Ciptakan Ilusi Kamar Tidur Lebih Luas Dengan 5 Trik Ini!

Artikel ini juga diterbitkan di rizkyzone.com


Tidak semua orang memiliki kamar tidur yang luas. Akan tetapi, semua orang dapat menciptakan kamar tidur yang nyaman walaupun dengan space yang sempit & terbatas.

Kamar tidur yang nyaman merupakan impian semua orang. Ini merupakan salah satu ruangan terpenting dimana si pemilik kamar beristirahat dan menghabiskan waktu luang. Nah, banyak orang pun beranggapan bahwa kenyamanan identik dengan ruangan yang berukuran besar, ranjang king size yang empuk, dan perabotan/ furniture yang mewah. Padahal, kamar tidur yang nyaman tidak harus selalu memiliki space yang luas.

Yuk, ikuti tips-tips di bawah ini untuk menata kamar berukuran kecil agar tampak rapi dan terkesan nyaman.

Gunakan rak dinding tempel atau floating shelves untuk menghemat space

Floating shelves atau rak ambalan
Source: domino.com

Rak dinding tempel atau yang sering disebut dengan rak ambalan adalah pilihan yang tepat apabila Anda ingin menghemat space lantai di kamar ataupun ruangan lainnya. Anda dapat menaruh dan menata buku-buku, pigura foto, aksesoris, atau koleksi mainan di atasnya. Rak ini merupakan solusi penataan yang tepat dan tidak akan membuat ruangan terkesan sumpek.

Selain berfungsi sebagai tempat menaruh barang, rak melayang ini juga dapat Anda manfaatkan sebagai meja kecil di samping tempat tidur. Untuk menambah kesan yang nyaman, Anda dapat meletakkan pot tanaman hijau kecil sebagai pemanis.

Memaksimalkan ruang di bawah tempat tidur & di atas lemari

Tempat tidur dengan laci penyimpanan barang
Source: bestdsgn.com

Salah satu trik untuk menciptakan kesan kamar tidur yang lapang adalah dengan ‘menyembunyikan’ barang-barang di tempat yang tidak terlihat. Celah di bawah tempat tidur dan di atas lemari adalah tempat yang cocok untuk menyimpan barang-barang yang jarang terpakai seperti seprei cadangan, jaket tebal, koper, dan lain-lain. Agar barang-barang tidak terkena debu, bungkus dengan plastik transparan atau masukkan ke dalam kotak kardus dan tutup rapat sebelum disimpan.

Selain tampak minimalis, Anda juga dapat mempertimbangkan furniture multifungsi. Contohnya, tempat tidur multifungsi dengan kehadiran laci juga dapat menjadi tempat penyimpanan yang efektif.

Gunakan cermin untuk menciptakan kesan ruangan lebih luas

kehadiran cermin dapat membuat kamar tidur lebih luas
Source : livingwithlibby.com

Penggunaan cermin di kamar tidur yang sempit dapat membuat ruangan tampak 2 kali lebih luas. Efek pantulan cahaya dari cermin juga dapat memberi kesan yang lebih cerah dan hidup untuk kamar. Anda sangat disarankan untuk mencoba tips yang satu ini, dan rasakan perbedaannya.

Pilih ukuran jendela dan kain gorden yang tepat

kamar tidur yang terang dengan pancaran sinar matahari
Source: tinypic.com

Salah satu fitur yang dapat memberikan kesan luas pada kamar adalah jendela yang besar. Mengapa? Karena jendela yang besar membuat kamar tampak lebih terang dan memberikan impresi kamar yang jauh lebih luas dari ukuran sebenarnya.

Pemilihan gorden juga mempengaruhi intensitas cahaya dan suhu dalam kamar. Gunakan gorden dengan bahan yang tipis dan berwarna terang seperti putih, abu-abu, krem agar cahaya lebih mudah menembus ruangan. Selain itu, pilih gorden berwarna terang karena gorden berwarna gelap cenderung menyerap panas dan berakibat terhadap peningkatan suhu dalam kamar.

Perpaduan warna cat dinding dan furniture

kamar tidur dengan cat warna dinding yang terang dan furniture kecil
Source: myohomes.com

Agar kamar tampak luas, elemen yang tak kalah pentingnya adalah perpaduan warna. Pilih warna cat dinding yang terang dan furniture yang tidak terlalu besar agar langit-langit kamar tampak lebih tinggi. Hindari warna cat dinding yang terlalu kontras dengan warna furniture karena hal ini dapat memberi kesan sempit dan padat pada kamar.


Memiliki kamar tidur dengan ukuran terbatas memang menjadi dilema banyak orang. Apalagi jika sang pemilik kamar punya banyak barang. Akan tetapi, hal ini tidak harus menjadi kendala. Asal tahu cara penataan yang tepat, kamar tidur yang kecil dan sempit pun dapat disulap menjadi nyaman.

Akan tetapi, jika Anda berniat untuk merombak atau merenovasi kamar, kontraktor renovasi Beres.id siap membantu. Beres.id akan menhubungkan penyedia jasa handal dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan Anda mulai dari pembuatan jendela & lemari, instalasi/ perbaikan lampu, dan masih banyak lagi. Apabila Anda bingung tentang penataan, dekorasi, dan desain yang cocok, konsultasikan hal ini kepada interior desainer Beres.id dan mereka akan membantu memvisualisasikan dan mewujudkannya. Yang perlu Anda lakukan hanya mengirimkan permintaan kerja dan penyedia jasa Beres.id akan mem’beres’kannya untuk Anda!

button request jasa


Ditulis oleh: Cindy Junovica


Beri Komentar

EmailAnda tidak akan ditampilkan. Mohon isi kolam yang bertanda Ruas yang wajib ditandai *