Bukan Sekadar Bumbu Penyedap, Inilah 30 Kegunaan Cuka Putih Yang Wajib Anda Tahu

Cuka telah ada di tengah-tengah peradaban manusia sejak lebih dari 2500 tahun silam. Sejarah kerap menyebutkan produk yang mudah dan murah untuk didapatkan ini memiliki banyak kegunaan untuk kehidupan sehari-hari. Kandungan paling berperan di dalamnya ialah asam asetat yang dapat berperan untuk banyak hal. Cuka sendiri hadir dalam lebih dari satu jenis, namun cuka putih dinilai sebagai jenis yang paling bisa dimanfaatkan. Berikut XX kegunaan cuka putih yang wajib Anda tahu.

Image Credit: House and Home
Image Credit: House and Home

PEMBERSIHAN RUMAH

Atas kemampuannya berperan sebagai desinfektan dan penghilang bau, cuka putih dapat dimanfaatkan sebagai salah satu ‘senjata’ dalam proses pembersihan rumah.

1. Tambahkan beberapa tetes cuka pada air bilasan saat membersihkan tempat sampah untuk hasil lebih maksimal serta menghilangkan bau.

2. Semprotkan pada area lantai yang terkena noda membandel. Usai kotoran terangkat, pel lantai seperti biasa dengan gunakan air dan cairan pembersih.

3. Campurkan dengan baking soda dan air hangat untuk membersihkan wastafel dan mengangkat kotoran menempel pada saluran air agar terhindar dari penyumbatan.

4. Semprot pada permukaan cermin, gelas beling atau jendela sebelum membilasnya dengan air. Baik debu atau noda membandel lainnya akan lebih mudah terangkat.

5. Gosok dan hilangkan noda coretan di dinding rumah dengan spons yang telah diberikan campuran cuka putih, air hangat dan baking soda.

Image Credit: Pepper
Image Credit: Pepper

KESEHATAN TUBUH

Cuka putih juga kerap kali dijadikan sebagai bumbu penyedap tambahan dalam setiap hidangan yang Anda makan, dari mulai bakso hingga santapan lain yang melibatkan proses memasak yang lama. Lebih dari perkara membuat cita rasa makanan menjadi lebih sedap, konsumsi cuka putih juga dapat berperan untuk kesehatan tubuh.

6. Cuka putih pada makanan dapat mempercepat proses penyerapan kalsium di dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui bersama, kalsium itu sendiri berperan sebagai pencegah osteoporis di masa tua nanti.

7. Menstabilkan gula darah saat dicampurkan pada makanan yang memiliki banyak kandungan karbodhidrat.

8. Mengontrol glukosa darah sebagai langkah menghindari serta melawan diabetes. Cuka putih dengan acar usai makanan utama adalah kombinasi terbaik.

9. Mencegah penuaan dini atas kandungan antioksidan yang ada di dalamnya.

10. Mencegah tumbuhnya sel-sel kanker.

11. Menjaga kesehatan jantung agar terhindar dari resiko stroke atas perannya mengontrol perlintasan pembuluh darah dalam tubuh.

12. Dapat berperan sebagai kondisioner untuk rambut. Kandungan antibakteri yang tinggi di dalamnya dapat membantu mengangkat kotoran secara menyeluruh.

13. Masih karena kandungan antibakterinya yang tinggi, cuka juga dapat digunakan sebagai obat luar pada luka untuk mencegah terjadinya infeksi.

Image Credit: CNet
Image Credit: CNet

URUSAN DAPUR

Dapur identik dengan kotoran membandel, bau menyengat dan berbagai situasi tidak menyenangkan lainnya khususnya saat usai proses memasak. Beberapa kegunaan cuka putih dapat membantu Anda menghadapi situasi-situasi tersebut.

14. Tambahkan beberapa tetes cuka saat merebus telur. Jika cangkang telur retak di tengah proses, putih telur tidak akan keluar-keluar dan berujung mengotori panci atau kompor.

15. Menyegarkan sayuran dengan merendamnya terlebih dahulu dalam air yang telah diberi beberapa tetes cuka putih.

16. Hilangkan kuatnya bau usai memotong bawang dengan mencuci tangan menggunakan air yang telah diberi campuran beberapa tetes cuka putih.

17. Semprotkan cuka ke permukaan kompor dan sekitarnya yang ternodai kotoran membandel usai proses memasak. Diamkan untuk beberapa detik untuk kemudian dilap dengan air bersih dan kotoran pun lebih mudah terangkat.

18. Memaksimalkan proses pembersihan bagian dalam dari microwave. Letakkan mangkuk berisi air yang diberikan beberapa tetes cuka putih di dalam microwave untuk kemudian Anda hangatkan selama kurang lebih satu menit. Uap yang dihasilkan dari proses tersebut berfungsi memudahkan Anda membersihkan bagian dalam microwave dan menetralkan bau di dalamnya.

19. Cuka putih juga berperan sebagai pengawet makanan alami.

Image Credit: Dri Pak
Image Credit: Dri Pak

CUCI PAKAIAN

Sifatnya yang ramah terhadap hampir semua jenis bahan membuat cuka putih juga dapat dimanfaatkan untuk proses mencuci pakaian.

20. Memudahkan untuk bersihkan pakaian yang memiliki noda bekas parfum, kecap, saus atau tumpahan liquid lainnya. Tetesi beberapa cuka putih dan diamkan beberapa saat sebelum Anda mencuci mereka.

21. Tambahkan cuka dalam proses mencuci pakaian Anda di mesin cuci. Cairan cuka putih ramah dengan berbagai jenis bahan pakaian. Keberadaannya akan membantu warna pakaian tetap terjaga dan menghindari residu deterjen atau cairan pembersih lainnya menempel pada pakaian.

22. Ramuan cuka, baking soda, dan air ampuh sebagai pertolongan pertama saat karpet, sofa, hingga kasur tertumpah noda.

Image Credit: Dogster
Image Credit: Dogster

PERAWATAN HEWAN PELIHARAAN

Salah satu alasan populer orang enggan memiliki hewan peliharaan seperti kucing dan anjing di rumah adalah bagaimana sulitnya membuat mereka tetap bersih dan tidak mengotori rumah. Lihat bagaimana cuka putih hadir sebagai salah satu solusi akan hal tersebut.

23. Anjing atau kucing biasanya gemar menggaruk telinga dan berujung melukai diri mereka sendiri serta menyebar bakteri atau kotoran ke seisi rumah. Semprotkan sedikit cairan cuka putih pada telinga mereka. Karena umumnya dua hewan peliharaan ini membenci aroma cuka, mereka tidak akan terlalu sering menggaruk-garuk telinga.

24. Cairan cuka putih dan air dapat dijadikan ramuan untuk membersihkan kuku-kuku kucing atau anjing di rumah.

25. Mandikan kucing atau anjing di rumah dengan air campuran cuka untuk mengangkat aroma tidak sedap dari mereka. Kemudian baru lah bilas dengan air biasa dan sabun khusus untuk mereka.

Image Credit: The Hearthy Sould
Image Credit: The Hearthy Sould

PEMELIHARAAN TAMAN

Cuka putih juga berperan untuk urusan pemeliharaan tanaman dan taman; dari penjaga kualitas dan umur tumbuhan, pengusir merambatnya tanaman liar, hingga pembasmi hama yang dapat merusak taman.

26. Semprotkan cairan cuka putih dan air ke lokasi menjalarnya tanaman liar untuk mengontrol pertumbuhan mereka.

27. Cairan cuka putih dan air juga ampuh membasmi siput halaman serta berbagai jenis hama perusak taman lainnya.

28. Semprotkan cairan cuka putih dan air pada tembok depan rumah yang ditempeli poster atau stiker lainnya. Dalam beberapa jam, akan mudah bagi Anda untuk mencabut mereka tanpa meninggalkan bekas.

29. Juga dengan campuran yang yakni air dan cuka putih, Anda dapat semprotkan ke tembok yang ditempeli permen karet. Setelah beberapa menit, bekas permen karet akan lebih mudah terangkat dan dibersihkan.

30. Tanaman dalam vas yang berisikan air serta beberapa tetes cuka putih juga dikatakan memiliki umur dan kesegaran yang lebih lama.