Ingin Cat Dinding Rumah Tahan Lama? Simak 8 Trik Jitu Berikut Ini!

Definisi ‘jengkel’ terkadang bisa sesederhana dinding nampak kusam dengan cat yang mulai mengelupas sana-sini dan tak lupa keberadaan jamur membandel terutama pada bagian rumah yang cenderung lembab. Jika sudah begini, rumah jadi terlihat kotor dan tidak terawat.

Mencat ulang dinding-dinding kusam ini memang satu solusi praktis yang dapat Anda lakukan. Namun untuk memastikan permasalahan ini tidak datang lagi dalam waktu dekat? Itu tidak kalah penting! Simak 8 trik jitu berikut untuk membuat cat pada dinding rumah menjadi awet dan tahan lama.

Image Credit: wassarca
Image Credit: wassarca

1. Kenali jenis dinding dan pilih cat yang sesuai

Tembok biasa dengan dinding berbahan gypsum, batu alam atau kayu tentunya cocok dengan tipe cat yang berbeda-beda. Pemilihan cat yang tepat pada jenis dinding yang akan dilapisi akan membuat kualitas cat pada dinding lebih terjaga dan awet. Selain itu, eksekusi pengecatan juga akan lebih efisien karena cat yang sesuai akan lebih mudah menyerap dan melapisi permukaan.

2. Gunakan cat khusus eksterior (dan interior!) sebagaimana mestinya

Pastikan Anda mendelegasikan dua kategori cat ini sebagaimana mestinya. Hal ini perlu ditekankan karena tidak sedikit kasus ketika dinding di bagian luar rumah diberikan cat yang non eksterior. Padahal, cat eksterior berperan besar membuat dinding rumah terbebas dari dampak buruk rembesan air hujan seperti dinding yang kian kusam dan keberadaan jamur. Dalam jangka panjang, cat jenis ini juga membantu dinding bertahan dalam perubahan iklim dan cuaca ekstrem.

Image Credit: Topline
Image Credit: Topline

3. Pilih warna cat yang bernuansa cerah

Putih, kuning, atau biru langit cerah: tiga warna berpigmen minim yang bisa dibilang pilihan andalan bagi para pemilik hunian. Warna dengan nuansa ini cenderung lebih lama memudar ketimbang warna lain yang lebih pekat.

4. Maksimalkan kegunaan roller saat melakukan pengecatan

Dalam banyak kasus, roller justru malah membuat eksekusi pengecatan berjalan kurang efisien. Perlu diingat, penggunaan roller bukan seharusnya membuat kita megeluarkan tenaga lebih sedikit saat melakukan pengecatan. Sebaliknya, roller adalah medium untuk mempersolid proses dengan menekan-nekannya saat digunakan. Dengan begitu, cat lebih mudah menempel secara merata dan lebih efisien ketimbang hanya dengan menggunakan kuas.

Image Credit: Best Pick Reports
Image Credit: Best Pick Reports

5. Periksa permukaan yang ingin di cat: sudah bebas debu?

Permukaan yang kotor beresiko membuat cat tidak menempel secara merata. Pernah melihat permukaan dinding yang catnya terlihat seperti berongga atau ‘gradakan’? Besar kemungkinan hal itu dikarenakan saat proses pengecatan, permukaan dinding tidak bersih dan masih tertempel debu atau kotoran-kotoran membandel.

6. Lakukan proses pengecatan di timing yang tepat

Cuaca memang bukan satu hal yang dapat diprediksi dengan pasti. Namun sekadar catatan, proses pengecatan idealnya dilakukan saat cuaca normal, tidak terlalu panas dan sebaliknya. Jika dilakukan saat musim penghujan, tentu akan ada tantangan di proses pengeringan. Sebaliknya, ketika dilakukan saat matahari sedang terik-teriknya, kandungan air atau petroleum pada cat akan menguap terlalu cepat yang berujung pada sulitnya cat menempel dengan sempurna dengan permukaan dinding hingga terkelupas di bagian-bagian yang rentan.

Image credit: renovation malaysia
Image credit: renovation malaysia

7. Perkokoh daya tutup dengan penggunaan cat sealer atau cat dasar

Cat sealer berfungsi untuk memperkuat daya tutup dan daya sebar cat serta memperkecil resiko datangnya lumut atau jamur pada dinding. Pelindung ini digunakan sebelum Anda melapisi permukaan dinding dengan cat bagian terluar atau cat utama. Jangan lupa untuk kupas atau kerok cat lama pada dinding sebelum mengaplikasikan cat sealer dengan amplas untuk hasil yang maksimal.

8. Temukan solusi untuk menjaga kelembaban rumah tetap normal

Penutup penting setelah semua langkah dari mulai tips pemilihan cat yang baik serta cara eksekusi paling efektif sudah dilakukan. Semua akan sia-sia jika ternyata rumah hunian Anda masih berkutat dengan permasalahan atap bocor atau hal lain yang berpengaruh terhadap tingkat kelembaban rumah.

 

button request jasa


One comment Add yours

Beri Komentar

EmailAnda tidak akan ditampilkan. Mohon isi kolam yang bertanda Ruas yang wajib ditandai *