5 Tips Budget Minimal Untuk Ruang Tamu Maksimal

Ruang tamu adalah satu ruangan yang mewakili citra hunian pada umumnya karena disinilah orang lain yang datang berkunjung dapat menilai tingkat kenyamanan tempat tinggal kita tanpa perlu menjelajah seisi rumah. Namun hal ini bukan berarti kita perlu mempersiapkan dana yang besar untuk sebuah ruang tamu yang baik. Nyatanya, masih banyak bagian lain dari rumah yang perlu alokasi dana lebih besar seperti kamar tidur dan kamar mandi: dua hal yang perlu diperhatikan tingkat kenyamanannnya. Yup, menyusun budget minimal untuk ruang tamu maksimal bukan lah hal yang mustahil. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan!

Image Credit: Pars Diplomatic
Image Credit: Pars Diplomatic

1. Gunakan wallpaper dinding bercorak

Perlu diakui, warna cat cerah adalah kunci membuat ruangan menjadi terkesan lebih lega dan nyaman. Namun, Anda perlu berpikir dua kali untuk mengaplikasikannya ke ruang tamu di rumah. Karena tamu yang berdatangan pada umumnya membawa debu atau kotoran dari luar rumah, ruang tamu yang dicat cerah atau putih pun akan lebih cepat kotor dan kusam.

Pilih penggunaan wallpaper dinding sebagai gantinya. Wallpaper dinding dinilai sebagai alternatif yang tepat karena nampak lebih cantik dan mudah mengaburkan noda debu atau kotoran yang terbawa dari luar. Secara otomatis, Anda pun terhindar dari biaya mahal pembersihan dinding kotor atau (lebih parah lagi) pengecatan ulang.

Image Credit: Houzz
Image Credit: Houzz

2. Pilih sofa yang sesuai.

Sesuaikan dengan karakter iklim di rumah hunian Anda. Sering hujan kah? Lembab kah? Gersang kah? Dari situlah Anda dapat menentukan jenis sofa sesuai untuk ruang tamu Anda, entah itu yang berbahan kain atau kulit. Jika salah pilih, biaya yang dikeluarkan untuk biaya pembersihan atau reparasi menjadi lebih tinggi. Pertimbangan lain memilih jenis sofa yang tepat untuk di rumah, akses di sini.

Image Credit: Architectural Digest
Image Credit: Architectural Digest

3. Dekorasi dengan lukisan atau foto.

Lampu mahal dan furnitur produksi toko perabot ternama asal Swedia bukan satu-satunya kunci ruang tamu yang elegan. Akali dengan pemasangan berbagai pilihan hiasan dinding seperti lukisan. Untuk lebih menekan bugdet, Anda dapat gunakan berbagai foto keluarga baik yang asli atau pun yang sudah melalui proses edit digital. Penggunaan foto pemilik rumah sebagai dekorasi juga dapat membuat ruang tamu menjadi terkesan lebih hangat.

Image Credit: Sun Ray Beach Resort
Image Credit: Sun Ray Beach Resort

4. Pilih ruangan dengan pencahayaan alami yang cukup.

Pencahayaan yang baik membuat furnitur lebih awet karena terhindari dari pelapukan dini atau pun bau apek akibat terlalu lembab. Karena kalau dua skenario buruk seperti yang disebutkan sebelumnya terjadi, biaya yang dikeluarkan untuk mengatasinya akan lebih besar. Karena itu pastikan ruang tamu memiliki pencahayaan alami yang baik. Entah itu dalam bentuk jendela atau sekadar kaca transparan yang dapat mengizinkan sinar matahari masuk. Selain itu, hal ini juga dapat dijadikan upaya menghemat listrik karena adanya pencahayaan alami saat menerima tamu di siang hari.

Image Credit: Kitzbuheler Alpen
Image Credit: Kitzbuheler Alpen

5. Hindari penggunaan karpet.

Penggunaan karpet memang dapat membuat ruangan menjadi terkesan lebih nyaman. Namun di sisi lain, karpet juga membuat ruangan lebih cepat kotor karena kemampuannya menjadi perangkap berbagai jenis debu dan kotoran yang dibawa tamu dari luar. Membersihkan karpet yang kotor juga bukan perkara mudah dan murah. Karena itu, beralih lah ke keramik biasa yang mudah dibersihkan kapan saja Anda butuh.