7 Persiapan Penting Sebelum Mengecat Dinding Rumah

Pengecatan merupakan salah satu renovasi berskala kecil dan murah, namun bermanfaat dan mampu memberikan dampak yang signifikan terhadap interior sebuah rumah. Warna cat dapat mempengaruhi suasana dan desain interior ruangan secara dramatis, tergantung pada mood apa yang anda inginkan. Namun, ada beberapa hal yang harus anda ketahui sebelum mengecat dinding yang akan mempermudah proses pengecatan kedepannya.

Persiapkan Ruangan Sebelum Proses Pengecatan Dimulai

menutup perabot sebelum mengaplikasikan cat dinding rumah

Anda dianjurkan untuk membereskan dan merapikan ruangan sebelum mulai mengaplikasikan cat ke dinding. Jika anda berencana mengecat ruang tamu, sebaiknya pindahkan perabot berukuran besar terlebih dahulu dan tutup dengan kain atau plastik. Selain itu, kosongkan ruangan sebisa mungkin, simpan barang-barang kecil ke dalam kardus atau pindahkan ke ruangan lain.

Meskipun tidak dianggap terlalu penting, namun membersihkan dinding dari debu dan kotoran merupakan langkah yang tidak boleh diabaikan. Dinding yang bersih memungkinkan cat untuk menempel dengan baik. Oh ya, jangan lupa untuk menutup lantai dengan kertas koran atau kain sebelum mulai mengecat.

Pemilihan Warna Cat Rumah Sesuai Dengan Kondisi Ruangan

pemilihan warna cat dinding rumah

Jika ruangan yang hendak dicat berukuran besar dan memiliki langit-langit yang tinggi, anda dapat bereksperimen dengan warna yang lebih gelap. Sebaliknya, untuk ruangan berukuran kecil, warna cat yang terang seperti putih dan krem merupakan pilihan yang lebih cocok. Warna cat yang terang dapat membuat ruangan tampak lebih luas dan tidak sumpek.

Perhatikan Tipe Finishing Cat Dinding Yang Dipilih

Selain warna, tipe finishing cat dinding yang anda pilih juga tak kalah penting. Berikut beberapa tipe finishing yang tersedia di pasaran:

  • Glossy – Tipe finishing ini tampak berkilau dan juga lebih mudah dibersihkan. High-gloss finishing cocok untuk bagian yang sering terpapar sinar matahari, seperti pilar rumah. Selain itu, tipe ini juga cocok untuk ruangan yang sering terpapar noda seperti kamar mandi dan dapur.
  • Matte atau Doff – Tipe finishing ini dapat meresap dan menempel dengan baik dan efeknya terlihat lembut. Cocok untuk ruangan dalam rumah seperti kamar tidur.
  • Satin – Tampilannya mewah namun tidak glossy, namun juga tidak terlalu menempel seperti matte. Saat disentuh, tipe ini terasa lembut di tangan. Cukup mudah dibersihkan dan cocok untuk kamar tidur dan ruang tamu.
  • Eggshell – Tampilan finishing ini mirip dengan kulit telur, sedikit bertekstur namun tetap lembut. Dibandingkan tipe matte, tipe eggshell lebih mudah dibersihkan permukaannya. Sesuai untuk digunakan di ruang keluarga atau ruang tamu.

Perkirakan Jumlah Cat Dinding Yang Diperlukan

ruang tamu minimalis dengan warna cat yang terang
Source: forum.hawahome.com

Sebelum memulai pengecatan, anda perlu menghitung dan membeli jumlah cat sesuai dengan luas ruangan yang akan dicat. Untuk mengetahuinya, anda dapat menggunakan kalkulator pengecatan ini.

Di samping itu, ada beberapa hal yang mesti diketahui. Pertama, ukuran ruangan dalam m² (panjang x lebar). Kedua, berapa lapis coating yang anda butuhkan. Jika anda telah mengaplikasikan primer sebelumnya, satu lapis cat mungkin cukup. Akan tetapi, jika anda tidak menggunakan primer, mungkin anda perlu mengaplikasikan dua lapis cat.

Pakai Primer/ Cat Dasar Sebelum Mengecat

mengaplikasikan cat dasar atau primer

Salah satu kesalahan paling umum adalah mengecat tanpa menggunakan cat dasar/ primer/ undercoat terlebih dahulu. Banyak orang mengabaikan pentingnya cat dasar dalam proses pengecatan demi menghemat biaya. Namun, persepsi ini tidaklah benar. Pengaplikasian cat dasar ini sangatlah penting guna membuat cat warna melekat lebih kuat dan tahan lama, serta menonjolkan cat warna yang dipilih. Baca informasi selengkapnya mengenai pentingnya cat dasar disini.

Aplikasikan Kuas Sebelum Roller

kuas dan roller untuk cat dinding rumah

Bagian-bagian rumah seperti ujung langit-langit, sekitar jendela, plafon, atau sudut yang sempit tidak dapat dijangkau oleh roller. Oleh sebab itu, mulai dengan menggunakan kuas dan warnai bagian yang susah terjangkau terlebih dahulu.

Setelah itu, lanjutkan dengan menggunakan roller untuk mewarnai bagian-bagian yang lebih terekspos. Gunakan roller dan kuas berkualitas agar tidak meninggalkan bulu di permukaan maupun di dalam kaleng cat. Ingat, roller and kuas berperan penting dalam menentukan hasil akhir pada permukaan dinding yang dicat.

Lakukan Percobaan Sebelum Benar-benar Mulai Mengecat

Mungkin Anda telah membayangkan warna yang Anda inginkan. Akan tetapi, terkadang hasilnya tidak sama persis dengan ekspektasi. Oleh karena itu, sebaiknya anda mencoba warna tersebut sedikit di satu bagian dinding terlebih dahulu sebelum mengecat seluruhnya. Pertimbangkan juga faktor cahaya, baik alami atau buatan dan coba uji warna tersebut di siang dan malam hari agar anda dapat melihat bagaimana tampilan warna tersebut di berbagai situasi.


Apabila aktivitas pengecatan ini terlalu sulit untuk dikerjakan sendiri, Anda dapat menyewa jasa tukang cat profesional dan berpengalaman untuk memberikan bantuan. Kunjungi www.beres.id untuk jasa pengecatan rumah dengan harga terbaik. Selain itu, anda juga dapat meminta saran untuk warna cat, tipe cat, atau tipe finishing yang sesuai dengan kondisi rumah.

button request jasa


Ditulis oleh: Cindy Junovica


Beri Komentar

EmailAnda tidak akan ditampilkan. Mohon isi kolam yang bertanda Ruas yang wajib ditandai *