3 Tips Penting Bersih-Bersih Rumah Setelah Renovasi Atau Pindahan

Mungkin sebagian dari Anda ada yang kebingungan dalam menghadapi situasi rumah sehabis renovasi. Apalagi, jika itu adalah renovasi rumah pertama Anda. Memang, rumah akan menjadi lebih baik. Tapi, tentu Anda tidak mau rumah Anda berantakan begitu saja setelah direnovasi, bukan?

Maka dari itu, ada kiat-kiat khusus dan beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam membersihkan rumah pascarenovasi. Kita harus siap dalam menghadapi debu-debu bekas bahan bangunan yang terdiri dari sisa pasir dan semen. Jika alat pembersih sudah siap, mari simak tips-tips berikut.

1. Membersihkan Debu Membandel

membersihkan debu membandel
Source: cdn.shutterstock.com

Langkah pertama dalam bersih-bersih rumah setelah renovasi adalah membersihkan bagian sisi rumah. Mulai dari mengelap kaca, sampai dengan mengelap setiap bagian di rumah yang terbuat dari keramik. Tidak perlu mengelap sampai ke bagian tembok, Anda hanya perlu menyapunya dengan kemoceng hingga debu-debu yang menempel bisa turun ke lantai.

button request jasa

2. Membersihkan Lantai atau Ubin

membersihkan lantai
Source: www.allers.se

Siapkan sapu lidi dan sapu ijuk Anda, karena setelah Anda membersihkan debu yang menempel di tembok dan jendela rumah, Anda harus menyapunya. Gunakan mesin penyedot debu atau vacuum cleaner untuk pembersihan tahap awal. Tujuannya, untuk membersihkan debu-debu berpartikel besar dan mampu disedot oleh vacuum cleaner tersebut.

Setelah itu, jangan lupa untuk menyapu sisa-sisa debu yang menempel di lantai dengan sapu karena pasti masih ada debu-debu halus yang menempel di lantai. Gunakan juga pengki untuk membantu mempermudah penampungan debu-debu tersebut.

Terakhir, pel seluruh bagian dalam rumah dan bagian luar. Gunakan cairan pembersih lantai untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ulangi langkah-langkah tersebut jika Anda akan masih merasakan sisa debu di lantai.

3. Mengantisipasi Debu Kembali Ke Rumah 

memastikan debu tidak kembali
Source: hgtvhome.sndimg.com

Nah, ini adalah langkah yang kadang dilupakan oleh pemilik rumah. Debu-debu yang selesai disapu dari dalam rumah terkadang kita buang begitu saja di bak sampah depan rumah kita. Padahal, debu-debu halus tersebut masih bisa terbawa masuk kembali oleh angin. Maka dari itu, pastikan debu hasil sapuan dari dalam rumah dimasukkan ke kantong sampah agar tidak tertiup angin.

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk menyiram jalanan depan rumah Anda agar debu-debu yang tersisa ikut larut dalam air tersebut. Lalu, sapu debu yang sudah bercampur dengan air dengan sapu lidi dan buang ke dalam kantong sampah.


Nah, ingin memastikan proses bersih-bersih rumah lebih maksimal? Atau tidak punya waktu luang karena harus melanjutkan aktivitas? Jangan khawatir! Beres.id menyediakan jasa pembersihan usai renovasi atau pindah rumah yang bisa dipesan langsung secara mudah dan cepat. Dapatkan tenaga profesional dan berpengalaman yang siap untuk membersihkan rumah Anda!

Tunggu apa lagi? Kunjungi www.beres.id dan dapatkan jasa pembersihan usai renovasi atau pindah rumah yang berkualitas hanya dengan sekali klik!

button request jasa


Ditulis oleh: Doni Rahman

Disunting oleh: Cindy Junovica