7 Masalah Listrik Di Rumah Yang Tidak Seharusnya Ditangani Sendiri

Gangguan listrik di rumah bisa terjadi kapan saja dan hal ini dapat berujung membahayakan apabila kita membuat kesalahan saat mencoba menanganinya. Ada kalanya kita merasa mampu memecahkan masalah sendiri dengan hanya mengandalkan pengalaman orang lain atau sebatas membaca artikel di Internet. Padahal, tanpa latar belakang pemahaman yang cukup, kita malah dapat memperburuk keadaan.

Berikut adalah 7 permasalahan listrik di rumah yang tidak boleh disepelekan dan sebaiknya ditangani oleh ahli teknisi listrik.

1. Kesetrum atau Tersengat Listrik

Secara teknis umumnya disebut electric shock. Pernah mengalaminya? Biasanya ini terjadi saat Anda berusaha untuk mencolok atau mencabut peralatan listrik seperti kulkas atau televisi. Segera lakukan diagnosa sederhana dengan kembali mencabut atau mencolok peralatan tersebut. Jika sengatan listrik terjadi lagi, besar kemungkinan masalah ada pada peralatan listrik tersebut yang menandakan Anda harus memperbaikinya. Namun jika tidak, kemungkinan ada masalah lain yang lebih besar di sistem jaringan listrik rumah Anda yang patut dikhawatirkan.

kesetrum listrik
Image Credit: Tirto.com

2. Lampu Kedap-Kedip

Lampu bohlam rumah yang tiba-tiba meredup dan kedap-kedip tidak melulu diakibatkan oleh daya fungsinya yang sudah hampir mati. Ada berbagai kemungkinan seperti adanya bagian dalam tombol kontak yang terkikis, terlalu banyaknya instalasi dalam satu tombol kontak, atau yang paling mengkhawatirkan, yakni adanya masalah pada sambungan listrik yang dapat berujung pada rusaknya keseluruhan sistem jaringan listrik di rumah. Jasa ahli dibutuhkan untuk secara mendalam mendiagnosa gangguan mulai dari kabel, soket hingga junction box atau kotak hubung lampu.

Image Credit: selah.sg
Image Credit: selah.sg

3. Tercium Bau Hangus

Ketika bau hangus dari arah sumber aliran listrik di rumah mulai tercium, Anda patut mengkhawatirkannya. Kemungkinan besar, sumber masalah ada pada sistem kabel yang rusak atau bahkan KWH meter yang mengalami korslet bahkan hingga mengakibatkan munculnya percikan api. Jangan mengambil resiko untuk mengutak-atik sendiri sumber bau tersebut dan segeralah memanggil ahlinya untuk turun tangan. Selama menunggu pertolongan datang untuk mengambil tindakan, segera matikan sumber aliran listrik di rumah Anda. Jika Anda memiliki alat pemadam api ringan (rumahan), persiapkan untuk kemungkinan-kemungkinan terburuk dari masalah pelik ini.

Image Credit: houselogic.com
Image Credit: houselogic.com

4. Stop Kontak Memanas

Stop kontak memanas atau gejala hot fixtures seringkali disepelekan atas anggapan bahwa wajar bila penggunaan lampu mengakibatkan energi panas. Namun, Anda tetap harus sesekali memeriksa tingkat kepanasannya. Stop kontak atau permukaan lampu yang terlampau panas adalah indikasi adanya overheating yang dapat mengakibatkan kebakaran.

Segera laporkan kepada para ahli untuk memeriksa kadar wattage di rumah. Sementara itu, pencegahan dapat dilakukan dengan beralih ke penggunaan lampu yang hemat daya seperti LED (light-emitting diode).

Image Credit: redfin.com
Image Credit: redfin.com

5. Stop Kontak Tidak Berfungsi

Satu lagi masalah yang kerap dibiarkan begitu saja. Padahal ini dapat membahayakan terutama apabila stop kontak yang sudah hampir lepas dari dinding tempatnya berada. Perlu diketahui bahwa stop kontak yang tidak berfungsi masih tetap menjadi arah aliran listrik. Sengatan listriknya akan tetap membahayakan jika terjatuh dan tersenggol anggota keluarga atau Anda sendiri di rumah.

Oleh sebab itu, jika ada stop kontak yang tidak lagi bekerja dengan baik, pilihan Anda hanya dua: memperbaiki atau menutup fungsinya pengaliran listriknya.

Image Credit: istock.com
Image Credit: istock.com

6. Tegangan Tinggi Saat Cuaca Buruk

Sudah bukan rahasia lagi kalau tegangan tinggi akibat cuaca buruk seperti hujan badai berpetir dapat membahayakan daya fungsi peralatan berbasis listrik di rumah. Anda tidak akan selalu dapat memperkirakan atau menyempatkan untuk mematikan dan memutus sambungan listrik peralatan ini saat hujan badai datang, benar begitu?

Oleh karena itu, jasa ahli listrik dibutuhkan untuk memastikan bahwa rumah Anda telah dilengkapi dengan pelindung tegangan tinggi dari merek yang terpercaya. Lebih baik sedikit mahal di awal untuk mencegah kerugian yang jauh lebih mahal, kan?

Image Credit: heraldgoa.com
Image Credit: heraldgoa.com

7. Masalah Sakelar Pemutus (Circuit Breaker)

Circuit Breaker berpotensial sebagai pemicu terjadinya kebakaran akibat korsleting. Kelihatannya sederhana, hanya perkara menaik-turunkan tombol yang tersedia. Nyatanya, circuit breaker adalah ‘mainan’ khusus para ahli untuk mengatur persediaan daya listrik di rumah, khususnya untuk mencegah terlalu banyaknya penggunaan listrik yang dipusatkan ke satu saklar.

Image Credit: mebaelectric.co
Image Credit: mebaelectric.co

Apakah Anda pernah mengalami permasalahan lain yang belum tercantum dalam daftar di atas? Bagaimana teknisi Anda menanganinya? Bagikan pengalaman Anda pada kolom komen di bawah ini.

Utamakan keamanan dan keselamatan Anda beserta keluarga dari resiko kecelakaan yang diakibatkan oleh gangguan listrik. Klik disini untuk terhubung dengan dengan para teknisi listrik handal & berpengalaman, hanya di Beres.id.

button request jasa


Ditulis oleh: Aditya Gilank Pratama

Disunting oleh: Cindy Junovica


Beri Komentar

EmailAnda tidak akan ditampilkan. Mohon isi kolam yang bertanda Ruas yang wajib ditandai *