Cara Jitu Agar Karpet Rumah Bersih Maksimal & Bebas Dari Kerusakan

Karpet adalah salah satu elemen rumah tangga yang menjaga Anda dari dinginnya lantai rumah Anda. Baik itu dalam menonton televisi, duduk-duduk bersama keluarga, atau sebagai alas di kamar tidur. Karpet merupakan salah satu perabotan yang multifungsi, selain untuk menjadi alas duduk, karpet juga berguna untuk menjaga lantai agar tetap bersih.

Tapi, bagaimana cara merawat karpet yang kotor? Mulai dari debu hingga noda minuman yang secara tidak sengaja ditumpahkan oleh anak-anak dirumah Anda, tentu hampir semua karpet harus diperhatikan secara seksama agar tidak mudah rusak. Dalam mencucinya pun tidak boleh sembarangan! Berikut 4 cara jitu agar karpet atau permadani di rumah bersih maksimal dan bebas dari kerusakan.

Bersihkan Debu Yang Menempel

Source: http://www.mallarycarpet.com/
Source: mallarycarpet.com

Sebelum memulai proses pencucian karpet, hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan debu yang menempel pada karpet, baik itu debu halus maupun debu yang sudah menumpuk. Jika Anda memiliki vacuum cleaner/ mesin penyedot debu, sangat disarankan untuk membersihkan debu yang menempel dengan vacuum cleaner. Alasannya adalah agar saat dicuci, debu tidak bercampur dengan air.

Tangani Noda-Noda Basah & Kotor Secara Cepat

membersihkan noda di karpet secara tepat
Source: oakvillebutler.com

Saat terjadi “kecelakaan” pada karpet seperti tumpahan makanan atau minuman, Anda juga disarankan untuk menangani noda pada karpet dengan tepat dan cepat. Misalkan saja karpet kesayangan Anda tidak sengaja ketumpahan cairan kopi, atau terkena noda yang sulit hilang seperti kuah kari dan sebagainya.

Nah, saat ini terjadi, jangan menunda pembersihan karpet hingga berjam-jam karena noda tersebut akan terlanjur kering dan meresap ke dalam sela-sela karpet. Langsung lakukan penanganan saat itu juga untuk membersihkan noda. Selain itu, hindari pemakaian pemutih/ bleaching yang terlalu sering untuk membersihkan karpet karena hal ini dapat merusaknya.

Gunakan Kekuatan Vacuum Cleaner Yang Tepat 

kekuatan vacuum yang tepat untuk karpet
Source: cdn2.expertreviews.co.uk

Orang awam biasanya menyetel kekuatan vacuum berkekuatan maksimal dengan asumsi bahwa mesin akan menyedot semua debu yang ada dengan maksimal pula. Padahal, tidak begitu! Setiap karpet membutuhkan perawatannya masing-masing, ada yang harus menggunakan kekuatan yang sedang, ada juga yang bahkan tidak boleh menggunakan vacuum cleaner. Maka dari itu, ketahui dan kenali jenis karpet Anda terlebih dahulu sebelum memilih penggunaan vacuum cleaner.

Bawa Ke Laundry Dengan Alat Khusus Cuci Karpet

alat khusus cuci karpet
Source: www.drycarpet.com

Jika Anda tidak mau ambil pusing dengan prosesnya, Anda bisa membawa karpet tersebut ke laundry terdekat. Pilih laundry yang menggunakan mesin khusus untuk mencuci karpet. Beberapa laundry besar memiliki alat khusus cuci karpetnya sendiri, ada juga yang mengopernya lagi ke tempat khusus cuci karpet.

Nah, tidak perlu repot-repot, Anda dapat menjaga karpet kesayanganmu dari kotoran dan kerusakan, dengan memilih jasa cuci karpet yang berpengalaman. Karpet rumah Anda pun akan mendapatkan penanganan yang tepat dari ahli yang berpengalaman. Jadi, tunggu apalagi? Segera akses www.beres.id untuk mendapatkan jasa cuci karpet profesional terbaik dengan harga terjangkau!

button request jasa


Ditulis oleh: Doni Rahman

Disunting oleh: Cindy Junovica