5 Solusi Ampuh Untuk Rumah Berdebu

Bagi Anda yang menetap di daerah tropis yang memiliki cuaca panas dan lembab seperti Indonesia, debu merupakan salah satu sumber udara kotor terbesar yang terdapat dimana-mana; di rumah, kantor, jalanan, tempat umum, bahkan di dalam mobil Anda.

20140403_154638_jalan-daan-mogot-berdebu
Source: tribunnews.com

Walaupun Anda tidak dapat menghentikan atau mencegah debu masuk ke dalam rumah, Anda dapat meminimalkan debu bertumpuk yang memicu timbulnya alergi dan asma. Berikut tips-tips pembersihan yang mesti Anda coba:

1. Menggunakan vacuum cleaner / penyedot debu secara teratur

Menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan lantai dan karpet lebih efektif daripada sekedar membersihkannya dengan sapu. Gunakan vacuum dengan filter HEPA (high-efficiency particulate air) yang mampu menyedot debu secara maksimal.

word-image41
Source: Huffingtonpost.com

2. Jangan lupa mengepel lantai

Anda tidak dapat menghilangkan debu secara tuntas hanya dengan menggunakan vacuum. Selain vacuum, Anda disarankan untuk mengepel lantai secara rutin – pelajari perbedaan antara kain pel basah dan kering.

Kain pel basah dapat membersihkan ubin atau lantai berbahan keramik secara menyeluruh, namun untuk lantai dengan permukaan kayu, disarankan untuk menggunakan kain pel kering dibandingkan kain pel basah.

Jika Anda menggunakan kain pel basah untuk ubin atau lantai berbahan keramik/ batu marmer, pastikan Anda menguras kain hingga lumayan kering. Kain pel yang terlalu basah akan meninggalkan jejak dan tetesan air yang dapat mendatangkan debu kembali.

dust+and+clean+all+hard+wood+floors
Source: homezada.com

3. Gunakan Kain Microfiber

Untuk kain pengelap meja, perabot, dan lantai, Anda disarankan untuk menggunakan kain microfiber untuk menjerat debu yang menempel secara menyeluruh. Kain microfiber dengan bahan yang halus dan lembut cocok digunakan sebagai kain pel basah dan kering untuk rumah Anda.

Source: yeskey.com
Source: yeskey.com

4. Cuci Seprei Anda secara rutin

Anda sering bersin-bersin dan hidung Anda terasa gatal? Kemungkinan besar debu di seprei dan selimut Anda penyebabnya! Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mencuci seprei dan sarung bantal Anda sekali seminggu jika rumah Anda sering berdebu dan mengirim selimut Anda ke jasa laundry / binatu sebulan sekali.

Sourc: big3sprei.com
Source: big3sprei.com

5. Pukul-pukul sofa dan permadani

Bersihkan sofa dan permadani Anda setidaknya sebulan sekali – bawa keluar, gunakan tongkat sapu untuk memukulnya, dan lihat bagaimana debu-debu tersembunyi tersebut keluar dan beterbangan di udara. Teruskan sampai Anda tidak melihat adanya partikel debu yang beterbangan lagi.

Terkadang, membersihkan seluruh bagian dan isi rumah seorang diri dapat terasa melelahkan. Jika Anda membutuhkan jasa pembersihan rumah atau bantuan asisten rumah tangga, Anda dapat menyewa jasa pembersih/ cleaning service profesional melalui Beres sekarang juga! https://www.beres.id/

 

By Cindy Junovica