5 Alat Elektronik Penyebab Melonjaknya Biaya Tagihan Listrik

biaya tagihan listrik rumah tangga meningkat
Source: koreabizwire.com

Tagihan listrik menjadi salah satu sumber pengeluaran rumah tangga keluarga yang paling fluktuatif. Kadang turun, namun kebanyakan meningkat dan menyebabkan kita harus merogoh kocek lebih dalam untuk membayarnya. Apa sih, sebabnya?

Jumlah alat elektronik dan daya yang digunakan masing-masing alat memang berpengaruh terhadap total penggunaan listrik namun hal-hal tersebut tidak selalu menjadi penyebab kenaikan tagihan listrik. Kebiasaan penggunaan alat elektronik yang salah & teledor juga dapat berpotensi fatal pada tagihan listrik rumah Anda.

Berikut adalah alat-alat sumber listrik dirumah yang tidak Anda sadari sering menjadi penyebabnya.

1. Lampu

lampu merupakan salah satu sumber peningkatan tagihan listrik
Source: screed.com.sg

Untuk menghemat penggunaan listrik, Anda dianjurkan untuk mengganti semua lampu yang ada dirumah dengan lampu berjenis LED (Light Emitting Diode). Alasan utamanya adalah karena lampu ini mampu menahan panas sama baiknya dengan lampu biasa namun dengan watt yang lebih kecil, sehingga secara praktis lebih hemat listrik.

Selain pemilihan lampu, perhatikan juga tata letak lampu berdasarkan jenis ruanganmu. Jika Anda memiliki ruangan yang besar dan paparan sinar matahari yang cukup, maka letakkan lampu di tempat-tempat yang memang butuh penerangan tambahan agar tidak boros dalam penggunaannya. Jangan asal menaruh lampu dibagian tengah ruangan dengan daya yang tinggi.

2. Alat Setrika

Penggunaan Alat Setrika yang salah berpotensi meningkatkan biaya listrik
Source: cdn2.expertreviews.co.uk

Dalam penggunaan setrika, salah satu kesalahan yang umum terjadi adalah menggunakan setrika dengan satu tingkat panas untuk semua jenis baju. Padahal, setiap jenis pakaian memerlukan tingkat panas yang berbeda-beda. Apalagi jika kamu menyetel setrika ke tingkat yang paling panas, tentu akan menyerap daya lebih banyak.

Solusinya, pilah tiap pakaian berdasarkan jenis bahannya. Sehingga kamu akan lebih efisien dalam menyetrikanya karena sudah dipilah-pilah sebelumnya. Selain itu, segera cabut setrika jika sedang tidak digunakan, ya!

3. Alat Penanak Nasi/ Rice Cooker

alat penanak nasi/ rice cooker
Source: rallycycling.com

Selain kualitas dan fitur, pilihlah penanak nasi atau rice cooker yang hemat energi. Jika tidak banyak yang tinggal dirumah, tentu tidak perlu memaksakan membeli rice cooker yang besar. Cukup yang berukuran dan berdaya kecil saja.

Selain itu, salah satu kesalahan yang sering dilakukan ibu rumah tangga adalah memanaskan nasi sepanjang waktu. Padahal, jika nasi sudah matang, kabel rice cooker sudah boleh dicabut. Tidak perlu selalu standby pada posisi “warm”. Jika sudah mulai memasuki waktu makan, barulah rice cooker dicolokkan kembali dan dimasukkan ke posisi “warm”.

4. Kulkas/ Lemari Es

kerja kulkas atau lemari es yang terlalu berat dapat menyebabkan kenaikan listrik
Source: assets.ajmadison.com

Lemari es memang menjadi salah satu alat-alat sumber listrik dirumah yang paling menyedot listrik karena harus dinyalakan atau standby setiap saat. Akan tetapi, bukan berarti kita tidak bisa mengakali penggunaan listrik yang dipakai oleh lemari es. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk menghemat tenaga lemari es:

  • Jangan memasukkan makanan atau minuman panas ke lemari es
  • Jangan memasukkan barang-barang yang tidak penting ke lemari es agar tidak penuh
  • Bersihkan kondensor secara teratur

5. Pendingin Ruangan/ AC

tips dan trik penggunaan AC yang menghemat penggunaan energi listrik dan menghemat biaya
Source: fthmb.tqn.com

Pendingin ruangan atau AC juga menjadi salah satu sumber pembengkakan tagihan listrik rumah. Untuk itu, ketahui beberapa trik ampuh untuk meminimalisir penggunaan listrik AC berikut ini.

  • Atur suhu sesuai kebutuhan, sebisa mungkin atur suhu minimal 22 derajat, karena AC akan terus bekerja sampai suhu ruangan menyentuh angka yang tengah diatur. Jika suhu pada pengaturan dibawah 22 derajat, tentu AC akan bekerja lebih keras dan lebih lama.
  • Pastikan ruangan tertutup rapat agar ruangan lebih cepat dingin
  • Gunakan AC dengan kekuatan yang setara dengan luas ruangan
  • Bersihkan dan rawat unit AC secara rutin.

Selain penggunaan yang tepat, tentu diperlukan juga perawatan yang tepat sehingga semua alat-alat sumber listrik dirumah Anda berfungsi dengan kondisi terbaiknya. Dari lemari es sampai dengan AC/ air conditioner, Anda bisa mendapatkan jasa service pendingin ruangan atau jasa service perkakas elektronik terbaik dengan harga bersaing di www.beres.id

Jangan tunda sampai benar-benar rusak untuk melakukan servis. Cek alat-alat elektronik di rumah secara berkala, terutama yang sering digunakan. Dapatkan teknisi service terbaik untuk merawat, menjaga, atau memperbaiki alat elektronik di rumah!

button request jasa


Ditulis oleh: Doni Rahman

Disunting oleh: Cindy Junovica