Rencana Bikin Pesta di Rumah? Inilah 5 Hal Yang Harus Anda Persiapkan Sebelumnya

 

Kalau kata orang Indonesia kebanyakan, “belom afdol” rasanya kalau belum pernah bikin pesta di rumah. Karena sebagai masyarakat yang kolektif, keintiman yang ditemukan saat menggelar pesta di rumah dapat dijadikan kesempatan yang baik untuk memenuhi kebutuhan bersilaturahmi sambil merayakan suatu hari yang spesial. Dari mulai perayaan ulang tahun, resepsi pernikahan hingga acara sunatan anak semata wayang, akan terasa lebih hangat dan personal jika diadakan di rumah. Namun di balik itu semua, tentu ada serangkaian persiapan yang perlu diperhitungkan dengan baik agar acara berjalan lancar sesuai rencana. Mari mulai dengan 5 hal berikut yang dapat Anda persiapkan sebelum menggelar pesta di rumah.

Image CreditL Dclutterbug
Image CreditL Dclutterbug

1. Bersih-bersih rumah sebelum dan setelah acara

Hal paling utama yang harus direncanakan dengan matang. Seminggu sebelum acara digelar, rumah sudah harus berada dalam kondisi terbaiknya dalam hal kebersihan sehingga menjelang waktunya tiba, Anda dapat lebih banyak waktu untuk mengurus hal lainnya dalam daftar persiapan. Bagi sebagian orang, hal ini mungkin merupakan tantangan berat yang sulit dilakukan. Namun berhubung di era digital ini sudah banyak kemudahan untuk terhubung dengan para penyedia jasa bersih-bersih profesional dan terpercaya, rasanya nggak ada alasan untuk kita melewatkan persiapan penting yang satu ini, bukan?

Image Credit: Home Party Ideas
Image Credit: Home Party Ideas

2. Santapan lezat untuk dihidangkan

Pesta nggak bisa lepas dari santapan lezat di atas meja. Malah, sudah rahasia umum kalau sebagian masyarakat Indonesia menilai kesuksesan sebuah pesta dari tingkat kelezatan makanan yang dihidangkan. Kalau di gedung atau ruang perayaan siap sewa lainnya, hal ini mungkin bukan sebuah prioritas untuk dipikirkan karena biasanya sudah jadi bagian dalam paket. Namun kalau untuk pesta di rumah, Anda harus memikirkannya dengan baik. Sehandal apapun Anda biasanya di dapur, waktu untuk mempersiapkan segalanya untuk dihidangkan terkadang merupakan sebuah tantangan berat karena keterbatasan waktu dan tenaga. Kalau sudah begini, menggantungkan elemen paling penting (dan paling lezat!) dari pesta ini ke penyedia jasa katering andalan pun adalah solusi yang bisa Anda pilih. Banyak, kok!

Image Credit: Martha Stewart
Image Credit: Martha Stewart

3. Kelayakan taman atau halaman rumah untuk menampung tamu

Jika rumah hunian Anda sudah dilengkapi dengan taman atau halaman, nasib baik! Anda memiliki pilihan untuk dapat menggelar pesta di ruangan terbuka di rumah. Namun untuk itu pun, tantangan saat persiapannya tidak kalah berat. Anda perlu menguji kelayakan taman atau halaman baik dari segi kebersihan hingga proses pembasmian hama dari keduanya. Proses pembersihan usai acara pun juga cenderung sulit dilakukan. Hal yang paling merepotkan ialah jika residu-residu makanan meninggalkan bau yang sukar hilang. Kalau sudah begini, pastikan Anda temukan jalan keluarnya. Kalau dibiarkan, itu sama saja Anda mengundang kembali kawanan hama perusak kelayakan halaman atau taman rumah.

Image Credit: Shutterstock
Image Credit: Shutterstock

4. Pipa air di rumah tidak macet.

Dua titik utama yang wajib Anda pastikan kelayakannya sebelum menggelar pesta di rumah: wastafel dan kamar mandi. Kelayakan pipa air pada wastafel perlu dicek ulang karena semua piring dan wadah makanan lain wajib segera dibersihkan usai acara. Jika ditunda-tunda, kotoran akan kian rumit dihilangkan dan mengeluarkan bau menyengat. Selain itu, tamu-tamu yang datang juga kemungkinan besar akan menggunakan kamar mandi kita. Karena itu, bayangkan betapa repotnya jika ada gangguan pipa air saat berlangsungnya pesta di rumah.

Image Credit: Tierra Este
Image Credit: Tierra Este

5. Dekorasi rumah yang siap manjakan dan berikan kenyamanan bagi tamu

Hal utama dalam poin ini adalah mengenai tata ruang di dalam rumah. Anda perlu memperhitungkan dari mulai ruang gerak, kemudahan akses menuju ruangan penting seperti kamar mandi atau wastafel, letak makanan dihidangkan, pojok-pojok untuk para tamu saling bersilaturahmi, dan sebagainya. Malah bukan hal yang berlebihan jika Anda menyempatkan untuk membuat denah tersendiri saat melakukan perencanaan ini. Untuk hal dekorasi, Anda dapat sesuaikan dengan kebutuhan dan maksud dari perayaan itu sendiri. Namun dalam rangka apapun serta tema acara yang diangkat, dekorasi pada tembok dengan melakukan pengecatan ulang atau pemasangan wallpaper adalah jalan pintas yang praktis untuk diambil. Nilai plus lagi jika Anda konsultasikan dulu hal tersebut pada ahlinya agar tidak salah pilih!


Beri Komentar

EmailAnda tidak akan ditampilkan. Mohon isi kolam yang bertanda Ruas yang wajib ditandai *