33 Tips Fengshui Terbaik Untuk Rumah Anda di Tahun Anjing Tanah 2018

Fengshui, sebagai salah satu bagian penting dalam filosofi Cina, sering menjadi panduan dalam menentukan sistem tata atau desain sebuah ruangan, baik dalam gedung, ruang publik, dan yang terpenting adalah rumah. Selain bermanfaat untuk terciptanya harmoni antara manusia dengan lingkungan sekitar, fengshui juga dipercaya membawa rezeki dan berbagai keberuntungan lainnya.

Memasuki tahun Anjing Tanah 2018,  berikut adalah 33 tips fengshui paling efektif yang dapat Anda aplikasikan di dalam rumah. Terlepas dari percaya atau tidaknya fengshui berpengaruh pada peruntungan Anda, sistem tata ruang ini tetap merupakan panduan yang jitu untuk memberi kesan harmonis, teratur dan indah di saat yang sama bagi rumah Anda. It’s all about creating a positive living space anyway!

Pintu Masuk Utama

Ini merupakan bagian yang memberikan kesan pertama terhadap rumah secara keseluruhan. Menurut fengshui, area atau pintu masuk utama pun juga berperan sebagai penyambut masuknya energi positif serta penangkal energi negatif dari luar. Hindari tergeletaknya barang-barang yang lupa dirapikan kembali setelah digunakan; lilitan selang usai menyiram tanaman luar, misalnya.

Berikut hal lain yang perlu Anda perhatikan:

  1. Gunakan warna yang cerah untuk pintu masuk utama. Merah dan Hijau dinilai fengshui sebagai pilihan yang paling tepat karena keduanya melambangkan rejeki berlimpah. Namun untuk saat ini, beralihlah ke Hijau sebagai salah satu dari warna yang dianggap membawa keberuntungan di tahun Anjing Tanah 2018.
  2. Letakkan karpet kecil berwarna cerah di depan pintu. Ini berperan untuk menyenangkan hati penghuni atau tamu yang berkunjung karena disambut hal kecil namun indah seperti ini. Hati yang riang mengundang lebih banyak energi positif datang.
  3. Pasang air mancur mini di sekitar pekarangan rumah, jika memungkinkan. Air mancur dipercaya sebagai sumber energi keberuntungan.
  4. Letakkan tanaman hijau di sekitar pintu masuk. Posisikan mereka di sisi-sisi pintu, pastikan kalau mereka tidak menghalangi laluan masuk.
  5. Pastikan gagang pintu berfungsi dengan baik dan tidak mengeluarkan bunyi bising.
  6. Pilih lampu berwarna putih susu dan sejenisnya untuk area depan pintu utama. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian kesempatan-kesempatan emas di luar sana.
  7. Letakkan patung hewan, malaikat, sosok-sosok dalam ajaran agama, atau jenis patung lainnya, jika memungkinkan. Fengshui percaya ini dapat menambah kekuatan rumah untuk menangkal energi negatif dari luar.
thespruce.com
Source: thespruce.com

Di Balik Pintu Utama

Sebagian rumah tidak langsung menghubungkan pintu utama dengan ruang tamu atau ruangan utama lainnya. Biasanya ada ruang laluan yang digunakan untuk meletakkan sepatu atau menggantung pakaian. Menurut fengshui bagian dalam rumah ini tidak kalah penting untuk diperhatikan. Area ini harus sedemikian lega dan mudah dilalui. Berikut catatan lainnya:

  1. Hindari menumpuknya jaket, topi, atau hal lainnya menggantung di balik pintu utama. Akan lebih baik lagi jika masing-masing punya tempat letak yang lain dan membiarkan pintu utama tidak digantungi apapun.
  2. Usahakan untuk area ini tetap mendapat pencahayaan walaupun selama jam tidur. Hal ini untuk menjaga agar energi positif tetap mengalir di dalam rumah. Agar tidak perlu menggunakan energi listrik terlalu banyak, pasang jendela di area ini. Siang pun mendapat pencahayaan matahari, dan malamnya berasal dari lampu di pekarangan, jalan, atau bulan.
  3. Letakkan rak buku kecil. Fengshui melihat rak yang terisikan buku sebagai sumber energi yang baik untuk rumah. Menempatkannya di bagian terdepan rumah membuat fungsinya bekerja sekian kali lebih efektif.
designoffurniture.com
Source: designoffurniture.com

Ruang Tamu

Sebagian rumah di Indonesia membedakan ruang tamu dengan ruang keluarga. Ruang tamu umumnya relatif lebih minimalis dan ditujukan untuk menyambut tamu yang datang berkunjung untuk waktu yang tidak lama. Namun bukan berarti ruangan ini menjadi tidak penting untuk diperhatikan dengan baik. Faktanya, fengshui pun tetap punya beberapa tips untuk memaksimalkan ruangan ini.

  1. Ruang tamu berbentuk persegi dengan sudut sudut 90 derajat. Dipercaya untuk memudahkan berjalannya aliran energi positif yang dihasilkan dari interaksi antara tamu dan pemilik rumah.
  2. Sama halnya dengan area di balik pintu utama, usahakan agar ruangan ini tetap mendapat pencahayaan. Energi positif tidak mengenal waktu saat bertamu.
  3. Pasang sebuah lukisan di dinding. Lebih baik jika lukisan tersebut bergambar shio pemilik rumah atau shio di tahun yang sedang berlangsung, maka lukisan Anjing bisa menjadi alternative yang baik di tahun 2018 ini.
netralnews.com
Source: netralnews.com

Ruang Keluarga

Ruang utama dalam rumah yang paling menentukan jumlah takaran baik energi positif maupun negative karena sepatutnya, di ruangan inilah interaksi antara penghuni rumah utamanya terjadi. Berikut catatan fengshui tentang ruangan  keluarga ini:

  1. Usahakan berlokasi ‘tepat’ di tengah-tengah area rumah. Letak yang diperhitungkan tersebut adalah simbol keutamaan dari ruangan ini. Jika berhasil memenuhi situasi ini, ruangan pun akan menjadi lebih sakral dan tentunya berfungsi lebih baik.
  2. Pasang lukisan-lukisan dan elemen estetik lainnya. Namun perlu dicatat untuk menghindari lukisan yang menggambarkan situasi perang, atau pertengkaran antara manusia atau hewan. Penggambaran lukisan seperti ini dinilai dapat memicu terjadinya perselisihan.
  3. Sofa berbentuk L atau U lebih baik dari sofa yang hanya horizontal. Sofa menjadi salah satu kendaraan utama terjadinya interaksi dan sofa yang berbentuk L atau U dinilai lebih efektif untuk itu.
  4. Buat posisi sofa menempel di dinding. Ide besarnya adalah untuk menghindari orang lain berlalu-lalang di bagian belakang sofa saat diduduki. Ini dilakukan untuk memaksimalkan relaksasi saat berada di dalam ruang keluarga. Aplikasikan hal yang sama jika Anda juga meletakkan sofa di dalam kamar tidur atau ruang lain di rumah.
  5. Jangan terlalu banyak furniture, biarkan ruang keluarga terkesan selega mungkin. Ide besarnya masih sama, untuk mendukung ruangan ini sebagai ruangan yang penuh dengan interaksi yang ciptakan banyak energi positif. Banyaknya furniture dapat mengganggu proses mengalirnya energi tersebut.
bassettfurniture.com
Source: bassettfurniture.com

Kamar Tidur

Kamar tidur adalah ruangan pribadi yang memang sepatutnya disesuaikan dengan Anda sebagai seorang individual yang berkarakter. Karenanya tidak ada ketentuan khusus untuk bagian rumah yang satu ini. Hanya ada beberapa hal berikut yang menurut fengshui baik untuk Anda aplikasikan di dalamnya.

  1. Jangan biarkan posisi tempat tidur berhadap-hadapan dengan pintu apapun. Serta usahakan letaknya sedemikian jauh dari pintu masuk kamar namun masih dalam jarak pandangan.
  2. Jangan letakan posisikan tempat tidur persis di bawah jendela. Hal tersebut dikatakan dapat membuat energi positif berangsur kabur dari diri Anda saat tidur.
  3. Jangan letakan TV dalam kamar atau tutup dengan kain saat tidak digunakan. Ada medan magnetik yang diciptakan TV khususnya saat atau setelah penggunaan. Hal tersebut dapat mengganggu proses relaksasi Anda.
  4. Seimbangkan pernak-pernik estetik yang bersifat alami dengan yang artifisial. Letakkan hal-hal seperti tanaman sederhana dalam pot kecil dan pasir dan kerang dalam kontainer kaca. 
wordpress.com/fawnachang
Source: wordpress.com/fawnachang

Dapur

Fengshui percaya kalau dapur merupakan ruangan yang menjadi sumber kesuksesan keluarga. Lokasinya harus diusahakan jauh dengan pintu utama rumah atau pintu belakang. Berikut beberapa ketentuan lain yang bisa dilakukan untuk dapur Anda.

  1. Letak kompor berhadapan langsung dengan pintu dapur atau arah masuk. Buat agar ketika Anda memasuki wilayah dapur, salah satu hal pertama yang Anda lihat adalah kompor. Jangan sampai kompor berhadap-hadapan dengan dinding atau sudut dapur karena hal itu dapat menjadi penghalang proses mengalirnya energi. Jika hal tersebut sudah terlanjur menjadi situasi dapur Anda, letakkan cermin di atas kompor.
  2. Jangan letakkan kompor, lemari es, dan wastafel cuci piring berdekatan. Usahakan ketiganya berada di posisi segitiga. Jika hal tersebut tidak memungkinkan, letakkan vas bunga di antara ketiganya khususnya kompor dan lemari es. Hal ini dinilai mampu menjaga keharmonisan keluarga.
  3. Letakkan cukup vas bunga dan wadah buah. Keduanya dinilai membawa banyak energi positif yang diperlukan di ruangan ini.
  4. Hindari pisau atau gunting berserakan setelah penggunaan. Barang-barang tajam dan terbuat dari metal seperti ini jika tidak diletakkan sebagaimana mestinya dapat menghambat proses mengalirnya energi positif.
fengshuibeginner.com
Source: fengshuibeginner.com

Ruang Makan

Satu lagi ruangan yang tidak kalah penting dalam terbentuknya interaksi dan energi positif yang dihasilkan di dalam rumah. Inilah kata fengshui tentang bagaimana memaksimalkannya menjadi ruangan yang berperan baik.

  1. Pilih meja makan berbentuk bulat atau oval. Meja makan dengan bentuk demikian membolehkan energi positif untuk lebih mudah mengalir terutama saat jam makan dan interaksi berlangsung.
  2. Jangan letakkan TV dan jam dinding. Berbeda dengan ruang keluarga yang masih memungkinkan adanya hal seperti TV, ruang makan idealnya hanya ditujukan untuk makan dan berinteraksi. Minimalisir peletakkan barang yang potensi menjadi pengganggu.
  3. Beri cukup lukisan dan tanaman. Hal ini dapat membuat ruangan tetap hidup meskipun di luar jam makan atau saat tidak digunakan.
philnews.ph
Source: philnews.ph

Kamar Mandi

Identik dengan keberadaan air, kamar mandi dalam fengshui termasuk ruangan yang menjadi salah satu sumber energi kehidupan terbesar. Penggunaannya tidak begitu sering dibandingkan dengan ruangan lainnya, namun tetap ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuatnya tetap berperan maksimal.

  1. Letakkan tanaman hijau, dalam skala apapun. Bahkan tanaman kecil dalam pot jika diletakkan dalam kamar mandi dinilai dapat menjaga energi kehidupan tetap hidup di dalamnya. Saat mandi di pagi hari pun Anda akan terus dihujani energi kehidupan untuk bekal menjalani keseharian Anda nantinya.
  2. Posisi yang tidak terlalu dekat dengan dapur, ruang keluarga dan ruang makan. Fengshui percaya ini berkaitan dengan keharmonisan keluarga. Energi yang dihasilkan kamar mandi tidak boleh saling bertubrukan dengan besarnya energi dari ketiga ruangan tersebut.
  3. Jika poin sebelumnya tidak memungkinkan, pastikan untuk selalu tutup pintu kamar mandi Anda.
  4. Closet tidak berhadapan langsung atau sejajar dengan pintu kamar mandi. Sama halnya dengan tidak disarankannya posisi toilet membelakangi jalan, keduanya dinilai mampu menangkal energi positif masuk.
ehow.blog.com
Source: ehow.blog.com

Bagaimana? Ada yang terlewat? Jangan ragu untuk bagikan tips lain yang mungkin Anda ketahui sebelumnya di kolom komen di bawah ini. Sementara itu, 33 Tips ini sekiranya cukup untuk menginspirasi Anda, bukan?

Untuk tips selengkapnya seputar desain interior rumah, Anda dapat serahkan pada penyedia jasa konsultasi desain interior melalui Beres di sini. Temukan juga berbagai kesempatan untuk terhubung dengan penyedia jasa lainnya untuk segala masalah di rumah Anda melalui Beres.id!


Beri Komentar

EmailAnda tidak akan ditampilkan. Mohon isi kolam yang bertanda Ruas yang wajib ditandai *