5 Tips Mengabadikan Foto Cantik Pada Malam Hari

Night photography atau pengambilan foto di malam hari menjadi preferensi bagi orang yang ingin mengabadikan keindahan kerlap-kerlip lampu atau sekedar mendapatkan keanggunan dan elegan yang diciptakan oleh efek kurangnya cahaya. Bagi kalian yang ingin melakukan night photography atau pemotretan di malam hari untuk sesi prewedding, fashion shoot, atau sekedar foto cantik, berikut 5 tips penting untuk mendapatkan hasil foto yang bagus dan memuaskan.

1. Pencahayaan

MENGGUNAKAN BLITZ
Source: gallerieck.com

Kesulitan utama khususnya dalam melakukan sesi foto outdoor pada malam hari adalah masalah cahaya. Untuk mengatasinya, gunakan peralatan blitz jika tidak terlalu ingin untuk menonjolkan latar belakang yang ada. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan pencahayaan sekitar untuk mendapatkan kesan realistis dan gemerlapan pada hasil foto.

2. Latar Belakang

PREWEDDING LATAR BELAKANG
Source: i.pinimg.com

Mungkin tips ini akan terasa sangat teknis. Namun, tips ini merupakan salah satu kunci keberhasilan night photography. Gunakan fungsi apertur pada kamera untuk memaksimalkan hasil foto sesuai dengan yang Anda inginkan. Jika menginginkan foto dengan efek bokeh (latar blur), ubah pengaturan aperture menjadi lebih lebar. Namun sebaliknya, gunakan aperture sempit untuk mendapatkan latar belakang yang lebih jelas.

3. Penggunaan Tripod

FOTO DENGAN TRIPOD
Source: static1.squarespace.com

Foto pada malam hari identik dengan penggunaan shutter speed yang lambat. Untuk mengurangi risiko gambar objek blur, gunakan tripod agar kamera bisa dalam posisi yang stabil dan tidak goyah pada jangka waktu yang lama. Selain itu, tripod juga bisa meminimalisir gerakan refleks tidak disengaja yang bisa saja dilakukan oleh fotografer saat mengambil foto.

4. Minimalisir Gerakan

MINIMALISIR GERAKAN
Source: mykeyday-photography.com

Masih berhubungan dengan poin ketiga, namun kali ini dari segi objek foto, alias calon pengantin yang tengah difoto. Usahakan untuk menyesuaikan gerakan tubuh dengan komposisi cahaya yang ada. Jika lokasi foto sudah terlampau gelap, jangan lakukan gerakan-gerakan sekecil apapun.

5. Pilih Baju Yang Tidak Menimbulkan Efek Flicker

PERHATIKAN BAJU YANG DIPILIH
Source: kamehoused66.files.wordpress.com

Flicker adalah kondisi dimana gambar dengan pola yang berdempetan seperti garis-garis atau kotak-kotak kecil menjadi tidak terlihat cenderung mengganggu layar kamera, sehingga menghasilkan hasil akhir yang tidak maksimal. Maka dari itu, usahakan untuk menggunakan pakaian dengan motif yang sederhana, namun tetap elegan saat dipakai.


Pastikan fotografer yang Anda sewa memahami cara pengambilan foto di malam hari yang efektif. Tentunya Anda tidak mau hasil foto yang diambil ternyata tidak maksimal, bukan? Untuk itu, Anda disarankan untuk menggunakan  jasa fotografer prewedding profesional dan memiliki jam terbang tinggi dibidangnya.

Booking jasa fotografer prewedding melalui www.beres.id dan dapatkan fotografer prewedding yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Pastinya, Anda juga bisa menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Wujudkan dan abadikan momen Anda bersama Beres.id!

button request jasa


Ditulis oleh: Doni Rahman

Disunting oleh: Cindy Junovica


Beri Komentar

EmailAnda tidak akan ditampilkan. Mohon isi kolam yang bertanda Ruas yang wajib ditandai *