Hilangkan Jamur Dinding Dengan 4 Langkah Berikut!

Jamur dinding merupakan “musuh bebuyutan” bagi para pemilik rumah dalam kondisi cuaca lembab. Jamur disebarkan oleh spora yang melayang-layang di udara dan tumbuh baik di lingkungan lembap, hangat, dan tempat-tempat yang tidak memiliki ventilasi udara, sehingga tidak memiliki sirkulasi udara yang baik.

Banyak akibat yang bisa disebabkan oleh jamur dinding, mulai dari membuat rumah terlihat tidak bagus, baunya yang menyengat, sampai risiko spora jamur tersebut tercium dan meracuni kesehatan Anda dan keluarga. Tentu Anda tidak mau hal ini tejadi, bukan? Maka dari itu, jika rumah Anda sudah terlanjur dihinggapi jamur dinding, berikut 4 langkah untuk menghilangkannya!

Buat Larutan Dari Karbol & Air Dengan Perbandingan 1 Karbol : 3 Air

buat larutan untuk dinding berjamur
Source: asripaint.files.wordpress.com

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengumpulkan bahan dasar untuk membuat larutan penghilang jamur dinding. Bahan yang dibutuhkan adalah karbol yang biasa digunakan untuk mengepel lantai dan air biasa. Jika Anda sedang kehabisan karbol, deterjen pencuci baju juga bisa dijadikan alternatif pengganti karbol.

Untuk takarannya, gunakan perbandingan 1:3 dengan 1 gelas karbol diimbangi dengan 3 gelas air. Dengan ini, Anda akan lebih menghemat pengeluaran untuk karbol, namun tetap mempunyai kuantitas yang banyak karena dicampur dengan air biasa. Aduk merata hingga kedua cairan bercampur.

Semprotkan Pada Area Dinding Yang Berjamur 

semprot dinding berjamur
Source: ecs7.tokopedia.net

Langkah kedua, semprotkan larutan yang sudah diracik ke bagian dinding berjamur tersebut. Semprotkan secara menyeluruh, pastikan tidak ada bagian yang tidak terkena percikan larutan tersebut agar hasil akhir lebih maksimal. Selain itu, jangan lupa semprotkan dari jarak yang agak jauh agar percikan larutan lebih melebar dan merata. 

Gosok Dinding Dengan Sikat Atau Kain Lap

gosok dinding berjamur
Source: i.ytimg.com

Setelah menyemprotnya dengan larutan karbol dan air, gosok dinding dengan sikat yang memiliki bulu kaku agar jamur dinding bisa rontok dengan cepat. Jika Anda tidak memiliki sikat dengan bulu kaku, Anda juga bisa menggunakan kain berserat kasar sebagai alternatifnya.

Jangan menggosokkan sikat atau kain dengan terlalu keras. Mengapa? Karena hal ini beresiko merusak cat dinding rumah Anda. Namun, apabila jamur melekat di bagian keramik, Anda dapat menggosoknya lebih kuat karena keramik tidak akan terkelupas.

Bilas Dan Keringkan 

keringkan dinding berjamur
Source: infobisnisproperti.com

Langkah terakhir untuk membasmi jamur tembok di rumahmu adalah menyiramnya dengan air dan mengeringkannya kembali, baik itu menggunakan lap kering atau dengan bantuan kanebo. Bilas dan jangan lupa untuk membersihkan sikat atau kain yang digunakan untuk menggosok jamur dinding tersebut, ya!


Tidak mau repot-repot dan butuh bantuan untuk membersihkan dinding maupun seisi rumah Anda? Booking jasa pembersihan rumah/ cleaning service profesional, handal, dan terpercaya melalui www.beres.id.  Kami menyediakan penyedia jasa berpengalaman yang dapat membersihkan rumah Anda dari segala jenis masalah, mulai dari jamur dinding sampai membersihkan setiap sudut rumah Anda.

button request jasa


Ditulis oleh: Doni Rahman

Disunting oleh: Cindy Junovica


Beri Komentar

EmailAnda tidak akan ditampilkan. Mohon isi kolam yang bertanda Ruas yang wajib ditandai *