3 Hama Rumah Yang Paling Sering Muncul & Cara Mengatasinya

Mulai dari kecoa hingga rayap, hama rumah tangga tampaknya selalu muncul dimana-mana, terutama saat musim panas. Jika anda mendapati ada banyak ‘teman serumah’ (baca: hama) di hunian anda, lakukan hal ini untuk menyingkirkannya.

Kecoa

kecoa merupakan jenis hama yang paling sering muncul dalam rumah
Source: Mortein.co.nz

Mungkin ini adalah salah satu jenis hama yang paling sering anda temui di rumah. Tidak hanya kotor, hama yang satu ini juga bisa membawa berbagai macam penyakit. Kecoa biasanya memasuki rumah melalui celah-celah dinding dan pipa saluran pembuangan. Hewan ini sangat tertarik dengan tempat-tempat yang banyak makanan dan bersuhu lembab.

Cara Mengatasinya:

Sangat sulit pastinya mengatakan apakah anda telah menyingkirkan semua kecoa di rumah anda atau tidak. Ini karena mereka berkembang biak dengan sangat cepat. Jadi meskipun anda telah membunuh satu kecoa, mungkin ada banyak lagi kecoa lain yang bersembunyi. Telur kecoa juga sangat tersembunyi, dan anda tidak bisa mematikannya hanya dengan menggunakan insektisida biasa. Karena itu, tanpa keahlian dan keterampilan profesional, mungkin akan sulit menyingkirkan semua kecoa dalam rumah anda.

Rayap

rayap pemakan kayu yang sering merusak perabotan dalam rumah
Source: popeti.com

Mulai dari berukuran seperempat inci hingga satu inci, rayap adalah hama kecil yang merusak tanpa anda sadari. Hewan ini cenderung  menumpuk di manapun anda melihat pohon mati dan tanaman karena mereka suka memakan kayu. Jika rumah anda memiliki banyak perabotan, lantai, dinding atau langit-langit rumah yang terbuat dari kayu, anda harus lebih berhati-hati terhadap serangan rayap ini.

Cara Mengatasinya:

Beberapa tanda peringatan serangan rayap adalah retak atau terdapat gelembung cat dinding dan kayu berlubang. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah memotong sumber makanan mereka dengan memperbaiki keran dan pipa bocor, serta menjaga kelembaban agar kayu dirumah anda tidak menjadi sarang rayap.

Tikus

tikus merupakan hama yang paling sering muncul di rumah
Source: hairanblog.com

Hewan pengerat seperti tikus memiliki kebiasaan dan kapasitas reproduksi yang sangat berbeda. Tikus cenderung berhati-hati di sekitar jebakan dan umpan, serta cenderung berkembang biak di tempat yang sulit diakses. Sementara itu, tikus memasuki rumah untuk mencari perlindungan (makanan, air, suhu yang tepat). Karena tikus juga lebih terkenal karena sebagai pembawa penyakit, sangat penting untuk menyingkirkannya dan mencegahnya datang kembali.

Cara Mengatasinya:

Jika anda melihat tikus dirumah, kemungkinan besar ada banyak tikus-tikus lainnya yang bersembunyi. Jangan mengambil tindakan sendiri karena anda bisa saja berpotensi terkena penyakit serius jika mereka menggigit. Sebagai gantinya, sebaiknya anda menggunakan jasa profesional untuk membantu anda memusnahkan mereka dari rumah sebelum merusak dan membahayakan anda dan anggota keluarga.


Jangan menunggu lama sehingga masalah menjadi lebih besar. Hubungi jasa spesialis pengendalian hama profesional segera. Kirim request kerja dan dapatkan jasa pembasmi hama profesional dan berpengalaman yang mampu memberikan solusi dan saran untuk masalah hama di rumah anda.


Ditulis oleh: Putri Wahyuni

Disunting oleh: Cindy Junovica