Jika 6 Hal Ini Anda Temukan, Sudah Saatnya Anda Lakukan Renovasi Rumah!

Sebagian orang menganggap renovasi rumah bukan hal yang sepatutnya terlalu dipikirkan karena hal itu sama saja mengharap hal buruk terjadi pada hunian kita. Patut disayangkan! Faktanya, semua hal memiliki umur atau masa kerja masing-masing. Begitu juga halnya dengan rumah dan seisinya. Merencanakan renovasi rumah pun bisa dibilang sebagai langkah antisipasi yang baik sebelum hal buruk ‘benar-benar’ terjadi.

Pertanyaannya, kapan? Inilah beberapa pertanda rumah hunian Anda sudah butuh sentuhan renovasi agar kembali menjalankan fungsinya dengan baik!

1. Keberadaan Rayap

Hama khususnya rayap datang bukan semata-mata hanya karena ada banyak sumber makanan, dalam hal ini perangkat rumah berbahan kayu, pada rumah hunian. Kenyataannya, mereka juga gemar berkunjung di hunian yang mereka anggap memiliki banyak celah untuk mereka berkembang biak dan berkoloni. Bisa diindikasikan dengan rumah dengan fondasi yang mulai lapuk karena waktu, rumah yang terlampau kotor, atau rumah yang memang sejak awal memiliki struktur kurang memaksimalkan penjagaan dari hama-hama kecil perusak ini.

Untuk memudahkan Anda mendeteksi keberadaan hama pada rumah hunian, simak pembahasannya di sini.

Image Credit: qlapa.com
Image Credit: qlapa.com

button request jasa

2. Dinding nampak tidak terawat

Penyebabnya beragam! Ada yang karena memang sudah terlampau berumur atau penyebab umum lainnya adalah ketika dinding terlalu sering menjadi arena kebocoran atap rumah. Bukan suatu hal yang menyenangkan melihat dinding berwarna kusam atau lebih buruknya lagi, terjadi keretakan di sana sini. Selain soal estetika, beberapa dampak tidak terawatnya dinding juga dapat membahayakan penghuninya karena dinding adalah bagian dari fondasi utama sebuah rumah.

Temukan tips menjaga kebersihan dinding dengan perangkat sederhana di tautan ini.

Image Credit: Shawnee Mission Post
Image Credit: Shawnee Mission Post

button request jasa

3. Atap rumah sering bocor

Atap rumah yang sering bocor tentunya berdampak terhadap kenyamanan Anda sebagai pemilik rumah dengan adanya genangan air atau dinding yang menjadi kusam atau bahkan rusak karenanya. Belum lagi resiko-resiko yang lebih membahayakan nyawa seperti arus pendek ketika kebocoran terjadi di lokasi yang berdekatan atau persis di tempat sumber listrik.

Kenali lebih dini permasalahan umum yang mungkin terjadi pada atap rumah Anda lewat pembahasan di sini. Ketika masalah terjadi, Anda pun tahu cara terbaik menanganinya!

Image Credit: Kaodim
Image Credit: Kaodim

button request jasa

4. Sering terjadi gangguan listrik

Gangguan listrik bukan hanya perkara gardu di wilayah rumah atau PLN. Sebaliknya, rumah yang sudah tidak lagi terawat juga merupakan situasi ideal bagi bermunculnya banyak permasalahan terkait listrik. Kabel yang sering jadi medium arus pendek, misalnya, kemungkinan menjadi demikian karena dinding atau layout rumah yang tidak maksimal mewujudkan arus listrik yang baik di rumah. Jika sudah demikian, sudah saatnya rumah Anda butuh renovasi untuk mencegah kemungkinan buruk lain terjadi.

Namun biar bagaimanapun, Anda perlu familiar dengan berbagai permasalahan listrik di rumah dan memiliki pemahaman cukup akan bagaimana cara terbaik menanganinya. Terlebih lagi untuk permasalahan yang mutlak membutuhkan tenaga ahli dan tidak disarankan untuk Anda pecahkan sendiri, seperti beberapa contoh berikut ini.

Image Credit: Kaodim
Image Credit: Kaodim

button request jasa

5. Sofa nampak usang dan mudah kotor

Sepele? Ya… kelihatannya demikian. Padahal, jika kita runutkan kembali akar permasalahannya, sofa mudah usang dan kotor adalah indikasi rumah yang memiliki banyak celah bagi debu untuk masuk dan mengotori seisi hunian. Sofa adalah salah satu komponen besar dalam rumah dan lokasinya berada di bagian integral dalam rumah termasuk ruang tamu dan ruang keluarga. Karena itu, sofa mudah kotor dapat menjadi pertanda bagi kemungkinan-kemungkinan seperti langit-langit rumah yang mulai ‘reyot’, dinding retak sana-sini hingga keseluruhan fondasi rumah yang perlu kembali dikokohkan.

Selagi menginvestigasi hal ini, Anda juga perlu tahu cara terbaik membersihkan sofa yang sudah terlanjur kotor tersebut. Sofa yang umumnya terbagi jadi dua yakni bahan dan kulit miliki cara perawatan yang berbeda pula. Temukan jawabannya di sini!

Image Credit: couchcleaning.com
Image Credit: couchcleaning.com

button request jasa

6. Rumah terlampau pengap

Salah satu tantangan ‘tipikal’ tinggal di Indonesia adalah cuaca yang panas menyengat ketika masanya tiba (dan ya, tidak dapat diduga-duga kedatangannya). Jika Anda merasa rumah Anda belum maksimal menjadi hunian yang ‘adem’ dan berpikir sebenarnya bisa diakali dengan mengubah layout rumah sedemikian rupa hingga sirkulasi angin menjadi lebih baik, renovasi adalah jawabannya.

Mengubah layout rumah membutuhkan perencanaan yang super matang karena pada dasarnya, Anda akan merombak seisi rumah. Karenanya selagi menunggu, penggunaan AC adalah jalan pintas yang dapat Anda ambil. Namun teliti lah dengan penggunaannya, jangan sampai membahayakan aliran listrik di rumah, mengancam isi dompet Anda, dan merusak alam semesta. Berikut referensi 6 tips penggunaan AC secara bijak di rumah!

Image Credit: Kaodim
Image Credit: Kaodim

button request jasa

Jika pada akhirnya Anda sudah memantapkan diri untuk melakukan renovasi rumah, jangan ragu untuk konsultasikan perihal budget, tema, manfaat, hingga estimasi waktu pengerjaan pada penyedia jasa kontraktor renovasi terpercaya yang terhubung dengan Beres.id.

Let them do the magic!

button request jasa


Beri Komentar

EmailAnda tidak akan ditampilkan. Mohon isi kolam yang bertanda Ruas yang wajib ditandai *