6 Persiapan Penting Sebelum Gelar Open House Di Rumah Saat Lebaran

Lebaran belum lengkap rasanya tanpa acara kumpul keluarga dan kerabat terkasih. Jika tahun ini giliran rumah Anda yang mendapat giliran untuk mengadakan open house, sudah sewajarnya Anda mulai merencanakan persiapan dari sekarang. Simak 6 tips berikut untuk open house yang berjalan lancar dan berkesan.

1. Memastikan kesiapan taman atau halaman rumah sebagai area open house.

Berniat untuk menyelenggarakannya outdoor, taman atau halaman rumah Anda tentu menjadi alternatif paling baik dan sederhana. Sebelumnya, pastikan taman atau halaman rumah Anda sudah dipangkas dan ditata rapi. Selain atas alasan estetika, area outdoor perlu dirapikan karena memang rawan hal-hal yang tidak diinginkan seperti pecahan kaca piring atau duri-duri tanaman yang tidak terawat. Anda juga mungkin dapat mempertimbangkan untuk menyewa tenda berhubung cuaca yang sangat tidak dapat ditebak akhir-akhir ini.

Image Credit: mobomarket
Image Credit: mobomarket

Tips: tentukan satu sudut paling cantik pada taman atau halaman rumah yang dijadikan area open house. Biarkan satu sudut tersebut menjadi lokasi utama foto bersama. Pastikan sudut tersebut memiliki pencahayaan natural yang baik, memiliki background tanaman yang cantik serta cukup luas untuk menampung cukup banyak orang untuk berfoto bersama.

button request jasa

2. Berikan sentuhan baru dan segar pada cat dinding rumah atau wallpaper.

Menyelenggarakan open house  di dalam rumah pun tentunya tetap bisa tidak kalah meriah. Kebanyakan keluarga dan kerabat yang nantinya diundang sebelumnya tentu pernah berkunjung ke rumah. Dengan melihat ada perbedaan pada cat dinding atau wallpaper pada rumah Anda akan membuat mereka merasa lebih spesial karena hal itu bisa menjadi salah satu tolak ukur antusiasme Anda menyelenggarakan open house  di rumah.

Image Credit: decodeko
Image Credit: decodeko

Tips: sama seperti catatan di poin sebelum ini, Anda dapat tentukan satu sudut terbaik untuk dijadikan area foto bersama. Usai menentukan, hias satu sudut ini entah dengan wallpaper dinding baru, furnitur fotogenik beserta dekorasi cantik lainnya, atau cukup sebuah sudut dengan sistem pencahayaan yang paling baik.

button request jasa

3. Menentukan menu hidangan sebaik mungkin dari jauh-jauh hari.

Inilah bagian terpenting dalam serangkai pembahasan seputar persiapan open house. Bukan open house kalau tidak ada berpiring-piring sajian hidangan yang menggugah selera. Mempersiapkannya hanya dalam satu dua hari sebelum acara akan menyulitkan Anda memperhitungkan bahan yang dibutuhkan juga jumlah porsi yang harus dimasak. Lain hal untuk bagian persiapan satu ini Anda menyerahkannya ke jasa catering terpercaya.

Image Credit: Shopnback
Image Credit: Shopnback

Tips: Sehandal apapun Anda untuk urusan dapur, mengandalkan jasa catering tetaplah alternatif yang baik karena Anda dapat mengalokasikan tenaga untuk persiapan yang lain.

button request jasa

4. Cek sistem perairan rumah dan pastikan tidak macet air saat perayaan.

Air tentu jadi bagian penting pada momen seperti open house. Bukan sebuah perayaan yang diinginkan jika di tengah acara, baik Anda atau tamu tiba-tiba kesulitan untuk menggunakan saat ke toilet, mencuci piring atau sekadar mencuci tangan.

Image Credit: Beres.id
Image Credit: Beres.id

Tips: Serahkan urusan pengecekan sistem plumbing khususnya di tempat cuci piring dan toilet pada tukang pipa handa dan profesional. Dengan begitu mudah untuk memastikan rumah Anda cukup pasokan air bersih serta tidak memiliki saluran air yang terhambat atau rusak demi kelancaran perayaan.

button request jasa

5. Pastikan rumah dalam keadaan bersih khususnya sofa sebagai medium utama interaksi.

Terutama bagian-bagian yang akan sering ditempati oleh tamu, antara lain: halaman rumah, ruang tamu, kamar mandi, serta kamar tamu bagi tamu yang akan bermalam di rumah Anda. Perabot rumah tangga juga perlu dibersihkan, khususnya sofa. Bagaimana pun jenis rumah hunian Anda, sofa tentu jadi medium utama interaksi berlangsung saat acara. Sofa yang nyaman membuat tamu merasa lebih dijamu dan betah berada di rumah Anda.

Sofa-cleaning-zimmber

Tips: masih seputar sofa, mengganti sarung sofa kain rumah Anda dengan warna yang lebih gelap mungkin bisa menjadi pilihan yang baik. Open house rawan akan transfer noda dari makanan ke elemen sekitar termasuk sofa.

button request jasa

6. Susun strategi bersih-bersih usai acara.

Setelah acara beres, rumah pasti berantakan dan butuh ekstra tenaga untuk dirapihkan. Antisipasi hal-hal seperti ini antara lain dengan:

  • Meletakkan tempat sampat di beberapa sudut ruangan atau area open house.
  • Menentukan satu area khusus untuk tamu meletakkan piring kotor mereka berserta alat makan lainnya.
  • Gunakan piring atau gelas plastik sebagai wadah bagi tamu untuk mengambil hidangan.
Image Credit: Beres.id
Image Credit: Beres.id

Tips: sewa tenaga tambahan untuk proses pembersihan rumah menyeluruh setelah acara. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot dan bisa lanjut menikmati sisa hari liburan panjang saat Lebaran.

button request jasa