Desinfeksi, Sanitasi, dan Pembersihan: Apa bedanya?

Pandemi ini sudah berlangsung selama 2 tahun. Rasanya memang kita sudah terbiasa hidup dalam new normal ini, dimana kita selalu didampingi resiko terkena penyakit Covid-19 setiap kita keluar rumah. Meski begitu, kita harus tetap berwaspada terhadap virus ini untuk menjaga kesehatan kita dan orang di sekitar kita, dengan cara menjaga kebersihan. . 

Nah, ketika kita bahas tentang topik bersih-bersih, seringkali kata-kata seperti pembersihan, sanitasi, dan desinfeksi muncul. Tapi sebenarnya apa sih bedanya? Yuk kita pelajari sama-sama!

Pembersihan vs Sanitasi vs Desinfeksi

Pembersihan membuang kuman, debu, dan kotoran yang terlihat di sebuah permukaan. Biasanya pembersihan bisa dilakukan dengan agen pembersih (sabun, deterjen), alat pembersih (sikat, kain), dan air. 

Sanitasi mengurangi jumlah kuman dan bakteri yang berbahaya terhadap kesehatanmu, sesuai dengan standar kesehatan. Sanitasi sangat penting untuk kesehatan dan kebersihan, dan sebaiknya dilakukan pada area yang sering disentuh, seperti gagang pintu, saklar, dan meja. 

Desinfeksi membunuh bakteri, virus, dan jamur pada permukaan. Biasanya menggunakan agen kimia yang dapat membunuh bakteri/virus, atau teknologi sinar ultraviolet untuk mensterilkan lingkungan. 

Jadi, bagaimana seharusnya kita bersihkan, sanitasikan, dan desinfeksikan rumah kita?

Pada umumnya, pembersihan rumah sebaiknya dilakukan secara rutin, minimal beberapa hari sekali, untuk menjaga kenyamanan. Tetapi, pembersihan biasa saja tidak cukup untuk menghilangkan kuman dan virus dalam rumahmu. Disinilah munculnya kepentingan sanitasi sebagai langkah tambahan untuk membunuh bakteri pada area yang sering disentuh, dan mengurangi kemungkinan kamu atau keluargamu jatuh sakit. 

Desinfeksi rumah seharusnya dilakukan ketika ada anggota keluargamu yang jatuh sakit karena terinfeksi virus. Terutama pada masa pandemi ini, sebaiknya kamu melakukan desinfeksi rumah secara teratur untuk meminimalkan infeksi serta penyebaran Covid-19 dan virus berbahaya lainnya. 

Jangan ceroboh, jagalah kesehatanmu dan keluargamu dalam periode ini dengan mengadakan pembersihan rumah dan disinfektan rumah secara rutin dengan Beres. Cek disini!