Ternyata Baking Soda Punya 14 Kegunaan Mengagumkan Ini!

Anda yang hobi membuat kue tentu akrab dengan penggunaan baking soda, bukan? Bubuk putih ini lah yang biasa membuat adonan kue yang kita olah mampu mengembang dan menjulang melewati batas lingkaran loyang. Setelah ditelusuri, ternyata baking soda memiliki kegunaan lain di luar untuk urusan masak-memasak, lho! Dari toilet, sepatu hingga kuku, berikut adalah 14 hal yang ternyata mampu dibersihkan dengan penggunaan baking soda.

1. Mengangkat Kotoran Pada Karpet 

Karpet umumnya nyaman menjadi alas bermain dengan anak, adik, atau hewan peliharaan Anda, bukan begitu? Nah, karena sering digunakan, karpet juga rentan dengan menempelnya banyak kuman dan bau tak sedap. Taburkan bubuk baking soda pada permukaan karpet secara merata, tunggu kurang lebih 30 menit, lalu gunakan vacuum cleaner pada karpet sebagaimana mestinya.

Bukan hanya bersih dari kotoran, karpet juga akan kembali wangi seperti sedia kala. Lakukan trik yang sama untuk kebersihan kasur di kamar Anda!

livesimply.me
Source: livesimply.me

2. Menghilangkan Bau Tak Sedap Dalam Kulkas

Lemari pendingin atau kulkas rentan terhadap bau yang dihasilkan dari makanan, minuman atau hal lain yang diletakkan di dalamnnya. Kontrol aroma dalam kulkas dengan penggunaan baking soda. Masukkan sekiranya 5 sendok bubuk baking soda ke dalam gelas atau wadah beling lainnya. Tambahkan satu atau dua tetes minyak lemon dan letakkan campuran keduanya ke dalam kulkas.

Dengan ini, aroma kulkas pun akan menjadi lebih netral & tidak bau. Jangan lupa untuk mengganti ramuan dengan yang baru setiap bulan ya!

3. Melancarkan Saluran Air Tersumbat

Hal ini paling sering terjadi di saluran air di bak cuci piring. Besar kemungkinan hal ini disebabkan oleh noda atau kotoran yang berkerak di sela sela saluran. Tuangkan baking soda secukupnya ke dalam saluran, biarkan satu hingga dua menit lalu bilas dengan air panas agar kotoran rontok dan saluran dapat kembali berfungsi dengan baik.

4. Membersihkan & Menghilangkan Bau Pada Kloset

Taburkan baking soda ke dalam kloset, biarkan selama 10 menit, lalu siram atau flush. Toilet akan menjadi lebih bersih dan yang terpenting, kloset terhindar dari bau tak sedap. Ramuan baking soda untuk pengharum kulkas yang telah Anda gunakan selama satu bulan juga dapat dimanfaatkan untuk hal ini.

livesimply.me
Source: livesimply.me

5. Mengangkat Sisa Makanan Mengering Pada Oven

Taburkan baking soda pada permukaan di bagian dalam oven, terutama yang terkena noda atau bekas-bekas makanan yang mengering. Lalu semprotkan dengan air, jangan langsung disiram karena dapat merusak oven itu sendiri. Diamkan selama beberapa jam lalu lap permukaan tersebut dengan spons dan kain bersih.  

6. Membersihkan Sisa Makanan Pada Bak Cuci Piring

Taburkan baking soda ke permukaan bak cuci piring khususnya bagian-bagian yang terdapat noda menempel. Tunggu beberapa saat lalu gosok bagian-bagian tersebut dengan spons pembersih yang sudah diberikan air. Lihat bagaimana noda, minyak dan sisa kotoran yang menempel perlahan-lahan terangkat dan dibersihkan. Hal yang sama juga bisa dilakukan untuk bak mandi atau bathtub di rumah Anda.

rd.com
Source: rd.com

7. Menjaga Aroma Kamar Tidur Tetap Harum

Letakkan satu kontainer kecil terbuka yang berisikan bubuk baking soda di salah satu sudut strategis kamar. Hal ini dapat membantu kesegaran udara kamar Anda tetap terjaga dan terhindar dari bakteri yang dihasilkan oleh AC di kamar.

8. Menghilangkan Bau Pada Sepatu

Sepatu bau adalah efek yang diakibatkan oleh banyaknya bakteri yang menumpuk setelah terlalu sering berhadapan langsung dengan lantai atau jalan. Taburkan beberapa jumput baking soda ke dalam sepatu dan diamkan semalaman. Keesokan paginya, sepatu tidak lagi bau dan nyaman digunakan.

Wikihow.com
Source: Wikihow.com

9. Membersihkan Mainan si Kecil

Jangan sepelekan kotoran yang ada pada mainan si kecil. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihannya karena bisa saja di luar pengawasan kita, si kecil tanpa sengaja memasukan mainan tersebut ke dalam mulut dan proses transfer bakteri terjadi. Bersihkan mainan si kecil dengan cara direndamkan ke dalam air yang sudah dicampur dengan bubuk baking soda. Diamkan selama beberapa jam untuk kemudian dibilas menggunakan air hangat.

10. Memutihkan Kuku Dalam Sekejap

Campurkan cukup baking soda dengan sedikit tetesan air. Dengan bantuan kuas kecil, oleskan campuran tersebut ke kuku-kuku jari Anda lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit atau sampai mengering. Bilas dengan air dan lihat perbedaannya!

Diyhealthremedy.com
Source: diyhealthremedy.com

11. Menghilangkan Noda Krayon Pada Dinding

Bagi Anda yang memiliki anak kecil di rumah, dinding tentu sering menjadi sasaran empuk bagi si kecil untuk berkreasi dengan krayon atau pensil warna. Ketimbang melarang mereka untuk berkekspresi, lebih baik ketahui cara menanganinya. Anda hanya perlu menaburkan cukup baking soda ke permukaan kain basah untuk kemudian digunakan sebagai medium lap coretan di dinding. Perlu diingat untuk tidak terlalu kencang karena malah akan berakibat lunturnya warna cat.

12. Memadamkan Api Saat Terjadi Kebakaran Kecil

Jika terjadi kebakaran kecil di rumah, segera taburkan baking soda ke arah yang terbakar. Api akan lebih mudah padam dan Anda terhindar dari kemungkinan terburuk lainnya. Pastikan baking soda ada dalam jangkauan terutama di daerah rawan kecerobohan seperti di samping kompor.

food-hacks.wonderhowto.com
Source: food-hacks.wonderhowto.com

13. Menghilangkan Bau Papan Talenan Usai Pemakaian

Terutama bagi Anda yang menjadikan talenan di dapur multiguna. Mungkin sebagian dari Anda memiliki pengalaman ketika irisan buah yang hendak Anda makan malah berbau irisan cabe, atau sebaliknya. Rutin bersihkan talenan kayu Anda dengan campuran taburan baking soda agar tidak berbau usai pemakaian.

14. Meminimalisir Bau Tidak Sedap Pada Tong Sampah

Memang wajar bila tong sampah memiliki bau yang tidak sedap. Namun dengan menaburkan cukup baking soda di dalamnya, bau yang dihasilkan akan cenderung berkurang. Secara otomatis lalat juga lebih enggan untuk mengerumuni.

Jika Anda tahu tips lain terkait penggunaan baking soda yang terlewat, jangan ragu untuk membagikannya pada kolom komen di bawah ini. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan jasa pembersihan rumah terpercaya & profesional di Beres.id. Kirimkan request kerja dan kami akan menghubungkan Anda ke cleaning service top & ahlinya.

button request jasa


Ditulis oleh: Aditya Gilank Pratama

Disunting oleh: Cindy Junovica


Beri Komentar

EmailAnda tidak akan ditampilkan. Mohon isi kolam yang bertanda Ruas yang wajib ditandai *