6 Tempat Buka Puasa Di Jakarta Yang Harus Anda Coba

Di saat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan, momen buka puasa atau iftar mungkin menjadi salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu. Berburu kuliner saat berbuka pun menjadi kebiasaan yang tidak dapat dilewatkan.

Bagi anda yang dilanda oleh aktivitas padat dan kesibukan setiap harinya, anda mungkin tidak punya waktu untuk menyiapkan atau memasak menu buka puasa sendiri. Tenang, tidak perlu repot-repot! Banyak kok tempat-tempat untuk berburu menu buka puasa yang lezat di kawasan Jakarta dan sekitarnya. Apa saja? Yuk, cari tahu!

1. Pasar Bendungan Hilir, Jakarta Pusat

Bagi warga yang bertempat tinggal di Jakarta Pusat dan para pekerja di daerah Sudirman & Thamrin, kawasan Bendungan Hilir ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga.

Aneka Makanan - Batagor, Soto Madura, Bubur Sumsum, Nasi Padang
Source (kiri atas – kanan bawah): ngelancongweekend.com, makananlezat.com, masterresep.com, tokomesin.com

Pasar Ramadhan yang lebih dikenal dengan sebutan Benhil ini pun menjajakan berbagai makanan berbuka puasa, dari jajanan kecil seperti batagor, siomay, lemper, beragam gorengan, es buah, es blewah, es duren, bubur sumsum, kolak, aneka kue sampai makanan berat seperti soto Madura, pempek, nasi & sate padang, ikan bakar dan nasi kebuli.

2. Lapangan Blok S, Jakarta Selatan

Terkenal sebagai tempat makan untuk pekerja kantoran di daerahnya, kebanyakan makanan di sini dijual dengan harga terjangkau. Pasar Ramadhan ini pun ramai dikunjungi oleh orang-orang yang mencari menu buka puasa. Beberapa menu favorit yang dapat anda coba seperti bakso, sate padang, siomay, dan nasi goreng.

Aneka Makanan - Siomay, Bakso, Sate Padang, & Nasi Goreng
Source (kiri atas – kanan bawah): kaltim.tribunnews.com, resepncc.blogspot.com, ifood.tv, youtube.com

3. Kawasan Kramat Jaya, Jakarta Pusat

Apakah anda penggemar makanan minang? Jika iya, lokasi Kramat Jaya patut anda kunjungi. Pedagang-pedagang pun menjajakan masakan minang, mulai dari lauk pauk, sayur, hingga lemang tapai di sepanjang jalan.

Aneka Masakan Minang
Source: travel.kompas.com

Oh ya, bagi anda yang menyukai atau ingin mencicipi beragam kue khas Minang dan bubur kampiun (bubur kolak khas Minang), lokasi Kramat Jaya menyediakan semuanya.

4. Jalan Panjang, Jakarta Barat

Berlokasi di daerah Kebon Jeruk, Jalan Panjang ini pun menjadi salah destinasi yang ramai dikunjungi untuk berbuka puasa. Di kawasan ini, anda dapat menemukan makanan khas Jakarta seperti kerak telor serta berbagai makanan buka puasa seperti kolak pisang, kue lupis, dan berbagai jenis gorengan.

Makanan Khas Betawi - Kerak Telor
Source: dream.co.id

5. Jalan Soka, Jakarta Utara

Meskipun tidak sebesar pasar Ramadhan lainnya, kawasan ini tak kalah terkenal dengan menu buka puasanya. Dikelola oleh karang taruna setempat, pasar ini pun terkesan lebih rapi dan terorganisir. Beragam lauk dan jajanan Ramadhan, seafood, ayam bakar, dan masih banyak menu buka puasa lainnya dapat anda santap disini.

Ayam Bakar Khas Indonesia
Source: bandung.panduanwisata.id

6. Rawamangun, Jakarta Timur

Di sekitar daerah ini, para pedagang pun mulai berjajar dari Jalan Pegambiran, Jalan Perserikatan, hingga Jalan Paus. Di sini, anda bisa mendapatkan berbagai jenis menu buka puasa dari jajanan ringan, makanan berat, hingga makanan Jepang.

Suasana Pasar Ramadhan
Source: travelkompas.com

Bagi anda yang tidak terbiasa untuk makan di luar dan menginginkan buka puasa di rumah dengan keluarga atau teman dekat, pesan jasa katering Beres aja! Tidak perlu repot-repot memasak dan mengotori dapur, anda pun dapat langsung berbuka dan menyantap makanan lezat dengan orang-orang tercinta.

booking

 

By Cindy Junovica