5 Hal Sebabkan Saluran Air Mampet

 

Selokan yang mampet nggak selalu disebabkan oleh nyangkutnya benda yang besar, namun benda yang kecil pun bisa sebabkan selokan kamu mampet lho. Tapi kamu ga perlu khawatir, karena Beres selalu siap bantu kamu! Ini dia beberapa penyebab dari mampetnya selokan kamu.

Rambut

shutterstock_1128149729 (1)

Pasti sering deh kamu menemukan rambut rontok di kamar mandi kamu, satu atau dua helai mungkin wajar, tapi begitu kamu menemukan dalam jumlah banyak dan menggumpal lebih baik kamu langsung cepat buang gumpalan rambut rontok itu ke tempat sampah karena itu bisa menyebabkan selokan kamar mandi kamu mampet dan banjir di kamar mandi kamu.

Sabun

shutterstock_334591208 (1)

Iya, sabun! Terutama sabun batangan mu! Sabun mungkin bisa membuat kulit kamu jadi halus dan bersih, tapi tau nggak sih kalau sabun juga bisa buat selokan mampet? Bahan pembuatan sabun batangan adalah berasal dari asam lemak yang bisa mengering saat lama tidak terkena air. Selain itu, sisa dari sabun batangan yang jatuh ke selokan kamar mandimu juga menjadi penyebab dari selokan mampet.

Debu

shutterstock_273329804-1152x768

Beberapa dari kamu mungkin sering cuci kaki setelah bepergian dari luar, atau sesaat sebelum tidur. Tapi apakah kamu sadar berapa banyak debu yang menempel di kakimu? Debu yang terlepas dari kaki mu saat dicuci akan mengering di dalam saluran air kamu dalam waktu yang lama. Untuk mencegahnya, kamu bisa menggunakan saringan pada bagian luar pembuangan air kamu untuk mengurangi jumlah debu dan kotoran yang masuk kedalam. Kamu juga dapat memanggil tukang pipa profesional untuk menyelesaikan masalah ini.

Ampas Kopi

shutterstock_1668627520 (1)

Ampas kopi ternyata bisa menyumbat saluran air kamu juga, mereka akan mengering dan mengeras sehingga akan menutup saluran air kamu. Nah, untuk mencegahnya, pastikan kamu buang ampas kopi kamu ke dalam tempat sampah. Tapi, kalau kamu udah terlanjur hadapi masalah ini jangan di akalin sendiri. Panggil tukang pipa profesional agar tidak menjadi masalah yang lebih besar.

Bahan Makanan Berserat

shutterstock_1393013855 (1)

Tepung juga dapat menjadi penyebab dari tersumbatnya saluran air kamu nih. Selain itu juga kamu harus hati-hati sama bahan makanan berserat lainnya seperti mie dan kentang, keduanya dapat mengembang jika terendam air dan akan menyebabkan penyumbatan pada pipa pembuangan kamu.

Tersumbatnya pembuangan air di tempatmu bisa mengganggu kesehatan juga lho karena disitulah sumber virus dan bakteri berada. Selama masa PSBB ini kamu dapat memesan layanan perbaikan penting rumah seperti perbaikan pipa, listrik, tv, dan lainnya, kami akan sangat senang membantu kamu menyelesaikan masalah kerusakan rumahmu!