Banyak Kecoa Di Rumah? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

Kecoa adalah musuh umum setiap penghuni rumah. Bukan hanya perkara wujudnya yang kecil dan menyeramkan, kecoa adalah hama kotor sumber pembawa penyakit serta pemicu berbagai jenis alergi lainnya. Selain itu, keberadaan kecoa juga dapat mencerminkan hunian yang tidak sehat dan tidak terawat. Bayangkan betapa memalukannya jika ada kecoa muncul berkeliaran saat saudara atau teman datang berkunjung ke rumah.

Satu pertanyaan besar yang tersisa: dari mana datangnya mereka? Beberapa hal berikut kemungkinan dapat menjadi penyebabnya. Selamat menyimak!

Image Caption: Pest Control Frisco
Image Caption: Pest Control Frisco

1. Taman yang tidak terawat

Tanaman yang tumbuh liar dan menjalar tidak terawat dapat menarik perhatian kecoa untuk singgah. Dalam fase ini, kesempatan kecoa untuk melanjutkan perjalanannya ke dalam rumah menjadi lebih dekat. Dengan begitu, merawat taman dapat menjadi langkah awal yang baik untuk membuat kecoa berpikir dua kali untuk singgah dan datang ke dalam rumah. Penggunaan pestisida tidak sepatutnya menjadi satu-satunya solusi terlebih lagi jika Anda memiliki buah hati di dalam rumah. Kandungan di dalamnya dapat membahayakan kesehatan khususnya anak-anak.

2. Ada celah pada pintu atau jendela rumah

Kecoa dikenal sebagai salah satu hewan yang pandai menyelinap. Celah sedikit saja pada pintu atau jendela di dalam rumah, kecoa mampu masuk ke dalam dan mulai menyebarkan bakteri serta kotoran yang dibawanya. Jika situasi rumah mengharuskan Anda untuk lebih sering membuka jendela atau pintu karena panas, misalnya, tidak ada salahnya untuk memasang pintu tambahan berbahan net yang mampu mengacaukan mobilisasi hama-hama menyebalkan bernama kecoa tersebut.

Image Caption: national geographic
Image Caption: national geographic

3. Kebersihan rumah khususnya lantai tidak terjaga

Seperti disebutkan sebelumnya, kecoa dapat mengindikasikan hunian yang jauh dari kategori bersih. Karena itu, kemunculan kecoa berarti menandakan Anda harus bekerja lebih keras lagi dalam menjaga kebersihan rumah. Lantai memiliki peran besar karena merupakan salah satu komponen rumah terbesar yang vital dan perlu dijaga. Dengan lantai yang bersih dan wangi, kecoa pun enggan datang terlebih lagi berkoloni.

4. Makanan dengan aroma menyengat yang tidak tersimpan dengan baik

Meskipun kecoa dapat hidup berminggu-minggu tanpa makanan, naluri untuk berburu makanan tetap ada jika ada kesempatan. Oleh karena itu arena itu, makanan di dalam rumah yang tidak tersimpan dengan baik dapat menjadi undangan khusus bagi hama kotor ini untuk datang. Pastikan untuk selalu menyimpan makanan, (khususnya sisa makanan yang masih bisa dikonsumsi lagi nantinya) di dalam rumah Anda dengan baik dan tertutup rapat.

Image Caption: Ecolab
Image Caption: Ecolab

5. Genangan air dari pipa bocor

Genangan air baik dari pipa bocor atau tetesan air di kolong tempat cuci piring juga merupakan lahan bermain yang asyik bagi para kecoa. Lakukan inspeksi rutin untuk memastikan rumah Anda bebas dari genangan-genangan air yang tidak diinginkan seperti ini. Keringkan dan buat agar tidak terlampau lembab seperti yang diinginkan para kecoa pada umumnya.

6. Tempat sampah terlalu penuh dan tidak tertutup rapat

Kecoa juga lazim muncul jika tempat sampah di rumah Anda sudah terlampau penuh dan membuatnya tidak dapat tertutup dengan rapat. Ditambah lagi jika Anda mencampurkan antara sampah basah dengan sampah kering dalam satu tempat pembuangan.

Image Credit: No Trash Can
Image Credit: No Trash Can

7. Keberadaan ruang gelap dan lembab

Minimalisir ruangan  gelap dan lembab di rumah Anda karena itu adalah lokasi yang ideal bagi kecoa untuk datang dan berkoloni. Selain yang berskala besar seperti ruangan kosong, tumpukan kardus yang membuat gorong-gorong juga berpotensi menjadi sarang kecoa. Buang kardus atau plastik bekas peralatan elektronik atau perangkat rumah lainnya yang tidak terpakai. Jika memang Anda harus menyimpannya, pastikan mereka tersegel dengan baik dan ditumpuk dengan rapi.

8. Sinyal dari kecoa lain yang sudah berkeliaran di dalam rumah lebih dulu

Seperti halnya hama lain, kecoa memiliki kecenderungan kuat untuk berkoloni.Jadi jika ada satu kecoa yang terlanjur menginvasi rumah, besar kemungkinan dia akan mengundang kawanannya yang lain untuk datang. Karena itu, jika Anda menemukan satu saja kecoa dalam rumah, segera bertindak dan pastikan dia terusir dari rumah.

Image Caption: orkin
Image Caption: orkin

9. Kecoa sudah terlanjur berkoloni

Anda baru pindah rumah? Dan rumah yang Anda tempati saat ini sebelumnya telah berpenghuni? Jika begitu situasinya dan Anda mendapati kecoa berkeliaran di dalam rumah, ada kemungkinan bahwa hama kecoa sudah terlanjur berkoloni di rumah Anda. Segera tanyakan pada penghuni sebelumnya soal keberadaan hama ini karena jika positif bahwa keberadaan kecoa bukan hal asing di rumah tersebut, Anda butuh inspeksi menyeluruh dan segera mengambil tindakan untuk membasmi mereka.

Maksimalkan upaya Anda membasmi kecoa serta hama lainnya di rumah lewat bantuan penyedia jasa terpercaya yang terhubung dengan Beres.id. Klik di sini untuk perbandingan harga.

 

button request jasa


Beri Komentar

EmailAnda tidak akan ditampilkan. Mohon isi kolam yang bertanda Ruas yang wajib ditandai *