3 Tips Keamanan Yang Dapat Kita Pelajari Dari Kasus Perampokan Kim Kardashian Di Paris

Kim Kardashian kembali menjadi tajuk utama dalam situs-situs berita. Namun, kali ini bukan karena gaya hidupnya yang mewah, kisah romantisnya dengan Kanye West, atau perseteruannya dengan Taylor Swift.

Baru-baru ini, Kim Kardashian – selebriti, sosialita, pengusaha, dan model sensasional asal Amerika Serikat baru saja mengalami kasus perampokan di hotel yang ditinggalinya di Paris. Si perampok menyekap Kim dan mencuri perhiasan miliknya yang bernilai milyaran rupiah. Untungnya, Kim tidak mengalami luka atau kekerasan fisik yang serius.

Kejadian perampokan ini pun diduga telah direncanakan dan si perampok telah mengikuti Kim beberapa saat. Banyak netizen dan pakar media sosial pun berpendapat bahwa gaya hidup dan kisah sensasionalnya di Internet mengancam keselamatan sang sosialita tersebut.

Namun, hal yang dialami Kim ini pun menjadi peringatan untuk semua orang agar berhati-hati. Berikut tips-tips keamanan yang dapat anda petik dari kasus Kim-K.

1. Jangan terlalu pamer atau show-off di media sosial

Tidak dapat dipungkiri, media sosial memang ditujukan untuk membagikan/ sharing aktivitas dan kehidupan si pengguna. Pada dasarnya, orang-orang pun mengupload ‘hidup’ mereka di medsos, seperti foto liburan, foto prewedding, foto pernikahan, foto makanan, hingga foto perhiasan dan barang mewah yang dimiliki.

Namun, postingan media sosial ini berakibat naas untuk sang sosialita. Kim Kardashian mengupload foto cincin pernikahan mewah yang diberikan oleh sang suami, Kanye West senilai USD 4.49 juta atau setara dengan Rp 58.3 milyar di akun Instagram miliknya. Postingan ini pun berpotensi menjadi salah satu pemicu niat si perampok yang melancarkan aksinya pada tanggal 2 Oktober 2016 lalu.

Kim Kardashian dengan cincin tunangan milyaran rupiah
Source: huffingtonpost.com

Amanda K. Ruisi, seorang ahli PR (Public Relations) mengungkapkan, “Siapapun yang pamer foto barang berharga di media sosial punya resiko lebih tinggi untuk dirampok.”

Saran: hindari mengupload atau mengepos postingan, status, atau foto yang dapat memicu niat jahat pihak ketiga.

2. Tetap waspada walaupun anda berada di lingkungan yang dianggap ‘aman’

Tidak ada tempat yang 100% aman. Menurut sebuah artikel People, Kim melepaskan bodyguard atau pengawalnya untuk mengikuti Kourtney Kardashian dan Kendall Jenner yang berjalan-jalan di kota Paris, sedangkan Kim tinggal di hotel seorang diri. Kim merasa aman karena dia berada di dalam kamar hotel yang bersekuriti tinggi.

Moral dari poin ini: Selalu waspada! Walaupun anda merasa aman dan berada di lingkungan dengan tingkat sekuriti yang memadai, hal ini tidak menjamin keamanan dan keselamatan anda sepenuhnya.

Satpam atau sekuriti
Source: kursusjogja.com

3. Instalasi alarm & camera CCTV

Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Meskipun kehadiran sistem keamanan seperti alarm anti maling dan camera CCTV tidak menjamin 100%, tindakan ini dapat mengurangi dan berkemungkinan mencegah niat jahat si perampok.

Sistem alarm anti maling dan camera CCTV

Apabila (amit-amit) kejadian perampokan terjadi, suara bising dari alarm anti maling akan menarik perhatian tetangga & menotifikasi pihak kepolisian, serta camera CCTV dapat mereka dan menjadi bukti dari aksi tersebut.  Anda dapat menyewa jasa pemasangan alarm dan camera CCTV untuk memperkuat sistem keamanan rumah anda di Beres.id

 

By Cindy Junovica