5 Pintu Rumah Paling Laris Sesuai Dengan Tipe Rumah

Selain berfungsi sebagai salah satu aspek keamanan, pintu rumah juga dapat berfungsi untuk memperindah tampilan rumah. Dewasa ini, banyak sekali jenis dan model pintu yang tersedia di pasaran. Berbagai bahan dasar dalam pembuatan pintu pun bisa anda jumpai, mulai dari yang berbahan dasar teralis, besi, hingga pintu berbahan dasar kayu yang menjadi favorit kebanyakan pengguna rumah.

Berikut adalah beberapa jenis dan model pintu rumah beserta kelebihan & kekurangannya.

Pintu Mengayun/ Swinging Door

pintu rumah tipe mengayun atau swinging door
Source: es.pinterest.com

Pintu ayun atau biasa disebut sebagai pintu kupu – kupu merupakan salah satu jenis pintu yang dibuka dan ditutup menggunakan cara didorong. Pintu ayun ini bisa digunakan di hampir semua jenis rumah. Dari segi perawatan, jenis pintu ayun ini terbilang cukup mudah, namun anda pun mesti memiliki ruangan cukup luas agar bisa mengayunkan pintu pada saat membuka atau menutupnya.

Pada umumnya, pintu utama rumah sering menggunakan model pintu jenis ini. Ukurannya juga sering dibuat cukup besar untuk menunjukkan kesan elegan. Kelemahannya adalah pintu jenis mengayun ini membutuhkan ruang yang cukup luas sebagai tempat mengayun pintu. 

Pintu Lipat/ Folding Door

pintu lipat atau folding door
Source: www.media.rooang.com

Pintu lipat ini menggabungkan semua pintu yang dihubungkan dengan menggunakan engsel. Jenis pintu ini sangat cocok anda jadikan sebagai pembatas ruangan. Ketika ruangan yang terlihat kecil dan anda ingin membuatnya tampak luas, anda bisa membuka semua pintu dan memberikan kesan plong. Pintu lipat ini sangat cocok jadi pilihan jika anda memiliki rumah yang kecil tapi ingin diberi pembatas antara ruang yang satu dengan lainnya. 

Pintu Geser/ Sliding Door

pintu geser atau sliding door
Source: www.homefurnitureexcellent.blogspot.my

Pintu geser sangat identik dengan rumah adat negara Jepang. Keunggulan utama dari pintu geser ini adalah hemat tempat karena tidak memerlukan ruangan yang cukup banyak sebagai tempat ayunan pintu. Pemasangan pintu geser ini pun sering kali dimanfaatkan dalam ruangan yang cukup sempit seperti rumah minimalisCara membuka pintu geser ini hanya dengan cara menggeser ke kiri maupun ke kanan.

Kekurangannya adalah pintu ini seringkali macet saat digeser, seringkali karena kotoran atau debu yang mengganjal di rel pintu.

Pintu Rel

pintu rel yang biasanya digunakan sebagai pintu garasi
Source: www.jadhomes.com

Seperti namanya, pintu rel ini memanfaatkan rel pada bagian atas dan bawah dalam pemasangannya. Pintu rel sering kali dipasang sebagai pintu garasi sehingga dengan pemasangan pintu jenis ini, proses buka menutup akan lebih mudah. Kelemahan utama jenis pintu ini adalah pemasangannya yang cukup susah dan rumit.

Pintu Menggulung/ Rolling Door

pintu menggulung atau rolling door dengan remote control
Source: www.availsolutions.co.uk

Sama seperti pintu rel, pintu menggulung ini seringkali digunakan sebagai pintu garasi. Cara pembukaannya dengan cara didorong ke atas. Perkembangan dari pintu menggulung ini adalah pintu sectional dimana pintu ditarik ke atas tanpa digulung atau dilipat. Cara pembukaannya yaitu dengan remote control yang akan terhubung dan memberi perintah pada sistem untuk menarik pintu. 


Anda dapat menyewa jasa tukang untuk memasang pintu rumah, kamar, atau ruangan lainnya melalui Beres.id. Kirimkan request kerja dan kami akan menghubungkan anda kepada penyedia jasa handal & berpengalaman. Dapatkan juga jasa kontraktor umum atau pertukangan untuk kebutuhan rumah lainnya!


Ditulis oleh: Putri Wahyuni

Disunting oleh: Cindy Junovica