Bersiaplah, Inilah 7 Tantangan Pindahan Rumah Yang Akan Anda Temui

Besar kemungkinan, pembaca tulisan ini adalah Anda yang sedang mencari informasi tentang persiapan pindahan rumah karena berencana melakukannya dalam waktu dekat atau mungkin Anda yang hanya tinggal menunggu hari dimana Anda sekeluarga harus keluar dari hunian lama untuk masuk ke rumah baru. Di kategori mana pun Anda berada, ini adalah halaman informasi tepat untuk memulai. Kami telah rangkum 7 tantangan pindahan rumah yang akan Anda temui, lengkap dengan referensi untuk jalan keluarnya! Selamat menyimak.

Image Credit: turbine hq
Image Credit: turbine hq

1. Kewalahan menentukan prioritas

Tenang, Anda tidak sendirian. Proses pindahan rumah memang tidak pernah mudah. Namun bukan berarti Anda tidak dapat melakukannya. Tantangan pindahan rumah terbesar dan tergolong yang paling pertama Anda temui adalah bagaimana Anda menyadari ada banyak hal yang perlu Anda lakukan dari jauh-jauh hari hingga menjelang hari pindahan.

Solusi: catat hal-hal yang harus Anda lakukan dari masa persiapan hingga hari pindahan. Bagikan mereka dalam beberapa cluster berdasarkan jangka masa pengerjaan. Berikut kami bagikan Checklist yang telah kami rumuskan sebagai acuan Anda saat pindahan.

[CHECKLIST PINDAHAN]

Image Credit: KSL
Image Credit: KSL

2. Jenis pengangkut barang: Truk Pickup atau Truk Engkel?

Umumnya, terdapat dua jenis transportasi pengangkut yang bisa dimanfaatkan untuk pindahan, yakni truk pickup untuk pindahan yang tergolong ringan dan truk engkel yang menyediakan lebih banyak ruang untuk barang-barang Anda yang ingin direlokasi. Pilih mana? Pertanyaan ini menjadi sebuah tantangan tersendiri ketika kekhawatiran mengambil pilihan yang salah muncul.

Solusi: kenali perbedaan kedua pilihan ini dengan baik. Pembahasan ini lebih dari sekadar ‘yang satu untuk pindahan ringan serta yang satunya untuk pindahan berat’. Temukan perbedaan lebih mendetail dari tabel di bawah ini.

Truk Pickup Truk Engkel
Dimensi : 230 x 160 cm Dimensi : 310x 160 cm
Kapasitas : max 700 kg Kapasitas : max 2000 kg
Estimasi muatan : Beberapa box (tergantung cara penempatan) berisikan baju dan barang non fragile lainnya, 1 meja belajar, 1 meja rias, 1 hingga 2 kursi kerja, furnitur ‘bongkar pasang’ IKEA, dan 1 unit mesin cuci. Estimasi muatan : 1 Kasur ‘bongkar pasang’ ukuran single atau queen, 1 ‘bongkar pasang’ lemari pakaian, 1 meja belajar, 1 meja lampu kamar,  1 hingga 2 kursi kerja, 1 kulkas (satu pintu), 1 mesin cuci, 1 meja rias, maksimal 10 box berisi baju dan barang non fragile lainnya.

Kedua pilihan ini bisa Anda dapatkan lewat para penyedia jasa pindahan profesional yang terhubung dengan Beres.id. Penawaran sudah termasuk penyediaan troli, terpal dan tali. Harga terjangkau yang harus dibayarkan nantinya sudah meliputi biaya bensin, tol serta parkir (jika ada), biaya supir dan 1 helper jika Anda memesan paket Engkel

Info penawaran lebih lengkap, akses di sini.

button request jasa

Image Credit: movingouthousecleaning.com
Image Credit: movingouthousecleaning.com

3. Kerepotan mengemas barang di rumah lama

Inilah tantangan pindahan rumah yang datang belakangan namun tidak mudah dihadapi apabila salah perhitungan. Dalam banyak kasus, kita memiliki terlampau banyak barang untuk dikemas sehingga dua sampai tiga hari pun terasa tidak cukup untuk merampungkan semuanya.

Solusi: mempertimbangkan timing packing tidak cukup untuk menjadi jalan keluar. Anda juga perlu didukung oleh strategi packing yang efisien. Temukan tips packing efisien dengan mengakses link berikut.

[TIPS PACKING]

Kenwood Moving & Storage Inc

4. Bingung harus mulai darimana saat masuk rumah baru

Unpacking! Faktanya, proses unpacking tidak semudah dan semenyenangkan membuka kado pemberian. Perlu banyak pertimbangan, khususnya saat menentukan urutan box mana yang harus dibongkar terlebih dahulu. Jika salah strategi, Anda hanya akan membuat rumah baru mendadak berantakan akibat barang-barang yang terabaikan.

Solusi: sama halnya dengan Packing, Unpacking juga memiliki tips dan trik tersendiri agar proses berjalan lebih lancar. Berikut link yang memuat tips membongkar barang pindahan untuk referensi Anda saat memasuki rumah baru.

[TIPS UNPACKING]

Image Credit: journal.first tuesday.us
Image Credit: journal.first tuesday.us

5. Dokumen penting serta biaya yang perlu dikeluarkan

Pindahan tidak sesederhana bertukar kunci antara rumah baru ke rumah lama. Selain fisik, konsentrasi Anda juga turut diuji saat berada dalam proses pindahan rumah. Anda harus mengurus beberapa surat atau dokumen penting sebelum pada akhirnya Anda secara resmi melepas hunian lama dan memiliki hak atas rumah yang baru. Dan masing-masing memerlukan biaya kepengurusan yang harus Anda tanggung.

Solusi: dari jauh-jauh hari, kenali dokumen penting terkait rumah yang harus Anda urus. Perlu dicatat, daftar dokumen yang perlu Anda proses akan lebih panjang apabila hunian Anda nantinya adalah rumah baru yang sebelumnya tidak berpemilik. Untuk detail lengkap tentang surat atau dokumen-dokumen yang dimaksud beserta rincian biayanya, simak link berikut ini.

[BIAYA DOKUMEN RUMAH]

Image credit: renovation malaysia
Image credit: renovation malaysia

6. Wacana renovasi rumah baru

Satu lagi tantangan pindahan rumah yang akan ditemui jika Anda berencana melakukan renovasi pada hunian baru. Akan sulit untuk menerka-nerka bagian mana pada hunian baru tersebut yang perlu direnovasi karena Anda bukan pemilik aslinya dan tidak pernah ada diskusi soal ini dengan penghuni lamanya.

Solusi: ambil pilihan aman dengan menggunakan jasa kontraktor profesional dan terpercaya. Link di bawah memuat tips yang dapat Anda jadikan referensi sebelum menghubungi pihak penyedia jasa kontraktor.

[TIPS PILIH KONTRAKTOR]

Image Credit: Provicial Moving and Storage
Image Credit: Provicial Moving and Storage

7. Menjalani hari hari pertama

Menjalani hari-hari pertama akan sama membingungkannya dengan saat perencanaan pindahan jika Anda tidak memperhitungkannya dengan tepat. “Packing dulu kah?” “Berkenalan dengan tetangga dulu kah?”, “Warung di mana ya?”, “Aduh lapar tapi panci masih di kardus!”, pertanyaan semacam ini lah yang kemungkinan akan mengisi pikiran Anda di hari-hari pertama.

Solusi: Sebagai acuan, Anda dapat mengambil referensi dari link berikut yang memuat informasi akan hal-hal yang perlu Anda lakukan usai pindahan.

[HARI PERTAMA DI RUMAH BARU]