Bosan Hangout Melulu, 10 Tips Ini Bisa Bantu Kamu Jadi Lebih Betah Di Rumah

Senin sampai Jumat sibuk beraktifitas di luar namun ketika akhir pekan datang, tubuh rasanya menolak untuk diam di rumah walaupun hanya untuk sekadar berleha-leha. Sering merasa gini nggak, sih? Tenang, kalian nggak sendirian. Perasaan malas menghabiskan waktu kosong di rumah adalah tantangan yang umum dihadapi orang banyak serta agenda hangout yang entah kenapa selalu terasa lebih menarik.

Sebagai solusi, daripada sibuk ngebohongin diri sendiri dengan cari sisi nggak enaknya dari pergi keluar melulu (karena kapan sih hangout itu nggak asik?), lebih baik fokus mencari cara agar kita semangat menghabiskan waktu tanpa harus kemana-mana. Caranya? Ya sulap rumah agar jadi lebih nyaman dan bikin lebih betah di rumah. Simak ulasan kami berikut untuk tahu beberapa cara untuk mewujudkannya!

Image Credit: Daikin
Image Credit: Daikin

1. Pastikan rumah selalu adem

Hmmm… agak repot sih berhubung negara tropis seperti Indonesia yang kita tinggali ini memang sedemikian akrab dengan cuaca panas. Feels like summer forever! Terkecuali kalau rumah hunian kita memiliki AC sebagai jalan keluar. AC itu sendiri pun terkadang belum bisa mentah-mentah menjadi solusi. Kita harus tetap paham betul dengan cara perawatannya agar unit AC di rumah tetap maksimal menjalankan fungsinya menyejukkan ruangan dan pada akhirnya membuat kita lebih betah di rumah.  

Image Credit: DLink Blog
Image Credit: DLink Blog

2. Koneksi internet kuat

Belum apa-apa kami sudah menyesal nggak menjadikan poin pembahasan ini berada di urutan pertama. Ya, kita sama-sama tahu kalau peran koneksi internet se-signifikan itu kan, guys! Inilah elemen utama kita bisa melakukan banyak hal seru tanpa harus keluar rumah. Streaming serial favorit, perang online dengan kawan-kawan di luar (PUBG, anyone?), dengarkan musik non-stop dari musisi-musisi idola, atau hanya sekadar menghabiskan waktu berjam-jam stalking media sosial orang yang kita suka sambil guling-guling di kasur yang nyaman. Banyak hal seru berawal dari koneksi internet kuat yang tentunya bisa bikin kita lebih betah di rumah.

Image Credit: Step To Health
Image Credit: Step To Health

3. Rumah jangan sampai kotor

Ya bagaimana mau nyaman di rumah kalau pemandangan sehari-hari nggak jauh dari langit-langit ruangan yang penuh sarang laba-laba, dinding penuh noda bekas rembesan hujan dan coretan adik-adik sepupu, atau kecoak serta hama lain yang satu geng sama mereka. Ya, kan? Tingkat kebersihan rumah umumnya selalu berbanding lurus dengan keinginan kita untuk lebih betah di rumah.  Karena itu, pastikan kebersihan rumah selalu terjaga.

Image Credit: SheKnows
Image Credit: SheKnows

4. Pelihara si kaki empat

Atau si kaki dua yang melompat kesana-kemari, atau si perenang ulung, atau mungkin si tak berkaki yang tumbuh memanjang dengan dilapisi sisik eksotisnya. Hewan peliharaan bisa menjadi satu motivasi tambahan agar kita lebih betah di rumah. Kalau sudah cukup lama tinggal bersama kita, naluri untuk merawat mereka dan menghabiskan waktu sebanyak mungkin secara nggak langsung akan muncul begitu saja. Namun perlu diingat, komitmen memiliki hewan peliharaan harus diiringi dengan pengetahuan yang cukup akan cara mengatasi ‘kekacauan’ yang dapat mereka bawa. Dari noda kaki anjing di sprei kasur hingga bulu-bulu kucing yang menempel pada sofa bahan di ruang tamu, kita harus cekatan menanggapinya dengan benar.

Image Credit: Kidspot
Image Credit: Kidspot

5. Cooking time!

Menghabiskan waktu di rumah dengan masak bisa menjadi pilihan tepat baik bagi mereka yang sudah berkeluarga atau yang belum, apalagi jika mencoba menu-menu baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Enak atau nggak, ‘moment of truth’ saat makanan berhasil dihidangkan dan dicicip tuh bagian paling seru dari kegiatan rumahan ini. Usai masak-masak, pastikan untuk bikin dapur kembali bersih ya! Jangan sampai habis seru-seruan malah jadi bete lagi karena area kompor kotor atau wastafel mampet karena kita lupa buang residu makanan saat cuci piring.

Image Credit: All Cooper
Image Credit: All Cooper

6. Perketat keamanan rumah

Kalau definisi ‘lebih betah di rumah’ versi kamu adalah tidur atau leha-leha seharian, kamu nggak sendiri! Namun terkadang, perasaan was-was suka ganggu kenyamanan saat istirahat. Itu nggak akan terjadi kalau kita ambil langkah proaktif untuk perketat keamanan rumah. Jika penggunaan jasa satpam terasa berlebihan, beralihlah ke CCTV. Dalam banyak kasus, mereka yang berniat berbuat jahat akan berpikir dua kali saat mereka sadar kalau rumah yang diincar dilengkapi dengan perangkat CCTV.

Image Credit: Rent.com
Image Credit: Rent.com

7. Aktif mengasah kreativitas lewat ruangan-ruangan di rumah

Dari mulai memasang wallpaper bermotif menarik dan sesuai karakter kita, rutin menghasilkan manuver tata ruang yang baru, atau sekadar mencat ulang dinding-dinding pada ruangan. Dengan memiliki pemandangan yang baru, kemungkinan untuk lebih betah di rumah pun lebih besar. Selain itu, mendekorasi ruangan seperti ini juga bisa menjadi kesempatan untuk menambah rasa kepemilikan kita terhadap rumah. Semakin sayang, semakin nggak rela sering-sering ditinggal, bukan?

Image Credit: The Telegraph
Image Credit: The Telegraph

8. Taman rumah yang terawat

Salah satu keuntungan memiliki taman atau halaman hijau di rumah adalah kesempatan untuk bisa memanfaatkannya sebagai ruang terbuka bagi kita untuk ‘pergi keluar’ tanpa harus benar-benar ‘pergi keluar’ ketika rasa suntuk menyerang. Hanya bermodalkan tambahan kursi yang nyaman (siapa di sini yang cinta banget sama kursi ayunan dari kayu? Kami!), secangkir teh Jawa yang harumnya bikin relax, serta novel fiksi atau alat pemutar musik lengkap dengan headset berkualitas baik, segala drama-drama kehidupan rasanya bisa hilang untuk sesaat. Pernah mencobanya? Namun coba bayangkan jika taman rumah kita memiliki situasi yang sebaliknya, misalnya, ketika taman di penuhi jejeran cucian basah karena pengering pada unit mesin cuci di rumah mengalami kerusakan. Oke, jangan dibayangkan.

Image Credit: Teleflora
Image Credit: Teleflora

9. Perbanyak populasi tanaman di rumah

Siapa yang setuju kalau keberadaan “Geng Hijau” di rumah seringkali berhasil membuat kita lebih betah di rumah? Ya, mereka membuat rumah menjadi lebih asri, cantik dan adem. Malah beberapa di antaranya ada juga yang memegang peran penting tambahan yakni sebagai penangkal nyamuk, misalnya. Jelas, pilihan tidak terbatas pada taman dan halaman hijau yang luas saja. Bagi hunian yang tidak dilengkapi keduanya, membawa masuk “Geng Hijau” ke dalam rumah dalam wadah pot atau vas adalah alternatif yang tidak kalah ampuh.

Image Credit: Off Your Plate
Image Credit: Off Your Plate

10. Ajak teman main ke rumah

Dan jika 9 poin pembahasan di atas telah dilakukan namun perasaan lebih betah di rumah masih belum juga sekuat itu, itulah saatnya kita perlu mengundang saudara atau teman-teman baik untuk datang berkunjung. Inilah kesempatan untuk berbagi dengan mereka kenyamanan yang sudah kita coba wujudkan pada hunian sembari seru-seruan bareng mulai dari sesi curhat hingga menggelar barbeque party di taman atau halaman rumah.

 

Apakah ada yang terlewat? Kalau kamu punya tips jitu lain yang belum disebutkan, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar ya!


Beri Komentar

EmailAnda tidak akan ditampilkan. Mohon isi kolam yang bertanda Ruas yang wajib ditandai *