6 Cara Jitu Mencegah Wastafel Agar Tidak Tersumbat

Terkejut dengan wastafel yang tersumbat setelah anda selesai mencuci piring? Atau mungkin anda pernah mengalami kejadian air meluap dari bak cuci saat sedang menyikat gigi? Jika ini terdengar seperti situasi yang anda alami, ada beberapa hal mudah dan hemat biaya yang dapat anda lakukan untuk mencegah wastafel atau bak cuci agar tidak tersumbat.

Waspada Dengan Sisa & Ampas Makanan

tuang ampas makanan atau sisa minyak ke dalam wadah sebelum dibuang
Source: leaf.tv

Sering membuang sisa atau ampas makanan ke dalam wastafel atau bak cuci anda tidaklah disarankan. Tahukah anda jika lemak dan minyak yang berasal dari panci dapur dan peralatan memasak sebenarnya merupakan penyebab terbesar yang mengakibatkan penyumbatan saluran pembuangan? Hal ini dikarenakan kotoran dan lemak tersebut dapat menempel dan mengendap di saluran pembuangan.

Anda dianjurkan untuk menuang sisa makanan atau minyak ke dalam kantong/ wadah yang disegel dan membuangnya langsung ke tempat sampah. Selain itu, pastikan untuk membersihkan minyak yang menempel sebelum mencucinya dengan sabun pencuci.

Gunakan Air Panas atau Air Mendidih

gunakan air panas atau air mendidih untuk melancarkan saluran pembuangan
Source: tec-lifestyle.com

Jika minyak atau kotoran sudah terlanjur menyumbat saluran, anda dapat mencoba menuangkan segelas atau dua gelas air panas mendidih ke dalam wastafel untuk melelehkan minyak atau kotoran yang mungkin menyumbatnya. Selain memberikan solusi instan, cara ini juga berfungsi sebagai metode pencegahan agar wastafel anda selalu dalam keadaan bersih. Ini bisa anda lakukan minimal sekali seminggu.

Bersihkan Lubang Pembuangan Wastafel Secara Teratur

bersihkan lubang pembuangan wastafel secara teratur
Source: lowes.com

Anda mungkin melihat ada penumpukan rambut tipis di wastafel kamar mandi anda. Ini merupakan pertanda bahwa sudah waktunya anda membersihkan drainase. Anda bisa membersihkan sumbatan drainase secara teratur (1-2 kali seminggu) untuk menghindari penumpukan rambut, sabun atau kotoran-kotoran lainnya.

Jangan Membilas Barang Sembarangan

jangan membilas barang sembarangan ke dalam toilet

Anda tahu kenapa toilet umum sering ditempeli peringatan “Jangan membuang sampah, kertas, tisu, atau material apapun ke dalam toilet”? Hal ini dikarenakan material-material tersebut berpotensi menyumbat tidak hanya toilet anda, tetapi juga seluruh bagian dari sistem saluran pembuangan.

Gunakan Tirisan Pembuangan

Tirisan pembuangan untuk menahan kotoran, rambut, dan ampas agar tidak menyumbat saluran
Source: walmart.com

Tirisan pembuangan bisa digunakan di semua jenis saluran air, dan dapat berfungsi sebagai ‘jaring’ untuk membantu menahan rambut, makanan, dan bahan-bahan lainnya yang dapat menyumbat saluran pembuangan. Ketika sudah penuh, anda hanya perlu mengambil tirisan pembuangan tersebut dan membersihkannya kembali.

Gunakan Plunger

Gunakan plunger atau alat penyedot

Jika semuanya gagal, anda dapat mencoba menggunakan alat penyedot manual/ plunger. Pastikan bagian atas plunger menutupi lubang pembuangan lalu tekan dan tarik dengan kuat sebanyak 8-10 kali. Benda-benda yang menjadi penyebab tersumbatnya saluran pembuangan pun akan tersedot.


Tips dan trik di atas mudah dilakukan dan tidak memakan banyak biaya. Akan tetapi, jika anda kewalahan atau masalah yang terjadi lebih parah, ada baiknya anda menyerahkannya kepada tukang pipa handal dan profesional. Kirimkan request kerja dan dapatkan penawaran harga yang sesuai dari penyedia jasa top kami.


Ditulis oleh: Putri Wahyuni

Disunting oleh: Cindy Junovica


Beri Komentar

EmailAnda tidak akan ditampilkan. Mohon isi kolam yang bertanda Ruas yang wajib ditandai *