4 Pertanyaan Service AC Yang Sering Di-Google Oleh Netizen!

Bertempat tinggal di daerah tropis seperti Indonesia, pentingnya penyejuk udara atau pendingin ruangan atau yang lazim disebut AC pun semakin meningkat. Selain kebutuhan pangan, sandang, dan papan, kebutuhan tertier seperti mesin pendingin ruangan ini pun menjadi bagian dari gaya hidup yang tak dapat diabaikan, apalagi di kala musim kemarau. Orang-orang pun tidak tahan berlama-lama di bawah terik matahari dan selalu ‘ngadem’ di ruangan ber-AC setiap kali ada kesempatan.

Seperti barang elektronik lainnya, AC juga tak luput dari masalah dan kerusakan. Seiring dengan peningkatan frekuensi penggunaan, frekuensi perawatan umum seperti cuci AC/ service AC secara berkala untuk mencegah kerusakan juga perlu diperhatikan. Apabila nasi telah menjadi bubur, dan kerusakan AC telah terjadi, Anda juga perlu memastikan bahwa masalah segera ditangani agar tidak semakin parah dan mempengaruhi kenyamanan Anda dan keluarga.

Di kala kerusakan muncul, tak sedikit orang pun beralih ke mesin pencari Google dan mencari tahu penyebab & solusi AC yang sedang dialami. Ini dia 4 permasalahan umum tentang service AC yang selalu dipertanyakan oleh netizen.

#1 Seputar Service AC: Kenapa AC Tidak Dingin?

jasa service AC saat AC tidak atau kurang dingin

Salah satu permasalahan AC paling umum yang dialami oleh semua pengguna AC adalah AC tidak atau kurang dingin. Penyebabnya pun beragam seperti kondisi AC yang kotor, filter tidak dibersihkan, jumlah freon yang tidak cukup, kompresor lemah atau mati total, dan kapasitas AC yang tidak sebanding dengan jumlah pengguna dan luas ruangan. Untuk informasi selengkapnya, baca: AC sudah nyala tapi masih tetap tidak dingin? Cek penyebabnya disini!

Solusi:

Pak Opik dari Putra Jaya Teknik berhasil membuat AC saya dingin lagi setelah teknisi-teknisi sebelumnya tidak berhasil menemukan masalahnya. Fast respon, informasi kerusakan jelas, on-time, dan bergaransi. Thank you atas service AC yang memuaskan, pak!” – tulis Siti Sarah Nirmala Putri dari Pisangan Baru, Matraman, Kota Jakarta Timur.

#2 Seputar Service AC: Kenapa AC Saya Bocor?

jasa service AC saat AC bocor atau meneteskan air

Kebocoran saluran pendingin merupakan permasalahan yang sering terjadi di kalangan pengguna AC. Kebocoran dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

  • kotoran atau debu dalam AC yang menyumbat selang pembuangan air ke luar ruangan. Apabila selang ini tersumbat, maka akan menyebabkan air tergenang di dalam tabung penampung pada unit ruangan, dan lebih parah lagi, air ini dapat mengalir kemana-mana dan berpotensi mengenai peralatan di bawahnya.
  • Pipa retak dan pecah sehingga menyebabkan kebocoran. Apabila ini terjadi, segera hubungi teknisi untuk melakukan perbaikan atau service AC.

Solusi:

“Teknisi Inti Tehnik cukup cepat tanggap akan masalah AC saya, menjelaskan dengan detail dan tidak berbelit, disarankan untuk melakukan tukar tambah outdoor dan hasil service AC memuaskan!”, tulis Nenengsi Chaniago dari Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan.

#3 Seputar Service AC: Kenapa Suara AC Saya Berisik?

jasa service AC saat AC mengeluarkan suara berisik atau berdengung

Suara berdengung atau berisik yang keluar dari AC tentunya sangat mengganggu, apalagi jika Anda sedang beraktivitas di dalam ruangan atau sedang tidur. Bunyi AC dapat disebabkan oleh beberapa hal.

  • Karet dudukan kompresor yang sudah habis
  • Banyak baut yang lepas atau sudah kendor
  • Karet stabilizer, mesin kompresor, atau motor fan sudah rusak

Solusi:

“Suara AC jadi tidak bising. Respon teknisi juga sangat cepat & pekerjaan rapi”, komentar Ray Pradana dari Jakarta Pusat.

#4 Seputar Service AC: Apa Itu Freon? Kapan Saya Harus Isi Freon AC?

Pilih freon AC yang sesuai
Source: blog.seemelissa.com

Untuk informasi lengkap mengenai Freon AC, baca: Mari Mengenal Freon AC, Senyawa Tak Terlihat Tapi Kaya Manfaat!

Sebenarnya, apabila tidak terjadi kebocoran, AC tidak perlu ditambah freon AC terus menerus. Akan tetapi jika AC rumah Anda bocor, lebih besar peluang bahwa Anda harus mengisi/ menambah freon AC.

Solusi:

“Sangat profesional,informatif, sopan, jujur (ini yg paling penting) buat saya. Banyak jasa servis AC yg memainkan customernya untuk harus ganti/tambah FREON, tapi sebenarnya tidak perlu. Sangat handal,very recommended lah pokoknya. Terima kasih!”, tulis Astrid dari Cijantung, Pasar Rebo, Kota Jakarta Timur.


Apa pun masalah AC-nya, Anda dapat menyewa jasa tukang service AC  untuk cuci AC, isi freon, atau perbaikan AC di www.beres.id. Penyedia jasa Beres.id telah:

  • terverifikasi
  • terpercaya & jujur
  • handal & berpengalaman
  • harga kompetitif

request jasa service ac jakarta button


Ditulis oleh: Cindy Junovica


Beri Komentar

EmailAnda tidak akan ditampilkan. Mohon isi kolam yang bertanda Ruas yang wajib ditandai *