6 Cara Cerdas Memisahkan Ruangan Tanpa Dinding

Zaman sekarang, rumah bergaya kontemporer cenderung dipilih untuk memaksimalkan penggunaan ruangan. Bagi anda yang bertempat tinggal di apartemen ataupun rumah teras, anda pastinya memerlukan ruangan lebih besar dengan partisi lebih sedikit, atau partisi fleksibel yang dapat dipindah-tempatkan sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah beberapa partisi fleksibel yang bisa anda terapkan di rumah.

1. Layar Lipat

partisi ruangan dalam rumah dengan layar lipat
Source: pinterest.com

Layar lipat ini sangat mudah diatur dan biasanya terbuat dari material atau bahan yang ringan. Anda bisa menemukan layar lipat di pasaran dengan bahan yang beragam, mulai dari yang terbuat dari bambu, rotan, kain, dan lain-lain.

2. Rak Buku

partisi ruangan dalam rumah dengan menggunakan rak buku
Source: ux.lauragravelle.com

Rak buku adalah cara jitu untuk menciptakan ‘pembatas’ antara satu ruangan dengan ruangan lain tanpa betul-betul memisahkan ruangan itu sendiri. Selain itu, rak buku juga dapat berfungsi sebagai dinding semi yang memungkinkan anda untuk berkreasi dengan menggunakan buku dan barang dekoratif lainnya.

3. Tirai

partisi ruangan dalam rumah dengan menggunakan tirai
Source: pinterest.com

Tirai juga memberikan privasi penuh bagi penghuni tanpa perlu membuat partisi permanen. Pilih warna tirai yang terang dan sedikit transparan agar cahaya luar dapat menembus masuk ke rumah anda. Dari segi harga, menggunakan partisi tirai jauh lebih hemat dibandingkan rak atau pembuatan dinding permanen.

4. Pintu Geser Ala Jepang

partisi ruangan dalam rumah dengan menggunakan pintu geser ala Jepang
Source: pinterest.com

Orang Jepang adalah salah satu pencipta konsep ruangan yang fleksibel. Mereka menciptakan pintu geser yang bisa dibuka-tutup dan sangat praktis. Proses perawatan penyekat ruangan model geser ini pun tergolong mudah. Selain sebagai partisi, pintu geser bergaya Jepang ini memungkinkan cahaya menembus masuk ke dalam ruangan, sehingga memberikan kesan lebih hangat.

5. Tanaman Hijau

partisi ruangan dalam rumah dengan menggunakan tanaman hijau
Source: www.interdesain.com

Anda bisa memanfaatkan tanaman sebagai partisi dalam rumah dengan beberapa langkah mudah. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan bentuk partisinya. Anda bisa menggunakan rak, dengan cara menambahkan ambalan kayu untuk dudukan pot tanaman. Anda dapat mengeksplor bentuk partisi dengan memanfaatkan rak atau perabotan lain yang sudah ada dirumah.

Setelah bentuk partisinya jadi, langkah selanjutnya adalah menentukan jenis tanaman. Anda dapat memisahkan tanaman yang ingin digunakan berdasarkan bentuk daun, besar penampang, warna tanaman dan detail lainnya, sehingga apabila digabungkan akan menjadi desain tanaman yang menarik.

6. Pita, Tali, & Manik-Manik

partisi ruangan dalam rumah dengan menggunakan pita, tali, atau manik-manik gantung
Source: brit.co

Nuansa 1960-an mungkin cocok bagi anda yang ingin membuat suasana rumah berbeda dengan menggunakan beberapa pita, tali ataupun manik-manik yang memberikan kesan hippie.


Kini, anda sudah dapat mulai merencanakan jenis partisi apa yang diinginkan dan di ruangan mana akan diterapkan. Jika anda memerlukan bantuan, kirim request untuk membooking jasa pertukangan/ renovasi rumah Beres. Dapatkan tukang yang terpercaya, handal, dengan berpengalaman dengan harga terbaik.


Ditulis oleh: Putri Wahyuni

Disunting oleh: Cindy Junovica