Cara Mengurangi Suhu Tubuh Secara Alami

Kepanasan adalah salah satu perasaan paling tidak nyaman dan menyebalkan yang pernah ada, padahal kita harus terbiasa karena tinggal di negara tropis, memang tidak bisa dihindari tapi kita berharap supaya suasana bisa tetap sejuk . Butuh bantuan untuk mengatasi panas? Simak beberapa tips ini untuk menurunkan suhu tubuhmu secara alami.

 

1. Air kelapa

 

shutterstock_569947252

 

Pada hari yang terik, yang biasanya kita idam-idamkan adalah sesuatu yang dingin dan menyegarkan. Kalau kamu ingin yang dingin dan juga menyegarkan, kamu bisa mencoba air kelapa. Air kelapa kaya akan mineral dan vitamin yang sangat penting dalam mendinginkan tubuh.
Air kelapa juga merupakan minuman isotonik alami, menjadikannya cara yang mulus untuk rehidrasi, mengisi ulang elektrolit tubuh kita, dan mengganti kehilangan cairan dari saluran pencernaan. Selain itu, air kelapa adalah pengganti air putih yang bagus karena rendah kalori, jadi jangan khawatir kalau berat badanmu akan meningkat karena mengonsumsi air kelapa. 

 

2. Mandi air dingin

 

shutterstock_632262956

 

Mandi air dingin di hari yang panas mungkin tampak seperti hal yang tidak perlu dipikirkan, namun, beberapa orang masih mengabaikan cara ini. Menyiram air dingin ke bagian tubuh dimana pembuluh darah dekat dengan permukaan, seperti pergelangan tangan, leher, dada, dan pelipis bisa dengan cepat menurunkan suhu dari darah yang mengalir melalui pembuluh darah ini.

 

Alternatif selain mandi air dingin adalah dengan berendam sebentar di kolam renang atau merendam kakimu di air dingin. Duduk dan bersantailah sambil membenamkan kakimu ke dalam wadah berisi air dingin dan sedikit es, lalu rendam selama sekitar 20 menit.

 

3. Banyak minum air

 

shutterstock_420822289

 

Ini cukup jelas tapi anggap ini sebagai pengingat. Minum air dapat mendinginkan tubuh dari dalam yang membantu menurunkan suhu tubuh. Ingatlah untuk minum secara teratur untuk mencegah dehidrasi yang dapat meningkatkan panasnya tubuh.

 

Mengonsumsi makanan dengan kandungan air tinggi seperti semangka, stroberi, dan mentimun juga merupakan pilihan yang baik untuk membuatmu tetap sejuk. Kamu juga bisa mencampurnya dan menikmati smoothie dingin menyegarkan yang menyehatkan dan melembabkan.

 

4. Hindari kafein 

 

shutterstock_1071680990

 

Mitos minuman berkafein meningkatkan risiko dehidrasi itu tidak terbukti dan malah terbukti sebaliknya. Namun, hal ini hanya berlaku bagi mereka yang rutin mengonsumsi minuman berkafein.

 

Minuman berkafein memiliki efek yang lebih signifikan pada peminum non-kafein terutama di hari yang panas. Tidak apa-apa mengonsumsi minuman berkafein di hari yang panas, tetapi disarankan untuk menghindari minuman berkafein terlalu banyak.

 

5. Nyalakan AC-mu

 

shutterstock_1159506592

 

Setelah mengeringkan diri sehabis mandi air dingin, kamu bisa menyalakan AC dan menikmati udara sejuk di sekitar ruanganmu. Kamu dapat menurunkan suhu tubuh Anda dengan pindah ke area yang lebih dingin, yaitu ruangan ber-AC.

 

Perhatikan kalau kamu harus mengelap semua tetesan air atau keringat di tubuhmu sebelum pergi ke ruangan ber-AC untuk menghindari masuk angin.

 

Apakah AC-mu tidak bekerja dengan baik untuk membuatmu tetap sejuk di hari yang panas? Mungkin inilah saatnya untuk memperbaikinya. Yuk, pesan pakar profesional AC kami untuk memastikan AC-mu bekerja maksimal agar kamu tetap sejuk dan nyaman. Pesan Layanan Esensial kami sekarang menggunakan kode SAFE4UAC untuk menikmati diskon dan keuntungan menarik seperti servis ulang gratis jika tidak puas.