5 Ide Resolusi Tahun Baru Yang Perlu Kamu Wujudkan di Tahun Ini

Happy New Year 2019! Menentukan resolusi hidup adalah agenda rutin bagi banyak orang di setiap pergantian tahun. Dari sekian banyaknya hal spesifik yang terlintas di pikiran, setidaknya inilah 5 ide resolusi tahun baru yang perlu kamu wujudkan di tahun mendatang. Dari 5 hal seputar kesehatan, karir hingga self-love berikut, mana yang sudah ada di daftar yang kamu buat sebelumnya?

Image Credit: VIX
Image Credit: VIX

1. Kesehatan yang lebih prima.

Kesehatan yang prima adalah kunci dari terwujudnya resolusi lain. Sakit hanya akan mengurangi waktu kamu untuk beraktifitas dan bergerak beberapa langkah lebih dekat ke target-target hidup yang ingin kamu capai. Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan untuk biaya pengobatan atau perawatan yang seharusnya bisa dialokasikan untuk mendukungmu meraih hal yang diimpikan.

Wujudkan resolusi ini dengan:

  • lebih aktif berolahraga,
  • melakukan medical check-up tahunan untuk melihat potensi gangguan kesehatanmu sebagai langkah preventif,
  • jam tidur dan bangun tidur yang lebih teratur,
  • dan menjaga pola makan.
Image Credit: Inc.com
Image Credit: Inc.com

2. Produktifitas yang tetap terjaga.

Berkarya! Apapun bakat dan minat yang kamu punya, pastikan di tahun mendatang kamu memiliki lebih banyak waktu untuk keduanya. Hasil yang bersifat komersil sepatutnya ada di urutan nomor sekian, prioritas utama adalah untuk tetap menjaga produktifitas dan upaya memastikan di penghujung tahun berikutnya, ada lebih banyak karya yang bisa kita banggakan: dari mulai cover lagu, karya tulis, video di youtube, pernak-pernik DIY, promosi jabatan di kantor, hingga proyek yang menang proses pitching.

Wujudkan resolusi ini dengan:

  • kerucutkan minat dan bakat yang dimiliki untuk pilih mana yang ingin difokuskan tahun ini,
  • dan proaktif membuat to-do list dan disiplin untuk menjalankannya satu per satu setiap saat.
Image Credit: Opelika Observer
Image Credit: Opelika Observer

3. Keharmonisan keluarga yang lebih terawat.

Bagi sebagian besar masyarakat, keluarga memegang peranan penting dalam tumbuh kembang seseorang. Inilah yang membuat keharmonisan keluarga sebagai salah satu ide resolusi tahun baru yang tidak boleh terlewat untuk diwujudkan. Dengan adanya keharmonisan yang terawat, hal yang biasa kita sebut sebagai support system ini pun juga turut terjaga dan dapat terus membantu kita untuk mewujudkan hal lain yang kita impikan.

Wujudkan resolusi ini dengan:

  • komitmen untuk lebih terbuka satu sama lain,
  • dan lebih banyak agenda quality time dengan keluarga.
Image Credit: Dancing in The Rain
Image Credit: Dancing in The Rain

4. Proses mencintai diri sendiri yang lebih baik

Hal ini juga kadang terlupa saat merancang ide resolusi tahun baru setiap tahunnya. Padahal upaya self-love yang lebih baik berbanding lurus dengan semakin mudahnya kamu meraih impian lainnya khususnya yang terkait dengan pengembangan dirimu sendiri. Akrab dengan wejangan yang berbunyi “berdamailah dengan diri sendiri, lalu segalanya akan lebih mudah”? Berbekal hal tersebut, jika kamu sungguh-sungguh mewujudkannya, tahun mendatang akan menjadi momen dimana proses aktualisasi dirimu akan menjadi lebih maksimal dan berbuah hal yang positif untuk hidupmu.

Wujudkan resolusi ini dengan:

  • alokasikan waktu untuk me-time setiap minggunya,
  • kurangi menyesali keputusan yang sudah diambil,
  • dan lebih banyak bersyukur dengan apa yang sudah berhasil diraih sekecil apa pun hal itu.
Image Credit: Step To Health
Image Credit: Step To Health

5. Hunian yang lebih terawat.

Segalanya berawal dari rumah! Jika rumah terawat dan bersih, bekal energi positif untukmu menjalani aktifitas di luar pun menjadi semakin banyak. Sebaliknya, hunian berantakan hanya berujung ketidaknyamanan berkelanjutan, keharmonisan keluarga terganggu karena tiap anggota yang tidak betah di rumah, serta keterbatasan ruang untuk berkarya dari rumah.

Wujudkan resolusi ini dengan:

  • setiap anggota keluarga saling mengingatkan untuk menjaga kebersihan kamar masing-masing dengan lebih baik,
  • kerja bakti wajib sekali setiap bulan bagi seluruh anggota keluarga dengan makan-makan besar sebagai acara puncak,
  • dan melakukan pembersihan menyeluruh baik mandiri atau menggunakan jasa profesional terpercaya secara rutin tanpa harus menunggu berantakan.

Beri Komentar

EmailAnda tidak akan ditampilkan. Mohon isi kolam yang bertanda Ruas yang wajib ditandai *