Rumah Adem & Sejuk Di Tengah Panasnya Kota Jakarta

Apakah anda sering merasa gerah akan suasana hawa yang panas dan menyengat saat berada di rumah?

tips menjaga rumah tetap sejuk dan dingin

Bisa jadi, masalahnya terdapat di sistem sirkulasi rumah anda. Letak ventilasi/ saluran udara rumah yang tidak akurat atau posisi langit-langit yang rendah pun menjadi beberapa faktor penyebab hawa panas dan pengap. Ditambah lagi, cuaca dan temperatur udara kota Jakarta yang berkisar antara 33°C – 35°C pun menjadi kontributor terhadap hawa panas yang sulit dihindari.

Anda tidak bisa mengubah cuaca, akan tetapi anda dapat menciptakan suasana rumah yang lebih adem dan sejuk dengan 5 tips berikut.

1. Pilih tirai/ gorden yang tidak menyerap panas

Mungkin banyak yang tidak menyadari bahwa bahan dan warna gorden/ tirai juga memiliki peranan penting dalam suatu rumah. Jika anda ingin agar rumah tetap adem dan sejuk, pilih gorden/ tirai dengan warna terang. Hal ini dikarenakan gorden dengan warna yang gelap cenderung menyerap panas dan berakibat terhadap peningkatan suhu dalam rumah.

gorden/ tirai dengan bahan yang tipis dan tidak menyerap panas
Source: tinchiase.com

2. Kurangi penggunaan lampu di siang hari

Bola lampu yang menyala selama berjam-jam dapat mengeluarkan hawa panas dan meningkatkan suhu ruangan. Oleh karena itu, anda dianjurkan untuk mematikan lampu saat tidak digunakan dan manfaatkan cahaya natural (sinar matahari) sebagai sumber penerangan di siang hari.

NB: Jika anda harus menyalakan lampu, anda disarankan untuk menggunakan lampu LED sebab cahaya yang dipancarkan lampu LED tidak terlalu panas dibandingkan dengan lampu CFL/ pijar.

matikan lampu rumah anda di siang hari
Source: lankamuslim.com

3. Pasang kipas angin gantung/ ceiling fan

Kipas angin merupakan sumber udara sejuk yang praktis dan ekonomis. Pilih tipe kipas angin gantung daripada kipas angin lantai/ berdiri. Mengapa? Karena kipas angin gantung lebih efektif untuk memaksimalkan sirkulasi udara sehingga udara panas tidak terperangkap di satu bagian saja.

ceiling fan atau kipas angin gantung
Source: presselectricllc.com

4. Tanam pohon dan tanaman hijau di sekitar rumah

Kehadiran pepohonan dan tanaman hijau dapat menyejukkan udara di sekitar rumah. Letakkan pot berisi tanaman hijau di dalam rumah (ruang tamu, dapur, kamar) dan tanam pohon-pohon kecil di luar dan sekitar rumah. Jika anda membutuhkan informasi atau masukan tentang tipe tanaman yang sesuai, atau membutuhkan jasa penanaman pohon atau pembuatan taman, anda dapat berkonsultasi dengan tukang taman Beres.id.

tanam tanaman hijau atau pohon di rumah
Source: nuga.co

5. Service AC secara rutin untuk kualitas udara dingin yang lebih baik

service AC untuk menjaga kualitas hawa dingin yang dihasilkan oleh AC

Perlu anda ketahui bahwa AC tidak akan menghasilkan udara dingin apabila bagian dalam AC dalam keadaan kotor atau filter/ saringan AC terhalang oleh debu. Oleh sebab itu, service AC anda secara rutin agar AC berfungsi secara maksimal saat cuaca panas melanda.

Butuh jasa service AC, pemasangan/ perbaikan kipas angin, pemasangan tirai/ gorden, tukang taman, dan pemasangan/ perbaikan lampu untuk rumah anda? Kunjungi www.beres.id


Written by Cindy Junovica


2 comments Add yours

Beri Komentar

EmailAnda tidak akan ditampilkan. Mohon isi kolam yang bertanda Ruas yang wajib ditandai *