Asah Kemampuan Bahasa Mandarin Dengan Menonton Film!

Kebanyakan orang merasa ogah dan malas kalau disuruh belajar bahasa mandarin. Tidak seperti Bahasa Inggris yang menggunakan huruf alfabet, Bahasa Mandarin lebih susah dipelajari karena kerumitan dari Han Zi. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman, Bahasa Mandarin menjadi bahasa yang tidak kalah penting untuk dikuasai disamping Bahasa Inggris.

Salah satu cara terampuh dan paling efektif untuk mempelajari suatu bahasa adalah dengan sering-sering menonton film dan mendengarkan lagu bahasa tersebut.

Nah, buat kamu yang ingin belajar Bahasa Mandarin, Beres.id sudah menyiapkan 5 judul film yang bakal melatih kamu untuk mempelajari kebudayaan & Bahasa Mandarin dengan cara yang (lebih) menyenangkan!

1. Red Cliff I & II

Diangkat dari kisah literatur Cina klasik tentang 3 kerajaan atau yang lebih dikenal dengan Three Kingdom. Bersetting di zaman Dinasti Han (tahun 208), Perdana Menteri Cao Cao memimpin pasukan kerajaan demi mengalahkan panglima perang Liu Bei dan Sun Quan yang dinyatakan sebagai pemberontak.

Bagi pecinta sejarah dan strategi perang, film ini pastinya akan sangat memukau. Sutradara John Woo terbukti memborong total 8 perhargaan film nasional dan internasional dari Red Cliff 1 & 2.

button request jasa

2. You Are The Apple Of My Eye

Dirilis tahun 2011, film Taiwan yang berjudul “You Are The Apple Of My Eye” diangkat dari novel oleh penulis Giddens Ko. Pada film ini juga Giddens Ko memulai debutnya sebagai sutradara. Bersetting pada tahun 1994 di sekolah antara Shen Chia-yi yang adalah siswi teladan dan idola di sekolah dan Ko Ching-teng; siswa berandal dan pemalas di sekolah. Karena pernah rela dihukum demi menyelamatkan Chia-yi yang tidak membawa buku pelajaran, hubungan keduanya semakin dekat.

Bagi pecinta film romantis, kamu harus nonton film ini! Settingan film ini selalu dapat mengingatkan kita pada kenangan SMA, cinta pertama, sampai pengalaman dimarahi oleh guru. Dilengkapi oleh adegan-adegan lucu dan sedih, You are the Apple of My Eyes pastinya akan membuat anda tertawa dan menangis secara bersamaan. Buat kamu yang gampang terharu atau baper, jangan lupa siapin tisu ya!

3. Kungfu Hustle

Kungfu Hustle adalah film aksi komedi Hongkong yang dirilis pada tahun 2004. Film ini diproduksi, ditulis, dan juga diperankan oleh Stephen Chow sebagai pemeran utama. Bercerita tentang Sing, seorang preman kelas teri yang berambisi untuk menjadi bagian dari geng kapak yang terkenal. Setelah dikhianati oleh gengnya sendiri dan dihajar sampai hampir mati, bakat tersembunyi ahli kungfu dalam diri Sing malah muncul!

Plot twist dan aksi konyol dalam film ini pastinya bakal bikin kamu tertawa. Namun aksi laga juga di film Kungfu Hustle juga pastinya bikin kamu berdecak kagum. Stephen Chow yang dikenal sebagai aktor komedi legendaris sangat lihai dalam menyeimbangkan antara aksi laga kungfu yang keren dan kekonyolan yang membuat film ini sangat unik dan menghibur.

4. IP Man I, II, & III

Film IP man (1,2, & 3) terinspirasikan dari seorang “Living Legend” ahli bela diri kungfu bernama Yip Man Kai. Diperankan oleh aktor Donny Yen, IP man adalah seorang guru kungfu aliran Wing Chun di Cina. Dari melawan tentara jepang sampai petinju Amerika, semuanya bisa kamu saksikan di film ini.

Gaya berkelahi kungfu aliran Wing Chun yang berbeda dari kungfu pada umumnya malah membuatnya makin keren! Latar waktu dan filter kamera pada film ini juga seolah-olah mengajak kita untuk bernostalgia ke masa lalu.

Buat kamu yang hobi nonton aksi laga kungfu, film IP man I, II, & III merupakan film aksi kungfu terbaik yang pernah dibuat. Karisma aktor Donny Yen dalam memerankan IP man juga menjadi daya tarik film ini.

5. Our Times

Film ini menceritakan tentang seorang perempuan yang bernama Truly Lin, seorang murid baik-baik yang berteman dengan Hsu-Tai Yu, gangster yang paling disegani di sekolah. Berawal dengan sedikit paksaan untuk berteman, lambat laun Truly Lin pun melihat sisi lain Tai Yu yang benar-benar berbeda dari image ‘anak nakal’nya.

Seperti film romantis lain, akan ada adegan sedih dimana penonton dibuat terharu. Penasaran bagaimana kelanjutannya? Yuk, ditonton!

Menonton film memang bermanfaat dan berpengaruh untuk mempelajari Bahasa Mandarin secara mendasar seperti percakapan sehari-hari, akan tetapi jika anda benar-benar ingin menguasai Bahasa Mandarin secara mendalam dan menyeluruh, anda dapat mencari jasa guru les privat Bahasa Mandarin berpengalaman di www.beres.id 

button request jasa

Mau sekedar belajar percakapan mandarin secara lancar sampai kebutuhan kerja bisa kamu dapatkan. Kirimkan permintaan kerja dan bandingkan harga dari masing-masing tutor sesuai dengan budget dan kebutuhan anda.


Written by Ryandi Kaswira