6 Fakta Unik Tentang Rayap Yang Bakal Bikin Syok

rayap atau termite
Source: allcitypestmanagement.com.au

1. Rayap tidak pernah tidur

Iya, anda tidak salah dengar. Rayap tidak pernah beristirahat sepanjang hidupnya. Rayap golongan pekerja rata-rata memiliki jangka hidup 2 tahun dan bekerja tanpa henti, atau dengan kata lain, menggerogoti kayu di rumah anda!

button request jasa

2. Total berat badan rayap melebihi total berat badan manusia di bumi

Walaupun rayap berukuran sangat kecil, akan tetapi ternyata total berat badan rayap di bumi ini ternyata jauh lebih banyak dibandingkan dengan total berat badan manusia yang mencapai 7.5 milyar (2016).

3. Ratu rayap bertelur setiap 15 detik sekali & tidak pernah berhenti sepanjang hidupnya

Golongan rayap memiliki hierarki; dimulai dari golongan ratu & raja, golongan tentara, dan golongan pekerja. Nah, ratu rayap merupakan hierarki teratas yang menetaskan telur dan mereproduksi koloni rayap-rayap ini.

4. Dari segi ekologi, rayap merupakan dekomposer penting

Rayap dapat menguraikan serat tanaman, mendaur ulang pohon yang mati dan busuk menjadi tanah yang baru. Serangga yang sering disebut parasit ini berperan penting untuk menjaga kesuburan hutan kita.

rayap-merupakan-dekomposer-penting-untuk-kesuburan-hutan
Source: img.bizhi.sogou.com

5. Rayap dikenal sebagai ‘silent destroyer’

Rayap disebut sebagai ‘silent destroyer’ bukan tanpa alasan. Sebab, rayap-rayap ini menggerogoti dan menghancurkan perabotan/ furniture dan barang di rumah kita (yang terbuat dari kayu) secara diam-diam. Dari permukaan, perabotan anda terlihat masih bagus, akan tetapi saat anda melakukan pemeriksaan, rayap-rayap ini telah menggerogoti bagian dalam yang tidak kasat mata.

rayap-menggerogoti-perabotan-kayu-secara-diam-diam
Source: homespike.org

6. Rayap menyebabkan kerugian properti hingga $5 milyar setiap tahun

Nah, ini merupakan bagian paling menjengkelkan untuk semua pemilik rumah di bumi ini. Seringkali, rayap menggerogoti properti, perabot, dan barang-barang lain di rumah dan anda pun sudah terlambat saat menyadarinya. Nasi telah menjadi bubur, dan properti tersebut pun tidak dapat digunakan lagi.

Untuk cara membasmi rayap, biasanya kebanyakan orang menggunakan bahan kimia/ pestisida yang dijual di pasaran, atau jika ingin lebih aman, anda dapat mencoba menggunakan bahan alami seperti kopi & tembakau. Klik disini untuk informasi lebih lanjut.

jasa anti rayap untuk rumah anda

Akan tetapi, jika kondisi rayap di rumah anda sudah parah, sebaiknya anda menyerahkan permasalahannya kepada ahli anti-rayap. Sewa jasa pembasmi hama melalui Beres.id dan biarkan mereka menuntaskan masalah rayap di rumah anda hingga ke akarnya. Anda juga dapat meminta saran atau tips dari ahli pembasmi hama kami seputar informasi tentang rayap yang ingin anda ketahui. Kirim permintaan kerja melalui situs atau aplikasi Beres.id

button request jasa


Written by Cindy Junovica