5 DIY Bahan Pembersih Rumah untuk Rumahmu

Pernah gak sih merasa kalau bahan-bahan pembersih yang kamu beli dari supermarket semakin tidak efektif? Atau mungkin kamu pengen mengurangi bahan kimia buatan yang dipakai di rumah? Coba aja DIY bahan pembersih sendiri! Selain hemat, kamu juga bisa mengubah atau menambah bahan-bahannya sesuai kebutuhanmu.

Cek tips untuk membuat pembersihmu sendiri disini!

1. Pembersih toilet

Pembersih ini cocok digunakan di shower dan bak mandi, serta lantai keramik. Isikan botol dengan 270 gram soda kue, 118 ml air hangat, 118 ml sabun cuci piring cair, dan 30 ml cuka putih. Untuk membuat larutan yang ekstra kuat, tambahkan sedikit jus lemon. 

2. Pembersih Oven/Microwave

Setelah penggunaan lama, oven-mu bisa menjadi sangat kotor. Kotoran itu pun bisa menjadi sangat bandel dan susah dibersihkan. Campurkan sabun cuci piring cair, soda kue, garam kasar, dan cuka putih sehingga menjadi kental. Sebagai tambahan, kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak wangi. 

Oleskan campuran itu ke dinding dalam oven-mu, dan biarkan satu malam. Kemudian, gunakan spons yang dibasahi air hangat dan mulai menggosok. Setelah itu tinggal di semprot dengan cuka putih dan lap dengan kain bersih. 

3. Window and glass cleaner

Risih gak sih, dengan bekas air yang biasanya tertinggal setelah kamu melap permukaan kaca? Pake resep pembersih ini aja! Campurkan 236 ml air panas dengan 236 ml alkohol, lalu tambahkan 60 gram tepung maizena, dan aduk rata. Tuang larutan ke botol semprot, dan semprot pada cermin dan kaca jendela, dan lap bersih dengan kain microfiber.

4. Penyegar udara

Ternyata membuat penyegar udara sendiri gampang loh! Isikan botol semprot dengan 236 ml air panas, 236 ml cuka putih, sedikit garam, kemudian tambahkan beberapa daun rosemary atau rempah beraroma lainnya. Tinggalkan selama minimal 12 jam, dan penyegar udaramu siap digunakan!

5. Pembersih serbaguna

Untuk membuat larutan pembersih yang serbaguna, campurkan 118 ml alkohol dengan 710 ml air panas. Tambahkan sedikit sabun cuci piring anti-bakteri dan kocok dengan baik. Jadi deh!

Gampang banget kan? Ternyata kita bisa membuat bahan pembersih sendiri dengan bahan-bahan yang biasanya sudah ada di rumah. Cobain yuk!