Ingin Buat Kamar Tidur Kecil Tetap Nyaman? Akali Dengan 7 Tips Jitu Berikut Ini!

Pastinya kamar tidur adalah bagian terpenting dari sebuah rumah. Di ruangan inilah umumnya segala sesuatu berawal atau berakhir setiap harinya. Bukan hal mengherankan kalau setiap pemilik rumah punya ekspektasi lebih untuk kamar tidur mereka: kenyamanan nomor satu! Namun bagaimana jika Anda temui tentangan berupa keterbatasan ukuran ruangan? Anda berada di halaman yang tepat! Berikut adalah 7 tips jitu bagi Anda yang ingin kamar tidur kecil tetap nyaman!

Image Credit: Ideal Home
Image Credit: Ideal Home

1. Pasang wallpaper cerah berbeda di setiap sudut.

Dinding yang diberikan wallpaper menambah kesan personal pada ruangan yang bersifat pribadi seperti kamar tidur. Desain dapat disesuaikan dengan kepribadian masing-masing namun usahakan warna-warna cerah tetap dominan agar kamar terasa lebih lega.

Image Credit: downloadscs club
Image Credit: downloadscs club

2. Gunakan karpet yang menutupi sebagian besar permukaan lantai.

Kecuali jika kamar tidur Anda berlantaikan parket yang notabene komponen esensial ruangan nyaman. Untuk ruangan dengan lantai biasa, akali dengan penggunaan karpet khususnya di area sekeliling kasur. Dengan begitu, kamar tidur sempit tetap nyaman dan homey. Solusi ini harus diimbangi dengan komitmen Anda rutin menjaga kebersihan karpet.

Image Credit: freshome
Image Credit: freshome

3. Pengadaan sofa fungsional.

Tidak melulu harus sofa yang berukuran besar selama bentuk dan warna yang dipilih ‘masuk’ dengan komponen dominan lain dalam ruangan yakni tembok dan kasur. Sofa yang nyaman akan memacu Anda untuk memanfaatkannya lebih dari sekadar tempat duduk melainkan juga area belajar, bekerja, tempat kawan tidur saat bermalam, makan, atau sekadar menghabiskan waktu bersama laptop sembari menyaksikan serial TV favorit Anda.

Image Credit: RenoGuide
Image Credit: RenoGuide

4. Unit AC yang bekerja dengan baik.

Bukan rahasia umum kalau di Indonesia, AC sudah menjadi kebutuhan penting untuk membuat kenyamanan sebuah ruangan terjaga. Tanpa AC, sebaik apa pun tata letak dan dekorasinya, jaminan akan betah di suatu ruangan tetap sulit didapatkan. Keuntungan memiliki kamar tidur dengan ukuran terbatas adalah kesempatan untuk mengurangi tenaga yang dikeluarkan AC saat menjalankan fungsinya. Hanya dengan daya yang lebih rendah dan waktu yang lebih singkat, udara dingin jadi lebih mudah menyebar dan Anda pun dapat melakukan penghematan.
Pastikan untuk selalu merawat AC dan melakukan servis rutin. AC di kamar kecil akan sangat mengganggu kenyamanan jika terjadi gangguan seperti bising hingga aroma tak sedap yang biasanya mengindikasi menumpuknya bakteri pada unit AC.

Image Credit: Architecture Art Designs
Image Credit: Architecture Art Designs

5. Maksimalkan fungsi area tempat tidur.

Satu hal yang perlu digarisbawahi adalah: kasur harus selalu dalam keadaan bersih. Inilah komponen yang paling menentukan kualitas kamar tidur secara keseluruhan. Dari hal kecil berupa noda kecil hingga tingkat kebersihan matras, penutup dan selimut, Anda harus selalu siap mengantisipasi berbagai kemungkinan yang dapat membuat kasur jadi kotor dan tidak nyaman. Jika tantangan ini sudah terjawab, Anda dapat lanjut ke tahapan selanjutnya dengan memaksimalkan fungsi area kasur. Satu contoh cara jitu yang dapat dilakukan adalah dengan memasang rak serbaguna di dinding yang bersinggungan dengan kasur dimana Anda dapat meletakkan berbagai hal dari mulai buku, pajangan atau lampu tidur.

Image Credit: The JB Bardor Archives
Image Credit: The JB Bardor Archives

6. Lilin aroma terapi dan wewangian lainnya di sudut ruangan.

Ruangan yang nyaman juga diindikasikan dengan aroma yang memanjakan indera penciuman. Letakkan lilin aroma terapi atau jenis wewangian lainnya di beberapa sudut ruangan. Keuntungan ruangan berukuran terbatas adalah mudahnya wewangian ini untuk menjalankan fungsinya mengharumkan ruangan.

Image Credit: decor aid
Image Credit: decor aid

7. Peletakkan beberapa kaca untuk beri kesan lega.

Salah satu cara membuat kamar tidur kecil tetap nyaman adalah dengan mengakalinya agar terkesan lebih lega. Inilah celah bagi kaca untuk menjalankan fungsinya membuat Anda memiliki ruang extra di kamar Anda. Beberapa lokasi yang direkomendasikan antara lain: di atas bagian kepala kasur, lemari baju, serta dinding yang menghadap ke pintu kamar.


One comment Add yours
  1. Wah, menarik sekali… sudah lama saya kevingan menyiasati kamartidur kami yang kecil dan terlihat membosankan..bolehh nih diterapkan..terima kasih artikelnya sangat bermanfaat.

Beri Komentar

EmailAnda tidak akan ditampilkan. Mohon isi kolam yang bertanda Ruas yang wajib ditandai *