5 permasalahan ledeng umum yang harus kamu tau!

Tss, tss, tss…

Sering dengar suara air menetes dari keran? Atau mungkin tekanan air shower-mu terasa semakin lemah? Kerusakan sistem pipa di rumah memang sudah biasa, tetapi asal kamu rajin merawat dan melakukan maintenance, kamu bisa menghindari kerusakan yang berlebih. Ini adalah 5 masalah ledeng umum yang harus kamu perhatikan untuk mengurangi pemborosan air akibat sistem pipa yang rusak!

1.Keran air menetes

Air menetes dari keran memang terlihat sepele, tapi kalau dibiarkan saja, air yang terbuang bisa menjadi banyak loh! Hal ini biasa terjadi ketika karet Seal O-Ring keran menjadi longgar akibat washer tap yang rusak. 

2. Pipa bocor

Selain keran air menetes, pipa yang bocor juga menandakan adanya perangkat yang longgar atau rusak. Permasalahan ini dapat diperbaiki dengan mudah. Tetapi, jika kamu tidak mempunyai alat ataupun pengalaman yang benar, lebih baik mencari tukang ledeng profesional yang bisa membantumu! 

3.Tagihan air yang naik

Apakah tagihan air-mu setiap bulan naik terus? Itu mungkin disebabkan oleh kebocoran yang tersembunyi! Perhatikan area wastafel atau kamar mandimu, apakah ada pipa yang bocor atau noda air di dinding? Kamu juga bisa memesan jasa tukang ledeng profesional untuk mencari akar masalahnya dan memberi solusi. 

4.Tekanan air rendah

Hal yang paling menyebalkan saat mandi adalah tekanan air shower yang lemah. Ini umumnya terjadi karena pipa yang rusak atau berkarat. Tukang pipa profesional bisa mengecek dan memberi solusi akurat untuk menyelesaikan masalahmu dengan cepat. 

5.Wastafel mampet

Pasti pernah kan ketemu wastafel yang airnya susah banget turun? Ini biasanya disebabkan oleh bahan yang nyangkut di saluran pipa sehingga mampet, contohnya seperti sampah makanan atau rambut. Jika dibiarkan saja, saluran pipa akan mampet total sehingga air tidak dapat turun sama sekali. Untuk menghindari itu, pastikan kamu membuang sumbatan wastafel secara rutin. 

Sebagai pemilik rumah, pastikan kamu merawat sistem pipa rumahmu dengan baik untuk menjaga kualitas air yang dikonsumsi, dan juga dompetmu. Biar kamu nggak usah pusing, langsung aja pesan jasa tukang pipa profesional untuk mengadakan inspeksi rutin atau perbaiki kerusakan sebelum semakin parah!