7 Tips Hemat Paling Ampuh Untuk Tekan Pengeluaran

Diskusi tentang cara tekan pengeluaran tidak pernah ada habisnya. Setiap orang punya strategi tersendiri yang mereka praktekan sehari-hari. Sebagai referensi tambahan, simak 7 tips hemat paling ampuh berikut untuk bantu kamu tekan pengeluaran setiap bulannya. Nomor berapa yang sudah masuk dalam daftar strategimu?

Image Credit: Readers Digest
Image Credit: Readers Digest

1. Tabung sekian persen dari penghasilan.

Butuh kedisiplinan yang kuat untuk pastikan strategi hemat satu ini berjalan dengan baik. Setiap bulannya, tantang dirimu untuk berkomitmen menyisihkan setidaknya 15 persen dari penghasilan untuk ditabung. Selain itu, kamu juga perlu mengenali beberapa jenis tabungan yang bisa dipilih sesuai denganmu. Di antaranya:

  • Tabungan Deposito. Tabungan yang tidak bisa diambil sembarangan dalam 1, 3, 6, atau 12 bulan tergantung paket yang kamu pilih.
  • Tabungan Rencana. Memiliki pengertian yang sama dengan deposito. Namun jenis tabungan ini umumnya disertai fasilitas asuransi dan diperuntukan untuk hal yang spesifik seperti dana pendidikan anak.
  • Tabungan Saham. Tabungan yang tujuan utamanya adalah laba hasil transaksi yang bisa kita nikmati. Jenis ini membutuhkan pemahaman yang baik tentang saham itu sendiri karena harus dimonitor dan ‘dimainkan’ secara rutin.
  • Tabungan Mata Uang Asing. Tabungan yang memerlukan ketelatenan kita dalam memonitor naik turunnya kurs mata uang dalam negeri.
Image Credit: Shop Keep
Image Credit: Shop Keep

2. Manfaatkan berbagai jenis Benefit Card.

Go Cashless! Selain berperan untuk memudahkan proses transaksi, benefit card juga umumnya merupakan sumber dari banyak promosi yang menguntungkan entah itu dalam bentuk sistem poin berhadiah, cashback, atau potongan harga bagi para pemilik kartu.

Image Credit: Megapolitan Kompas
Image Credit: Megapolitan Kompas

3. Transportasi umum > Kendaraan pribadi.

Terlebih lagi untuk kamu yang berbasis di kota-kota besar dengan aneka macam transportasi umum yang tersedia. Mengiringi langkah pemerintah memperbaiki akses-akses jalan dan sarana transportasi umum, kurangi pemakaian kendaraan pribadi kalau tidak terpaksa.

Image Credit: Business Today
Image Credit: Business Today

4. Jangan sepelekan uang receh.

Biasakan untuk simpan uang pecahan kecil hingga recehan dalam wadah yang pantas. Sewaktu-waktu pasti akan ada momen ketika kamu membutuhkan uang pecahan kecil ini untuk keperluan mendadak seperti membayar makanan pesan-antar, memberi tip tukang galon yang datang ke rumah, atau mungkin ongkos ojek online.

Image Credit: Next Advisor
Image Credit: Next Advisor

5. Cermat dalam hal cicilan.

Memanfaatkan program cicilan merupakan salah satu tips hemat paling ampuh yang dipilih banyak orang. Namun jika tidak cermat, hal ini malah akan menjadi bumerang untukmu. Utamakan transaksi sistem kredit dengan bunga cicilan sebesar 0%. Selain itu, strategi ini juga perlu diiringi dengan pengendalian diri yang baik berhubung proses pengajuan kredit semakin hari semakin mudah dan praktis.

Image Credit: NetDoctor
Image Credit: NetDoctor

6. Kurangi jajan di luar. Masak!

Salah satu pengeluaran terbesar juga ada di jatah jajan setiap bulannya. Mereka yang jarang masak cenderung memiliki tingkat pengeluaran yang lebih tinggi karena intensitas jajan di luar yang lebih sering. Padahal, sepatutnya alokasi pengeluaran untuk jajan bisa ditekan hanya untuk momen-momen tertentu setiap bulannya. Selain itu, membiasakan diri untuk mempersiapkan makan sendiri di rumah juga membuatmu lebih mudah mengatur pola makan baik dari segi jadwal dan pilihan makanan yang lebih sehat.

Image Credit: atastelectronicsinc
Image Credit: atastelectronicsinc

7. Rawat rumah dengan baik. Jangan tunggu ada yang rusak.

Strategi jitu yang tidak populer dan sering terlewatkan. Kalau diperhatikan, biaya yang perlu dialokasikan untuk perawatan rumah setiap bulannya tidak sedikit khususnya apabila ada bagian yang memang rusak dan butuh pembetulan. Karena itu, merawat rumah dengan baik adalah salah satu tips hemat paling ampuh yang bisa kamu coba ikuti.

Ketika mulai menemukan adanya potensi kebocoran pada atap rumah, segera bertindak dan lakukan inspeksi. Ketika alat elektronik seperti TV dan kulkas mulai mengalami gangguan, segera panggil tukang reparasi. Ketika saluran air mulai menunjukan indikasi-indikasi mampet, segera putar otak untuk cari solusi.

Jangan membiarkan masalah seputar rumah terlalu lama karena jika kerusakan semakin parah, biaya yang dikeluarkan pun akan membengkak. Jalah keluar yang paling efektif adalah dengan proaktif berkonsultasi dan menyerahkan segalanya ke penyedia jasa profesional terkait permasalahan seputar rumah. Tanpa perlu coba-coba sendiri yang dapat berujung semakin memburuknya keadaan, mereka idealnya dapat memberikan penyelesaian masalah yang paling tepat dan tahan lama.

Sebagai portal dari berbagai jenis penyedia jasa profesional dan terpercaya untuk urusan rumah, BERES tentunya menjadi hal esensial dalam menjalankan strategi yang satu ini. Dengan BERES, solusi dari permasalahan rumah menjadi lebih cepat didapat dengan hasil yang lebih maksimal!