90% Orang Terancam Virus Corona, Cuma 70% Lakukan Tindakan?

Inilah yang Beres temukan setelah melakukan survei soal cara orang-orang untuk hadapi Virus Corona yang sedang marak belakangan ini. Cuma 70% dari responden orang yang terindikasi terancam virus tersebut yang lakukan tindakan pencegahan. Jangan sampai nanti menyesal gegara tak cegah penularan virus Corona, yuk cegah sekarang dengan tips-tips jitu berikut;

  1. Anti virus terbaik = sistem imun + kebersihan lingkunganmu

Untuk hadapi Virus Corona, tak cukup hanya dengan hand sanitizer dan masker saja, tapi juga harus dengan sistem imun tubuh dan kebersihan sehari-hari (yang ini lebih penting lho)! Pastikan kamu mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, olahraga secara rutin, dan minum vitamin atau suplemen tambahan agar sistem imun tubuh lebih kebal. Tapi, perlu kamu ingat memakai barang-barang yang sama atau sharing penggunaan peralatan makan dan handuk dengan siapapun (termasuk keluarga) sangat tak disarankan karena bisa sebarkan bakteri, khususnya handuk untuk mandi yang bisa jadi sarang bakteri E.coli kalau jarang dicuci (Time, 2017).

2. Basmi kuman di rumahmu, bukan cuma di tanganmu!

Nah kamu pasti udah tahu kan kalau cuci tangan itu harus setidaknya 20 detik dan membasmi kuman harus dengan sanitizer berbahan dasar alkohol? Tapi tahukah kamu kalau kebersihan rumah juga penting untuk kurangi resiko terjangkit penyakit? Nah, sebanyak 70% dari responden survei kami percaya kalau sofa, matras, dan karpet mereka jauh lebih kotor dari toilet. Dan ya, mereka benar! Riset juga sudah membuktikan kalau sofa, matras, dan karpet 400 kali lebih kotor dari toilet lho! Hal ini karena kita lebih sering berbaring atau berada di sekitar sofa, matras, dan karpet dibandingkan toilet (octoclean, 2018). 

3. Jangan lupain mobilmu juga ya!

Mau tahu apa lagi yang lebih kotor dari toilet di rumahmu? Jawabannya mobilmu! Ya, sebagai alat transportasi yang umumnya hampir dipakai tiap hari, interior mobil lebih jarang dibersihkan dibandingkan toilet rumah (thenewswheel, 2014). Khususnya orang Indonesia yang sering pakai mobil, tapi jarang banget bersihin mobil.

Untuk itu, pastikan kamu selalu bersihin rumah dan mobilmu secara rutin ya. Perhatikan kebersihan sofa, matras, dan karpet karena ketiga barang ini umumnya mudah kotor. Meskipun tak kelihatan ada debu, bukan berarti tak ada kuman lho! Sebagai tips tambahan, jasa house cleaning dan jasa cuci mobil sangat direkomendasi. 

4. Waspada terhadap hoaks

Memang tak ada salahnya untuk ikuti berita paling terkini soal apapun, termasuk Virus Corona, tapi jangan sampai terjebak sama hoaks yang bertebaran di internet. Tetap verifikasi semua berita yang kamu baca, jangan sampai ikut sebarkan berita bohong ya!

 

Note: Survei – Responden: 599