7 Bahan Praktis DIY Untuk Membersihkan Wastafel Mampet

Pernah alami wastafel mampet di rumah? Rasanya pasti menjengkelkan apalagi ketika hal itu berdampak pada menumpuknya piring kotor atau terjadi saat sedang ada perayaan besar bersama sanak saudara. Perlu diketahui, wastafel mampet dapat dikatakan sulit dihindari karena umumnya hal itu terjadi akibat adanya penumpukan sisa-sisa makanan usai proses mencuci piring atau sekadar mencuci tangan. Namun begitu, bukan perkara sulit untuk mengatasinya jika hal itu terjadi. Inilah 7 cara praktis yang dapat dengan mudah Anda lakukan secara mandiri untuk antisipasi serta tangani wastafel mampet di rumah.

1. Air mendidih atau air panas

Perangkat masak serta alat makan biasanya menjadi kontributor terbesar banyaknya kadar minyak yang dibuang ke wastafel. Lambat laun, minyak dan sisa makanan lainnya akan mengendap dan mengakibatkan wastafel mampet. Jika sudah begini, coba siramkan air mendidih pada saluran air di wastafel dan lakukan secara beberapa kali. Air panas cenderung lebih mudah membuat lemak makanan, bekas minyak, hingga endapan sabun menjadi lebih cepat larut. Selain untuk penanganan, cara ini juga baik untuk langkah antisipasi. Baiknya, Anda melakukan ini secara rutin paling tidak satu minggu sekali.

Image Credit: WikiHow
Image Credit: WikiHow

2. Baking soda

Tuangkan baking soda secukupnya (kurang lebih ½ cangkir gelas) ke dalam saluran air pada wastafel, biarkan satu hingga dua menit lalu bilas dengan air panas agar kotoran yang mengendap rontok dan saluran dapat kembali berfungsi dengan baik. Baking soda yang digunakan dapat berbentuk bubuk atau cairan usai dicampur dengan air.

Image Credit: WikiHow
Image Credit: WikiHow

3. Tiris pembuangan

Penggunaan tiris pembuangan penting sebagai langkah antisipasi wastafel mampet atau setidaknya membuat hal itu tidak terjadi terlalu sering. Alat ini idealnya digunakan sebagai penghadang sisa-sisa makanan usai mencuci piring agar masuk ke dalam saluran pipa dan lama kelamaan mengendap hingga membuat mampet. Semakin kecil celah yang dimiliki di permukaan tiris pembuangan ini, semakin maksimal alat ini bekerja.

Image Credit: Penjaga Rumah
Image Credit: Penjaga Rumah

4. Cuka

Jika penyumbatan tergolong lebih parah, Anda dapat mengkombinasikan penggunaan baking soda atau soda api dengan cuka. Caranya kurang lebih sama namun kali ini lebih dianjurkan menggunakan baking soda yang berbentuk bubuk. Taburkan cukup baking soda ke bibir saluran pipa wastefel dan teteskan cukup cuka ke dalamnya. Sumbat bibir saluran wastafel dengan sesuatu agar memberikannya waktu untuk bersinergi dengan bubuk baking soda yang tadi ditaburkan. Setelah kurang lebih 5 menit, siram air panas atau hangat ke dalam saluran. Periksa apakah saluran sudah bekerja seperti sedia kala. Jika belum juga, coba lakukan langkah barusan beberapa kali dan pertimbangkan untuk menambah kuantitas bahan yang digunakan.

Image Credit: VibeHub.co
Image Credit: VibeHub.co

5. Lemon

Penggunaan lemon baik sebagai langkah antisipasi seringnya terjadi penyumbatan pada wastafel. Gosok-gosokkan potongan lemon untuk hilangkan endapan mineral serta jenis kotoran lain baik pada permukaan juga bibir saluran pembuangan wastafel. Hal ini dapat meminimalisasi jumlah kotoran yang harus disaring tiris pembuangan dan tentunya berdampak pada mengecilnya kesempatan kotoran masuk ke dalam pipa untuk kemudian mengendap. Selain untuk mencegah terjadinya mampet, potongan lemon juga berperan membuat permukaan wastafel terlihat lebih mengkilau dan bersih dari kotoran.

Image Credit: Wrap In Rust
Image Credit: Wrap In Rust

6. Garam

Baking soda sendiri biasanya sudah cukup membuat kotoran-kotoran yang menempel di pipa saluran pada wastafel rontok. Namun untuk memaksimalkan hasil, Anda juga dapat menambahkan beberapa jumput garam pada bubuk baking soda yang digunakan. Sifat keduanya sama-sama aktif membasmi noda serta kotoran membandel pada objek sehingga bila keduanya digabungkan, hasil yang diinginkan pun lebih mudah untuk tercapai.

Image Credit: Bren Did
Image Credit: Bren Did

7. Plunger

Jika cara di atas tidak membawa hasil yang maksimal, penggunaan plunger dapat menjadi alternatif yang baik untuk menutup atau mengiringi rangkaian upaya Anda melawan wastafel mampet. Caranya relatif mudah: isi separuh bagian dari permukaan wastafel dengan air (lebih baik lagi jika air panas), letakkan ujung plunger yang berbahan karet ke bibir saluran air pada wastafel. Tutup dan kemudian tarik kuat-kuat plunger tersebut dan lihat apakah wastefel masih mampet atau tidak. Jika masih juga, coba lakukan hal ini beberapa kali atau dengan mengkombinasikan 5 poin sebelumnya dengan cara ini.

Image Credit: Kaodim
Image Credit: Kaodim

Jika plunger pun dirasa masih belum memecahkan masalah wastafel mampet di rumah, masih ada alternatif solusi lain yang dapat Anda lakukan: serahkan pada tenaga profesional terpercaya! Beres.id terhubung dengan para penyedia jasa perbaikan pipa air di rumah. Dari perkara wastafel mampet, keran bocor, hingga air yang tidak mengalir lancar, para ahli yang terhubung dengan Beres.id tau solusinya. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut dan melakukan pemesanan.

 

button request jasa