7 Tips Ampuh Wujudkan Rumah Bebas Dari Serangan Hama

Siapa pun pasti menginginkan hunian nyaman yang bebas dari serangan hama, khususnya rayap sang perusak ulung pada rumah di zona tropis seperti Indonesia. Keberadaan hama bisa dikatakan sebagai salah satu mimpi buruk bagi setiap pemilik huniaan tempat tinggal. Bagaimana tidak, dalam beberapa kasus, kerugian yang diakibatkan bisa mencapai jutaan rupiah atau bahkan lebih.

Sudah tahu cara mendeteksi keberadaan mereka? Klik di sini. Jika Anda sudah terlanjur mengalaminya, tidak perlu khawatir! Inilah 7 cara ampuh yang dapat dilakukan untuk membuat rumah kesayangan Anda terbebas dari hama.

Image Credit: corvhomeresource.com
Image Credit: corvhomeresource.com

1. Semprotkan cairan ampuh berikut untuk atap berbahan kayu di rumah Anda.

Rayap, hama yang tergolong kategori paling bandel dan berbahaya, gemar bermukim dan berkoloni di atap kayu hunian rumah Anda. Berikut beberapa tips sederhana yang dapat Anda aplikasikan di rumah:

  • Aplikasikan tinner pada atap kayu. Aromanya yang menyengat idealnya mampu mengurungkan niat para rayap untuk datang.
  • Aplikasikan minyak tanah pada atap kayu sebagai alternatif dari tinner. Ini hanya dianjurkan jika serangan rayap belum terlalu parah. Jika sudah tergolong parah, baiknya Anda ganti dulu dengan kayu yang baru untuk kemudian Anda terapkan metode perawatan ini.
  • Aplikasikan kapur sirih pada atap kayu. Dinilai efektif karena sifat kapur di dalamnya yang panas mampu dengan mudah membasmi hama yang normalnya memiliki kulit yang lembut, tipis dan sensitif.
  • Aplikasikan air garam atau air bekas cucian beras sebagai alternatif paling sederhana dari contoh-contoh yang disebutkan di atas. Daya serangnya tidak sekuat alternatif lainnya namun jika Anda dapat menyemprotkannya tepat ke sasaran dimana koloni rayap berada, dua cairan alternatif ini masih dapat diperhitungkan.
  • Menggunakan insektisida dan busa racun. Tentunya tergolong paling efektif karena menggunakan bahan kimia yang memang dikhususkan untuk membasmi hama. Namun perlu diingat, cairan ini dapat berbahaya bila dihirup oleh manusia. Karenanya, Anda dianjurkan tidak berada di rumah untuk beberapa saat ketika cairan ini disemprotkan dan menjalankan fungsinya.
Image Credit: pestec.com.au
Image Credit: pestec.com.au

2.  Miliki tanaman yang memiliki bau atau wewangian menyengat.

Beberapa jenis hama, contohnya Kecoak atau Nyamuk, sangat tidak menyukai aroma atau wangi-wangian menyengat terutama yang bersumber dari tanaman atau bunga. Karena itu, tanaman sejenis Lavender, Basil, Geranium, Basil, Citronella, atau Serai Wangi dinilai ampuh membuat hunian Anda terhindar dari datangnya kecoak atau nyamuk.

3. Pasang perangkap hama terbang di dekat buah atau makanan segar di dalam rumah.

Pernah melihat sejenis serangga menyebalkan yang berterbangan mengelilingi buah-buahan segar di dapur atau meja makan rumah Anda? Jangan disepelekan! Mereka, beberapa menyebutnya Lalat Buah, membawa bakteri atau kotoran yang dapat membuat buah atau makanan Anda menjadi tidak segar lagi. Buat sebuah perangkap sederhana yakni dengan meteskan cuka secukupnya ke dalam sebuah toples yang kemudian Anda tutup dengan plastik wrap di atasnya. Lubangi dengan diameter kurang lebih seperti ujung pensil, lalu diamkan dan biarkan perangkap sederhana tersebut melakukan fungsinya dengan baik.

4. Jaga kebersihan rumah, khususnya lantai dan sudut-sudut rumah yang rawan berantakan.

Sudut atau area kotor adalah kegemaran hama sejenis Tikus atau Kecoak. Selalu pastikan kebersihan rumah, khususnya lantai dan sudut yang rawan berantakan, untuk mencegah datangnya mereka. Satu lagi penyebab yang sering kita abaikan adalah remah-remah makanan. Bukan hal sulit bagi Tikus, Kecoak atau Semut untuk mendeteksinya dan terpancing untuk mendatangi rumah.

Image Credit: greenmachinepest.com
Image Credit: greenmachinepest.com

5. Lakukan hal berikut untuk meminimalisasi keberadaan sarang laba-laba pada sudut-sudut rumah.

Tidak seperti hama lainnya, Laba-Laba rumahan mungkin tergolong pasif dan tidak berpotensi mengganggu penghuni. Namun tetap saja, bersarangnya mereka memberikan pekerjaan rumah yang cukup sulit bagi kita. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat sudut rumah Anda terbebas dari laba-laba yang bersarang.

  • Aroma yang paling dibenci oleh Laba-Laba adalah bawang putih, cuka, minyak peppermint, dan citrus (dari kulit lemon atau jeruk). Anda dapat membuat semprotan pengusir laba-laba sederhana yakni campuran air dengan salah satu dari hal-hal yang disebutkan sebelumnya untuk kemudian Anda semprotkan ke langit-langit serta sudut-sudut yang paling sering dihinggapi laba-laba.
  • Selain hal di atas, laba-laba juga umumnya tidak menyukai aroma yang dihasilkan dari kayu manis. Anda dapat menaburkan kayu manis yang telah ditumbuk halus ke sudut-sudut yang disarangi laba-laba. Langkah ini bekerja sama baiknya untuk pencegahan serta penanganan.
  • Jika situasi rumah sudah tergolong parah, Anda dapat juga melakukan pengasapan. Objek paling umum digunakan adalah batok kelapa yang dibakar. Gunakan asapnya untuk diarahkan ke sudut-sudut yang sudah parah disarangi laba-laba selama sekurang-kurangnya 30 menit. Setelah itu, lakukan pembersihan dan idealnya, laba-laba akan kapok untuk datang dan bersarang lagi di tempat yang sama.

6. Pastikan saluran air dalam rumah bersih dan berfungsi dengan baik.

Kasus umum dalam perkara ini adalah bocornya pipa saluran dalam rumah. Genangan air yang dihasilkan jelas mampu membuat ruangan atau sudut rumah menjadi lembab, lahan bermain paling menyenangkan bagi hama khususnya Tikus dan Kecoak.

7. Terapkan sistem “tidak ada sampah basah dalam rumah!”

Sangat tidak dianjurkan untuk mencampurkan sampah basah dan sampah kering pada tempat sampah di dalam rumah. Hama ulat sangat mudah untuk muncul dari sampah-sampah basah seperti sisa makanan, minuman, dan jenis sisaan lain yang mudah membusuk jika tertimbun terlalu lama.  Alangkah lebih baik jika Anda hanya meletakkan ini di tempat sampah di luar rumah. Khususkan tempat sampah di dalam rumah hanya untuk sampah kering dan tidak berbau.

Image Credit: greenguardpestrepeller.com
Image Credit: greenguardpestrepeller.com

Jika langkah di atas tidak memungkinkan bagi Anda baik karena waktu atau situasi yang terlalu parah, disitulah saatnya tenaga profesional yang turun tangan. Maksimalkan upaya Anda membasmi hama di rumah dengan bantuan penyedia jasa terpercaya yang terhubung dengan Beres.id. Klik di sini untuk perbandingan harga. 

button request jasa


Ditulis oleh: Aditya Gilank Pratama

Disunting oleh: Nia Octaviani