6 Cara Ampuh Mencegah WC Mampet Saat Musim Hujan

Siapa yang setuju kalau WC mampet adalah salah satu mimpi buruk bagi setiap penghuni rumah? Apalagi di Indonesia dengan intensitas hujan yang dimiliki setiap musimnya tiba, kemungkinan WC mampet menjadi lebih besar. Sebelum hal merepotkan ini terjadi, simak 6 hal berikut untuk tahu cara ampuh mencegah WC mampet khususnya saat musim hujan datang.

1. Jangan malas untuk siram banyak air usai penggunaan.

Entah dilengkapi atau tidaknya unit WC di rumah dengan mesin flush otomatis, pastikan Anda menyiram cukup banyak air tiap usai penggunaan. Terkadang saat WC sedang dalam kondisi prima, kotoran akan dengan mudahnya masuk dan hilang dari permukaan lubang WC. Namun bukan berarti hal itu cukup untuk mencegah WC mampet. Anda perlu tetap menyiram cukup banyak air untuk memastikan kalau kotoran tidak sebatas hilang dari pandangan tapi juga terdorong dengan baik melalui saluran air hingga ke destinasi akhir pembuangan.

Image Credit: Bio Home
Image Credit: Bio Home

button request jasa

2. Gunakan ‘ramuan ajaib’ berikut untuk bantu efektifitas saat pembersihan rutin.

Anda sangat dianjurkan untuk melakukan pembersihan rutin secara mandiri sesering mungkin. Kabar baiknya, ternyata ada beberapa ‘ramuan ajaib’ yang dapat secara mudah Anda peroleh dan buat di rumah untuk membantu melancarkan proses pembersihan mencegah WC mampet. Ramuan ini di antaranya:

  • Soda api atau soda kue. Keduanya berfungsi untuk membuat kotoran-kotoran organik yang sempat mengerak dan keras menjadi lebih lunak dan lebih mudah larut dan terbuang.
  • Produk berbahan enzim. Sama halnya dengan soda api dan soda kue, ini sangat ampuh untuk mengatasi kotoran organik yang mengerak. Selain itu, produk berbahan enzim juga ramah terhadap pipa.
  • Sabun pencuci piring. Tuangkan sabun secukupnya lalu diamkan selama kurang lebih satu jam hingga ia bereaksi. Lalu bilas dengan air secaranya menyeluruh. Sebagai alternatif, Anda juga dapat menggunakan sampo atau potongan sabun batangan.
  • Produk pemutih pakaian. Sama seperti penggunaan sabu pencuci piring, Anda hanya perlu menaburkan atau menuangkan secukupnya. Diamkan, lalu bilas dengan air.
  • Cairan khusus pembersih saluran. Namun perlu diingat untuk tidak terlalu sering menggunakan cairan ini karena kandungan kimia di dalamnya bersifat korosif yang bisa merusak saluran pipa Anda.

3. Sediakan alat penyedot WC untuk digunakan saat dibutuhkan.

Pilih yang terbukti memiliki daya hisap yang kuat. Sinyal kuat Anda membutuhkan alat ini adalah saat air yang Anda siram ke WC usai penggunaan membutuhkan waktu lebih lama untuk hilang dari permukaan. Kalau sudah begini, jangan malah menambah jumlah siraman karena akan berujung meluapnya air.

Plumber with a toilet plunger
Plumber with a toilet plunger

4. Hindari membuang benda yang berpotensi mengakibatkan mampet.

Pembalut, puntung rokok, tissue, ada banyak benda yang biasa kita anggap remeh dan asal buang ke saluran WC. Jika kebiasaan ini dibiarkan, resiko WC mampet akan otomatis lebih besar. Temukan daftar benda-benda lain yang perlu Anda jauhkan dari saluran air di sini.

5. Jangan tunggu sampai mampet, disiplin lakukan sedot WC secara rutin.

Kesalahan paling ‘populer’ bagi para penghuni rumah adalah menganggap kalau sedot WC hanya dibutuhkan saat WC sudah mampet. Padahal idealnya, Anda menentukan sendiri jadwal rutin melakukan sedot WC. Berhubung perannya di rumah sedemikian penting, tidak ada salahnya untuk mengalokasikan sejumlah uang untuk perawatan rutin mencegah WC mampet, bukan?

Image Credit: thebestflushingtoilet
Image Credit: thebestflushingtoilet

6. Inspeksi kelayakan saluran air di rumah.

Sama halnya dengan jasa sedot WC, wajar dan sangat direkomendasikan bagi Anda untuk melakukan inspeksi kelayakan saluran air di rumah secara rutin. Entah mandiri atau dengan jasa profesional terpercaya, inspeksi ini mengizinkan Anda untuk mendeteksi lebih dini jika ada potensi gangguan kerusakan termasuk wc mampet.

button request jasa