6 Trik Ampuh Penggunaan AC Rumah Untuk Tekan Biaya Listrik Bulanan

Masyarakat Indonesia sedemikian mencintai keberadaan unit AC di rumah masing-masing. Wajar saja, mengingat cuaca panas di negeri ini datang hampir setiap saat bahkan ketika kita sedang berada di rumah sekali pun. Oleh sebab itu, di balik kebanyakan kasus membengkaknya tagihan listrik bulanan, ada AC yang kerap menjadi sumber permasalahan utama.

Pernah mengalaminya? Jangan khawatir, berikut 6 trik penggunaan AC secara bijak yang dapat Anda lakukan untuk menekan biaya tagihan bulanan. Selamat mencoba!

1. Pilih unit yang tepat sesuai kebutuhan.

Pastikan Anda memilih unit AC yang memang sesuai dengan kebutuhan. Setidaknya, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhitungkan:

  • Berapa ukuran ruangan yang akan Anda pasang unit AC nantinya?
  • Berapa ruangan yang akan dinginkan dengan satu unit AC tersebut?
  • Bagaimana situasi pencahayaan matahari yang masuk ke dalam ruangan tersebut?

Jika unit AC terlalu besar dari yang sebenarnya dibutuhkan, tentu berakibat rugi di biaya pembelian yang lebih mahal serta listrik yang digunakan. Sebaliknya, jika terlalu kecil pun akan membuat AC bekerja lebih keras dari sebagaimana mestinya dan kemungkinan mesin cepat terbakar pun menjadi lebih besar. Jadi, jangan salah beli! 

Image Credit: beres.id/blog
Image Credit: beres.id/blog

2. Pasang unit yang benar dan di tempat strategis.

Jika Anda tidak memiliki latar belakang atau pengalaman yang sesuai, ada baiknya jangan sekali-kali berinisiatif melakukan pemasangan unit AC sendiri. Selain beresiko terhadap turunnya daya kerja unit AC (yang berujung lebih mahalnya biaya yang keluar untuk perbaikan), keselamatan Anda sekeluarga pun juga jadi taruhannya. Serahkan proses pemasangan pada tenaga profesional yang idealnya juga mampu sekaligus merencanakan di mana baiknya unit AC di pasang agar dapat bekerja secara maksimal.

Image Credit: temperaturecare.com
Image Credit: temperaturecare.com

3. Pasang timer untuk Hidupkan/Matikan otomatis.

Terutama di malam hari saat Anda terlelap tidur. Atur agar AC mati dengan sendirinya di jam tertentu ketika Anda berpikir bahwa ruangan sudah cukup dingin sampai saat Anda bangun nanti. Jika tubuh Anda tergolong cepat bereaksi dan benar-benar tidak dapat bertahan tanpa AC, gunakan timer untuk menurunkan derajat unit AC secara otomatis. Semakin menekannya jumlah energi yang digunakan, semakin berkurang juga biaya yang dikeluarkan.

Image Credit: pinterest.com
Image Credit: pinterest.com

4. Gunakan kipas angin secara bersamaan. 20% lebih hemat!

Penggunaan AC bersamaan dengan kipas angin berarti penghematan daya energi yang digunakan hingga 20%. Kipas plafon atau kipas angin pada langit-langit ruangan tentunya dapat mempercepat pendinginan suhu ruangan. Semakin cepat dingin, semakin minim juga kinerja AC yang digunakan secara bersamaan. Dengan demikian, daya listrik yang dikeluarkan pun menjadi lebih sedikit.

Image Credit: techrepublic.com
Image Credit: techrepublic.com

5. Atur temperatur yang tepat. Jangan lebih rendah dari 24 derajat.

Pada dasarnya, peran AC yang paling ideal adalah menurukan suhu ruangan hingga titik terendah yang mampu dicapai kawasan tersebut. Karena itu, selalu pilih temperatur yang ‘masuk akal’. Indonesia umumnya tidak akan mencapai lebih rendah dari 24 derajat. Bayangkan jika Anda memilih temperatur 16 derajat, mesin AC akan memaksakan dirinya bekerja hingga membuat ruangan menjadi sedingin itu padahal normalnya, di Indonesia kecil kemungkinan untuk dapat mencapai titik serendah itu.

Image Credit: bijlibachao.com
Image Credit: bijlibachao.com

6. Pastikan unit AC terawat dengan baik dan rutin.

Kita masuk dalam bagian paling penting dari rangkaian trik penggunaan AC ini: perawatan! Selalu pastikan unit AC di rumah Anda selalu bekerja dalam kondisi prima. Jaga kebersihan unit AC terutama di bagian filter yang jika terlalu lama menumpuk debu, efisiensi kerjanya akan menurun dan berakibat melonjaknya energi yang digunakan atau bahkan berujung kerusakan. Keduanya tentu mengharuskan Anda untuk merogoh kocek lebih dalam baik untuk perbaikan atau membeli unit baru.

Image Credit: domainst.net
Image Credit: domainst.net

Anda dianjurkan untuk melakukan servis AC sekurang-kurangnya 3 bulan sekali dengan bantuan profesional dari tenaga ahli. Dari proses cuci yang optimal, cek dan ganti freon, serta pertanyaan-pertanyaan lainnya seputar kinerja AC, penyedia jasa ahli yang terhubung dengan Beres.id mampu menjadi solusinya!

Klik di sini untuk cari tahu perbandingan harga dan request jasa.

button request jasa


Ditulis oleh: Aditya Gilank Pratama

Disunting oleh: Nia Octaviani