7 Rutinitas Malam Yang Perlu Anda Lakukan Untuk Tetap Produktif Setiap Hari

Kesuksesan berangkat dari rangkaian kebiasaan positif yang membuat seseorang tetap produktif menjalani hari dengan sesuatu yang berguna baik bagi dirinya dan orang lain. Mereka yang masuk dalam kategori ini umumnya memahami dengan baik pentingnya kesehatan jasmani serta rohani dan menjadikan keduanya sebagai aset yang harus dijaga untuk mencapai berbagai target hidup setiap harinya. Pola ideal seperti ini bisa dimulai dari rutinitas malam yang kita lakukan sebelum beranjak tidur. Siap untuk membahas beberapa diantaranya?

1. Lima, Enam, Tujuh (atau Lebih!) Lembar Buku Sebelum Tidur

Membiasakan diri membaca sama halnya dengan membiasakan diri berpikir. Baik itu buku pengembangan diri, literatur atau dongeng fantasi, kebiasaan baca buku sebelum tidur menjadi terapi yang baik untuk ‘kabur’ sejenak dari realita namun tetap dapat asupan informasi yang memperkaya diri.

Image Credit: Healthista
Image Credit: Healthista

2. (Facial) Night Routine? Kenapa Tidak?

Perawatan kulit khususnya kulit wajah mungkin masih menjadi pilihan bagi segelintir orang saja. Padahal, rutinitas ini punya peran yang tidak berhenti sampai di sekadar menjaga kulit tetap terawat. Kulit yang terawat cenderung membuat orang lebih percaya diri dan kepercayaan diri dapat membawa seseorang lebih yakin dalam menjalankan misi tertentu dalam aktifitasnya sehari-hari. Menggunakan overnight sheet mask atau masker instan dan membiarkannya memanjakan diri hingga kita terlelap? Adalah salah satu cara terbaik menutup malam sekaligus mengumpulkan tenaga untuk keesokan harinya! Setuju?

Image Credit: Shutterstock
Image Credit: Shutterstock

3. Bersandar Pada Kepala Kasur dan Merenung!

Ambil bantal, duduk bersandar di kepala tempat tidur, dan renungkan apa yang Anda lakukan seharian penuh. Satu agenda yang sayang bila terlewat satu malam pun. Beberapa yang perlu direnungkan antara lain apakah hari ini Anda telah menyelesaikan pekerjaan Anda dengan baik dan juga apa yang seharusnya Anda lakukan hari ini jika Anda memiliki manajemen waktu yang lebih baik.

Image credit: VideoBlocks
Image credit: VideoBlocks

4. Tulis dan Catat Mana yang Penting

Hal yang sepatutnya melengkapi sesi renungan. Tulis catatan penting tentang hasil renungan Anda. Jika dulu kita mampu berlama-lama mencurahkan isi hati di buku diary, notulensi renungan tentu bukan perkara sulit. Terlebih lagi, kita dihadapkan dengan lebih banyak lagi pilihan yang tidak hanya sebatas buku harian. Sebut saja, fitur notes di smartphone, blog, serta perangkat lunak dokumentasi lainnya. Jangan biarkan hasil renungan tersebut pergi begitu saja tanpa terdokumentasi apalagi jika mereka berbentuk perkembangan dari target hidup yang ingin Anda raih, teguran untuk diri sendiri usai evaluasi diri, serta gagasan atau ide proyek lainnya.

IMage Credit: Videezy
IMage Credit: Videezy

5. Catch Up Dengan Mereka yang Terkasih

Khususnya bagi Anda yang sudah berkeluarga. Malam sebelum tidur juga merupakan waktu yang tepat untuk catch up dengan cerita dari orang terkasih. Ajak mereka untuk duduk-duduk sejenak di kamar dan dengarkan cerita mereka, atau sebaliknya, bawa mereka ke narasi singkat akan apa yang terjadi dengan hidup Anda seharian. Kamar tidur dinilai paling tepat untuk melakukan rutinitas seperti ini karena tingkat keintimannya, memudahkan kita untuk memperoleh interaksi yang hangat dengan mereka yang terkasih.

Image Credit: nowandgen
Image Credit: nowandgen

6. Rumuskan Target-Target Esok Hari

Bukan hal buruk untuk menjadi orang yang spontan dan mengalir seperti air. Namun akan jauh lebih baik jika setiap harinya, kita memiliki tujuan jelas akan apa yang perlu dilakukan dan diraih. Kembali lagi, teknologi kini berbicara banyak akan hal ini. Akses smartphone Anda dan rutin populasikan fitur kalender atau note  di dalamnya dengan daftar hal yang perlu Anda lakukan setiap harinya. Bukan kah lebih seru untuk aktif mengemban misi ketimbang meraba-raba apa yang harus dilakukan setiap saat?

Image Credit: turbine hq
Image Credit: turbine hq

7. Tersulit: Lepas Handphone!

Meskipun beberapa poin di atas memang melibatkan smartphone atau gadget sehari-hari lainnya, kita tiba pada bagian paling penting dalam rangkaian tips ini. Menjauhkan diri dari layar berbagai jenis gadget apapun sangat penting dan mudah dilakukan jika Anda disiplin dan yakin kalau misi ini berbuah hasil yang baik. Informasi yang ada pada smartphone, khususnya di media sosial, terkadang terlampau banyak dan membuat Anda sulit menenangkan diri. Sibukkan diri Anda tanpa telepon, pesan singkat, atau chat online lainnya di malam hari. Fokus dengan hal yang lebih menyenangkan dan menenangkan (baca: redupkan lampu kamar, berbaring, dan putar playlist favorit Anda di aplikasi streaming smartphone Anda.)

Image Credit: tribunjualbeli
Image Credit: tribunjualbeli

Mulai langkah Anda dengan melakukan perawatan terbaik pada kasur Anda berhubung poin-poin di atas seluruhnya terjadi di dalam kamar tidur Anda. Selain soal kenyamanan, kasur yang kotor juga rawan terhadap berbagai jenis hama rumahan mengganggu seperti nyamuk dan kutu.

Jika Anda seperti kami, yang punya beribu alasan untuk menunda membersihkan kamar terutama bagian kasur, disitulah Anda sepertinya harus mulai melirik bantuan tenaga profesional untuk menjadi solusinya hanya di Beres.id!

Klik di sini untuk melihat sejumlah alternatif pemberi jasa pembersihan kasur lengkap dengan informasi harga untuk membantu Anda memilih.

button request jasa