Cermat Memilih Tukang Service AC Berdasarkan 5 Kriteria Ini

Pada umumnya, mayoritas masyarakat Indonesia pasti memiliki paling tidak satu atau dua unit AC atau pendingin ruangan di rumah. Bermukim di daerah tropis seperti Indonesia yang bercuaca panas, lembab, dan berdebu, aktivitas keseharian pun berpotensi terganggu bila tak ada kehadiran AC. Bayangkan jika anda bekerja di gedung kantor atau ruangan tertutup tanpa AC saat cuaca di luar panas menyengat. Pastinya sangat tidak nyaman, bukan?

Selain frekuensi service AC, salah satu faktor yang tak kalah pentingnya adalah tukang AC yang anda pilih. Dengan banyaknya jumlah tukang service AC yang tersedia di Indonesia terutama di daerah Jabodetabek (Jakarta dan sekitarnya), pelanggan harus berhati-hati dan cermat sebelum menyewa karena tidak semua tukang AC akan memberikan layanan berkualitas sesuai dengan harapan.

Lantas, aspek apa saja yang harus anda nilai dari seorang ahli service AC?

1. Kejujuran tukang service AC

Tak sedikit orang pun tertipu oleh tukang service AC yang rakus dan ingin meraup keuntungan lebih. Mereka menipu pelanggan dengan berbagai cara, salah satunya adalah menganjurkan pengisian Freon yang tidak semestinya, atau menyatakan kerusakan AC yang lebih parah daripada kondisi sebenarnya.

kejujuran tukang service AC
Source: ayogitabisa.com

Salah satu pelanggan Beres.id, Githa dari Serpong, yang telah menyewa jasa CV Garda Aircon pun berujar, Terima kasih servicenya memuaskan BANGET. AC sy sudah dingin lagi, lebih dingin malah tanpa embel2 isi freon AC, tau apa yg mau dikerjakan bukan spt service AC abal2 yg dikit2 nambah freon. Makasih sukses selalu!”.

2. Harga jasa service AC yang dikenakan

Bagi banyak orang, harga merupakan faktor penting yang mempengaruhi keputusan menentukan ahli service AC yang dipilih. Akan tetapi, sebelum menjatuhkan pilihan, ada baiknya jika anda mengetahui harga pasaran service AC dan membandingkan lebih dari satu (1) atau beberapa tukang AC terlebih dahulu untuk menghindari penipuan atau pemerasan harga.

harga service AC
Source: google.com

Kerjanya bagus, cepat dan rapi. Harga juga masuk akal. Good job!”, ucap Fajar Ariessita atas jasa ACCALLS Jabodetabek.

3. Ketepatan waktu yang dijanjikan

Di tengah aktivitas yang padat, hal yang paling tidak menyenangkan adalah jika ‘ngaret’ saat janjian molor waktu, apalagi hingga berjam-jam. Karenanya, ketepatan waktu tukang AC juga merupakan poin penting yang dapat menentukan baik buruknya impresi seseorang.

tukang service AC yang tepat waktu
Source: shipmanagementinternational.com

Teknisi datang tepat seperti waktu yang dijanjikan, padahal saat itu hujan. Bolak balik manggil tukang AC, tapi AC selalu kembali abnormal. Alhamdulillah, malam pertama setelah diservis oleh teknisi Permata Servis, AC seperti saat dulu pertama kali membeli”, puji Rahmat Sorani dari Depok.

4. Tidak pelit informasi & komunikatif

Salah satu kriteria tukang service AC yang berkualitas adalah ketanggapan mereka terhadap pelanggan. Biasanya, ahli service AC yang baik mau menjawab dan menjelaskan segala pertanyaan dan keluhan pelanggan seputar ACnya.

komunikatif dan tidak pelit berbagi ilmu merupakan kriteria tukang service AC yang harus anda pertimbangkan

Pengetahuan mengenai listrik luar biasa , mas arul cepat tanggap dan memberikan penjelasan yg sangat detail. Sangking puasnya, saya booking lagi untuk mengerjakan bagian rumah lainnya. Terima kasih!”, tutur Allyssa dari Jakarta Selatan akan jasa Arul Teknik AC.

5. Pemberian garansi

Sebagai bentuk tanggung jawab, beberapa tukang AC pun berani memberikan garansi atas hasil pekerjaan mereka. Hal ini dapat meningkatkan tingkat kepercayaan pelanggan terhadap penyedia jasa yang disewanya.

Proses dan pasca pengerjaan bersih dan rapi. Dapat garansi seminggu jika ada komplain masih bisa ditangani. Terima kasih PT Arya Pancarindo Perkasa”, ucap Didik Purwondanu dari Jakarta Selatan.

Bingung mau cari jasa service AC terpercaya dengan kriteria di atas? Tidak perlu susah-susah mencari lagi, langsung kirimkan permintaan kerja melalui situs atau aplikasi Beres.id dan kami akan menghubungkan anda dengan tukang service AC profesional dan terpercaya.


Written by Cindy Junovica