es yang disertai bocor air juga dapat terjadi pada evaporator unit AC jika freon Anda mengalami kebocoran. Hal ini disebabkan oleh kondensasi yang tidak terkendali pada bodi indoor unit AC Anda.

6. Merasakan Gejala Keracunan Freon

Inilah pertanda paling mengkhawatirkan jika freon Anda mengalami kebocoran. Freon mengandung senyawa kimia (fluorionated hydrocarbons) yang berbahaya bagi kesehatan. Beberapa gejala yang dapat muncul adalah pusing-pusing, mabuk hingga sesak nafas. Kabar lebih buruknya, senyawa ini tidak berwarna dan berbau. Karenanya, penting bagi Anda untuk rutin melakukan pengecekan kelayakan unit AC rumah dan menerka apakah freon Anda mengalami kebocoran.  

Image Credit: Odyssey
Image Credit: Odyssey

Jangan tunggu sampai kebocoran freon berujung mengakibatkan kerusakan permanen pada unit AC rumah Anda. Segera lakukan pengecekan dan bertindak jika Anda mengalami pertanda yang telah disebutkan dalam pembahasan di atas.

Beres.id siap menghubungkan Anda dengan para penyedia jasa profesional yang dapat memberikan Anda solusi entah saat freon Anda mengalami kebocoran atau masalah lain seputar AC di rumah!

 

button request jasa