9 Tips Jitu Mendekor Kamar Mandi Kecil & Sempit

Jika Anda gemar berlama-lama menghabiskan waktu di kamar mandi, Anda tidak sendiri. Selain sebagai tempat untuk rutinitas yang diperlukan tubuh serta ruang membersihkan diri, banyak dari kita yang suka melakukan kegiatan lain seperti membaca buku atau mendengarkan musik sambil berendam usai kesibukan padat seharian penuh. Karena itu, tidak heran kalau kamar mandi yang nyaman adalah impian bagi banyak orang.

Pertanyaannya, apakah kamar mandi yang cantik & nyaman tergantung pada luas dan ukuran? Salah! Berikut 9 inspirasi renovasi untuk membuat kamar mandi kecil tampak cantik & nyaman.

1. Sentuhan Sihir built-in Furnitur

Tips paling jitu untuk menghemat waktu, serta terbebas dari ribetnya masa bongkar-pasang. Built-in, furnitur yang pada dasarnya dibuat berdasarkan pesanan pribadi kepada vendor, biasanya memaksimalkan kapasitas ruangan. Tidak perlu lagi repot mengira-ngira ukuran furnitur agar pas dengan ukuran kamar mandi. Selain itu, dari segi estetika biasanya built-in furniture juga tampak lebih cantik karena mudah disenadakan dengan aspek lain dari ruangan, seperti warna atau keramik yang digunakan.

Image Credit: roomsketcher.com
Image Credit: roomsketcher.com

button request jasa

2. Gunakan Keramik Lantai Bercorak Sama

Dengan menggunakan keramik lantai yang bercorak dan berwarna sama pada seisi ruangan, kamar mandi berukuran kecil akan terlihat lebih plong dan luas. Sebaliknya, jika ruangan kamar mandi yang berukuran kecil memilki keramik yang berbeda-beda, antara area sekitar wastafel dan bak mandi misalnya, ruangan akan tampak lebih tersekat dan jauh lebih sempit.

Image Credit: comiccabal.com
Image Credit: comiccabal.com

3. Beralih Ke Pintu Geser

Salah satu kejadian dimana kita merasa kamar mandi sempit adalah ketika daun pintu sedang terbuka karena sebagian dari sisi ruangan, meskipun hanya sedikit, menjadi tertutupi atau terhalang. Pintu geser dapat menjadi solusi yang baik untuk hal ini. Selain membuat kamar mandi terlihat lebih plong, pintu geser juga merupakan cara instan untuk membuat kamar mandi terkesan lebih elegan.

Image Credit: xlian.me
Image Credit: xlian.me

4. Pilih Partisi Berbahan Kaca/ Transparan

Anda dapat mempertimbangkan beralih ke partisi berbahan dasar kaca untuk membuat kamar mandi terlihat lebih plong dan luas. Di samping itu, partisi berbahan dasar plastik transparan dapat menjadi alternatif yang baik. Ide besarnya adalah untuk membuat partisi tetap se-transparan mungkin agar ruangan tidak terkesan bersekat dan sempit.

Image Credit: room sketcher.com
Image Credit: room sketcher.com

5. Pilih Warna Cat Netral

Konsep cat bercorak pada dinding kamar mandi kecil akan beresiko membuat ruangan terkesan sangat tertutup dan sempit. Warna netral bisa menjadi pilihan yang baik untuk membuat kamar mandi berukuran sempit tampak lebih plong dan luas, serta memudahkan Anda untuk merasa nyaman ketika berada di dalamnya, tanpa ada distraksi dari corak disekeliling.

Image Credit: xlian.me
Image Credit: khosrowhassanzadeh

6. Perbanyak Unsur Kaca & Cermin Dalam Ruangan

Kaca memiliki kekuatan untuk menambah daya pandang ruangan menjadi berkali-kali lipat lebih luas. Dengan adanya cermin berukuran besar, ruangan akan terkesan lebih lebar dari sebagaimana mestinya. Dengan catatan, pastikan Anda selalu menjaga kebersihannya karena kaca termasuk bahan yang paling mudah ditempeli kotoran. Jangan biarkan tetesan shampo dan pasta gigi muncrat dan membekas di cermin kamar mandi Anda!

Image Credit: freshomes.com
Image Credit: freshomes.com

7. Buat Celah pada Dinding Kamar Mandi Untuk Sabun & Shampo ala Hotel

Selain membuat kamar mandi terkesan lebih elegan, celah tempat sabun atau shampo ini juga memudahkan Anda menjaga kerapian dalam kamar mandi.

Image Credit: roigold.com
Image Credit: roigold.com

8. Wastafel Bersisi Tumpul

Tanpa disadari, wadah wastafel yang bersisi kotak membuat ruangan yang memang pada dasarnya berukuran terbatas menjadi terkesan lebih sempit lagi. Dengan wastafel yang bersisi tumpul membentuk oval atau setengah lingkaran, ruangan akan lebih memiliki space. Selain itu dari segi keamanan, wastafel berisi tumpul ini juga lebih aman. Misalnya, tubrukan antara siku atau bagian tubuh Anda dengan wastafel.

Image Credit: Pinterest
Image Credit: Pinterest

Tergugah untuk segera mempercantik kamar mandi mungil Anda? Serahkan pada ahlinya hanya di Beres.id! Kunjungi website atau download aplikasi untuk terhubung dengan kontraktor renovasi untuk membangun kamar mandi mungil Anda. Dapatkan juga beragam penyedia jasa terkait kebutuhan rumah Anda.

button request jasa


Ditulis oleh: Aditya Gilank Pratama

Disunting oleh: Cindy Junovica