6 Hal Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Memulai Persiapan Renovasi Rumah

Persiapan renovasi rumah biasanya akan terasa berat ketika di awal kita memiliki anggapan seperti “untuk apa diambil pusing kalau sudah ada kontraktor?”. Situasi akan membuktikan sendiri bahwa, kenyataannya, gagasan untuk melakukan renovasi rumah perlu ditindaklanjuti dengan perencanaan matang yang melibatkan kita di dalamnya. Benar adanya kalau kontraktor yang akan terjun langsung saat eksekusi berlangsung namun apa yang mereka kerjakan idealnya harus berangkat dari apa yang kita kehendaki dan perhitungkan sebelumnya. Berikut 6 hal yang wajib Anda ketahui sebelum memulai proses persiapan renovasi rumah.

Image Credit: Rent.com
Image Credit: Rent.com

1. Habiskan waktu di ruangan yang hendak direnovasi.

Waktu terbaik adalah saat akhir pekan atau kapan pun saat Anda memiliki waktu untuk fokus dan tidak memikirkan hal lain. Habiskan waktu di setiap ruangan yang ingin direnovasi. Perhatikan dengan baik setiap sudut dan biarkan gagasan-gagasan muncul di pikiran Anda khususnya akan apa yang perlu ditambah atau dihilangkan. Jika langkah ini Anda lewati, proses pengajuan konsep hingga tahap negosiasi dengan kontraktor akan menjadi sebuah tantangan yang sulit dilakukan mengingat Anda sendiri tidak pasti dengan apa yang Anda kehendaki.

Image Credit: Cowboy AC Dallas
Image Credit: Cowboy AC Dallas

2. Tentukan budget dan alokasi setiap pengeluaran. Jangan lewatkan biaya tak terduga!

Jelas merupakan bagian yang paling penting dan berhak memakan waktu paling lama dari proses lailnnya. Anda dapat mulai dengan merumuskan berapa jumlah modal yang Anda miliki untuk keseluruhan proses renovasi. Berangkat dari jumlah itu, Anda dapat mulai mengalokasikan sejumlah angka untuk berbagai keperluan. Sisihkan setidaknya 20% dari modal yang dimiliki untuk biaya tidak terduga termasuk saat Anda ternyata harus beralih ke konsep alternatif yang telah dirancang sebelumnya.

Image Credit: juancarlolucas
Image Credit: juancarlolucas

3. Miliki rencana alternatif.

Seperti yang baru saja disinggung, perencanaan konsep alternatif memegang peranan di dalam proses persiapan renovasi rumah. Saat proses eksekusi konsep utama tidak berjalan lancar, mereka yang tidak memiliki konsep alternatif yang matang akan berujung memaksakan terwujudnya konsep utama dengan hasil yang tidak maksimal.

Image Credit: Money Inc
Image Credit: Money Inc

4. Konsultasikan konsep dengan profesional (opsional!)

Untuk memaksimalkan tahap perencanaan sebelum persiapan renovasi rumah, Anda dapat mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan profesional. Pakar desain interior ini memiliki kapasitas untuk memberikan Anda pencerahaan akan konsep yang Anda buat atau justru menyumbang gagasan bagi Anda yang belum memutuskannya.

Image Credit: Franklin Solicitor
Image Credit: Franklin Solicitor

5. Riset tentang bahan atau perlengkapan lain untuk keperluan renovasi.

Dua informasi penting yang perlu Anda kuasai meliputi kualitas dan harga dari setiap bahan yang diperlukan untuk renovasi. Ini akan memudahkan Anda saat menjelaskan ekspetasi
Anda pada pihak kontraktor hingga berlanjut saat proses negosiasi.

Image Credit: Kaodim
Image Credit: Kaodim

6 .Berhubungan dengan lebih dari satu kontraktor sebelum memilih yang terbaik.

Ini merupakan langkah paling penting yang perlu dilakukan sebelum memulai persiapan renovasi rumah. Entah bersifat parsial atau menyeluruh, kontraktor lah yang memegang peranan besar dalam proses eksekusi. Memiliki lebih dari satu alternatif kontraktor memperbolehkan Anda menimbang-nimbang mana yang paling sesuai dengan kebutuhan, sistem kerja serta budget yang Anda kehendaki.

Jika informasi seputar kontraktor renovasi rumah menjadi tantangan tersendiri khususnya Anda yang baru kali pertama berurusan dengan hal ini, BERES hadir di tengah kita untuk menjadi jawabannya. Melalui BERES, kita dapat terhubung dengan beberapa pilihan kontraktor profesional untuk dijadikan pertimbangan, Masing-masing berkomitmen untuk menjawab pertanyaan seputar harga, sistem kerja, dan timeline eksekusi untuk kemudian Anda bandingkan dan pada akhirnya memperoleh yang terbaik.

 

button request jasa


Beri Komentar

EmailAnda tidak akan ditampilkan. Mohon isi kolam yang bertanda Ruas yang wajib ditandai *